PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH EKONOMI INDUSTRI DI FAKULTAS EKONOMI UNIMED

Authors

  • Munajat Munajat Universitas Negeri Medan
  • Arwansyah Arwansyah Universitas Negeri Medan
  • Ahmad Albar Tanjung Universitas Negeri Medan
  • Dede Ruslan Dede Ruslan Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41551

Keywords:

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis PBL, Ekonomi Industri, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang terdaftar dalam mata kuliah Ekonomi Industri di Fakultas Ekonomi Unimed, sangat penting untuk mengembangkan bahan ajar berbasis Problem Based Learning (HOTS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kelayakan dan daya tarik bahan ajar HOTS berbasis Problem Based Learning dalam kursus Ekonomi Industri untuk meningkatkan pemikiran kritis mahasiswa di Jurusan Ilmu Ekonomi, FE Unimed. Ini juga bertujuan untuk memberikan analisis tentang masalah spesifikasi desain bahan ajar HOTS berbasis Problem Based Learning dalam kursus Ekonomi Industri. Metodologi penelitian ini adalah bentuk penelitian penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif yang memanfaatkan model ADDIE, yang telah dimodifikasi untuk memenuhi persyaratan penelitian. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket validasi pakar, angket respon dosen, dan angket respon mahasiswa. Berikut ini adalah luaran dari penelitian pengembangan ini: (1) Luaran item bahan ajar HOTS berbasis problem-based learning yang dapat digunakan sebagai sumber belajar mahasiswa. (2) Hasil validasi dan uji coba yang dilakukan menunjukkan bahwa produk ini menarik dan praktis untuk digunakan. (3) Dengan menggunakan penilaian Pretest dan Post-test yang diolah dengan rumus Paired Simple t Test dan menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000, produk ini berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan Bahan Ajar Berbasis Problem-Based Learning (HOTS) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa FE Unimed.

References

Anderson, L.W. and David R. Krathwohl. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, And Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman

Andi Prastowo, (2014); Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Tinjauan Teoritis dan Praktik (Jakarta: Kencana)

Octaviani S. Pengembangan Bahan Ajar Tematik dalam Implementasi Kurikulum (2013) Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Eduhumaniora Vol 9. No. 2 Juli 2017.

Pambudhi, T. & Retnowati, T.H.(2017) Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berkarakter Nasionalisme Kelas IV di Sekolah Dasar Daerah Banyumas. Jurnal Pendidikan Karakter. TahunVII, Nomor 1, April 2017

Januszewski, A. and Molenda, M. (2008). Technology: A Definition With Commentary (New York: Lawrence Erlbaum Associates)

Nurhidayat, Fachri; Saptono, Ari and Herlitah, (2021) DEVELOPMENT OF PROBLEM BASED LEARNING-BASED E-MODULES TO IMPROVE CRITICAL THINKING ABILITIES OF STUDENTS OF CLASS X SMAN 1 KOTA TANGERANG; Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran Dan Akuntansis, 7 (2) , 101-111.https://doi.org/10.2109/JPEPA.007.x.x

Abidin, Z., & Walida, S. El. (2017). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Case (Creative, Active, Systematic, Effevtive) Sebagai Media Pembelajaran Geometri Transformasi Untuk Mendukung Kemandirian Belajar dan Kompetensi Mahasiswa. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya (pp. 197–202). Surabaya: Universitas Airlangga. Retrieved from http://repository.unair.ac.id/73928/1/29-Zainal Abiding_Pendidikan.pdf

Savery, J. R. (2006). Overview of Problem-based Learning: Definitions and Distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem Based Learning, 1(1). https://doi.org/10.7771/1541-5015.1002

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540

Downloads

Published

2025-02-05

How to Cite

Munajat, M., Arwansyah, A., Tanjung, A. A., & Dede Ruslan, D. R. (2025). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH EKONOMI INDUSTRI DI FAKULTAS EKONOMI UNIMED . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 2270–2277. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41551

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.