KEMANDIRIAN BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS PADA PRESTASI BAHASA INDONESIA DENGAN PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM

Authors

  • Wahyuni Budiastuti Unika Soegijapranata
  • Lucia Hernawati Unika Soegijapranata

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42144

Keywords:

Flipped Classroom, Kemandirian Belahar, Berpikir Kritis

Abstract

Prestasi belajar merupakan salah satu indikator keberhasilan proses pembelajaran. Dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia, prestasi belajar siswa menjadi penting karena Bahasa Indonesia adalah alat komunikasi utama, serta dasar untuk memahami mata pelajaran lainnya . Penelitian menunjukkan kemandirian belajar dan berpikir kritis berkontribusi terhadap prestasi belajar. Siswa yang memiliki kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis lebih tinggi cenderung memiliki prestasi akademik yang lebih baik karena lebih siap menghadapi tugas-tugas yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 44 siswa kelas 5 SD yang menerapkan pembelajaran Flipped Classroom. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket/kuesioner yang terdiri dari dua bagian utama, yaitu kemandirian belajar dan berpikir kritis menggunakan kuesioner. Untuk prestasi belajar datanya didapatkan dari nilai rapor. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan dibandingkan dengan pendapat para ahli ada beberapa hal yang tidak sesuai. Flipped classroom adalah proses siswa mempelajari materi di rumah sebelum kelas dimulai dan kegiatan belajar di kelas berupa mengerjakan tugas, berdiskusi tentang materi yang belum dipahami siswa. Guru memberikan materi ke siswa melalui LMS kemudian siswa mengerjakannya dirumah jika selesai upload tugas tersebut di LMS. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran model flipped classroom kurang efektif. Karena tidak maksimalnya proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai. Mulai dari fungsi guru yang tidak maksimal, orang tua yang tidak bisa memberikan pemahaman dengan baik serta siswa yang masih membutuhkan pengawasan dalam menggunakan teknologi. Model Flipped Classroom perlu adanya perbaikan dan peningkatan baik dari sisi pengajar maupun sistemnya

References

Adhitiya, E. N. (2015). Studi Komparasi Model Pembelajaran Traditional Flipped Dengan Peer Instruction Flipped Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7451

Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach. New York: McGraw-Hill.

Salsabilah, B., Zuliarni., Eldani., & Hidayati, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar IPAS pada Kelas V di SDN 18 Balimbing. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5 (4), 4441-4449. http://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1578

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Daryanto & Dwicahyono, A. (2014). Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: Gava Media.

Ennis, R. H. (2011). Critical Thinking: Reflection and Perspective Part II. Inquiry: Critical Thinking Across the Disciplines, 26(2), 5–19.

Fisher, A. (2011). Critical Thinking: An Introduction. Cambridge University Press.

Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assessment.

Gawise, Tarno, Amelia Ayu Lestari. Efektifitas Pembelajaran Model Flipped Classroom masa Pandemi Covid-19 terhadap Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 1 Tahun 2021 Halm 246-254. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Hamalik, O. (2020). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Kemendikbud. (2020). Survei Nasional tentang Literasi Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hamdan, N., McKnight, P., McKnight, K., & Arfstrom, K. M. (2013). A Review of Flipped Learning. Flipped Learning Network.

Heriwando. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemandirian Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Pertama. UPI Repository.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2009). Cooperative Learning and Metacognitive Instruction. Educational Psychology Review, 21(4), 491–503.

Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Edutcehnologia, 3(2), 160–170.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugroho, W. (2016). Flipped Classroom Learning Pada Pembelajaran Matematika Bilingual untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika, 2(May), 254–270.

Ogden, L. (2015). Student perceptions of the flipped classroom in college Algebra. Primus, 25(9), 782–791. https://doi.org/10.1080/10511970.2015.1054011

Santrock, J. W. (2010). Educational Psychology. New York: McGraw-Hill.

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories: An Educational Perspective (6th ed.). Pearson.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn & Bacon.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, B. (2019). Faktor-faktor yang memengaruhi prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 123-135.

Widya Istamar, Ira Khumairoh. Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dalam Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar di Burangkeng Setu Bekasi. Maslahah Jurnal of Islamic Studies. Volume 2 No 1 April 2023 Pages 11-18 ISSN: 2964-335X (Print), 2963-5950 (Online)

Yulietri, F., Mulyoto, & S, L. A. (2015). Model Flipped Classroom Dan Discovery Learning. Teknodika, 13(2), 5–17

Zainuddin, Z., & Halili, S. H. (2016). Flipped Classroom Research and Trends from Different Fields of Study. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 17(3), 313–340.

Zimmerman, B. J. (2002). Becoming a self-regulated learner: An overview. Theory Into Practice, 41(2), 64-70.

Downloads

Published

2025-01-28

How to Cite

Budiastuti, W., & Hernawati, L. (2025). KEMANDIRIAN BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS PADA PRESTASI BAHASA INDONESIA DENGAN PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 1849–1856. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42144

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.