PENERAPAN STRATEGI SUMBER DAYA MANUSIA YANG EFEKTIF DAN BERKELANJUTAN DI SEKOLAH UNTUK MENCIPTAKAN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43251Keywords:
Strategi pengembangan; Sumber Daya Manusia; SekolahAbstract
Di era globalisasi dan revolusi industri 4.0, strategi pengembangan SDM di sekolah menjadi semakin penting. Sekolah perlu mempersiapkan para peserta didik dan tenaga kependidikan untuk menghadapi tantangan di masa depan dengan keterampilan dan kemampuan yang memadai. Oleh karena itu, sekolah perlu mengembangkan strategi pengembangan SDM yang efektif dan berkelanjutan, dengan melibatkan semua pihak yang terkait dan dengan dukungan sumber daya yang memadai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dengan melakukan analisis terhadap studi literatur terkait strategi pengembangan SDM di sekolah. Studi literatur diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, buku, makalah seminar, dan publikasi terkait lainnya yang terkait dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Berbagai strategi pengembangan SDM yang dapat dilakukan oleh sekolah diantaranya pelatihan dan pengembangan, program magang, beasiswa dan penghargaan, program mentorship, peningkatan kesejahteraan SDM, kolaborasi dengan lembaga lain, evaluasi kinerja SDM, pembinaan spiritual, implementasi teknologi, dan pengembangan inovasi. Dengan adanya strategi pengembangan SDM yang tepat, sekolah dapat memiliki SDM yang berkualitas dan mampu memenuhi kebutuhan SekolahReferences
Abadi, A. M., & Aulia, D. (2020). Pengaruh kompensasi terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Swasta di Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(4), 542-548.
Abdullah, F. (2019). Strategi pengembangan sumber daya manusia sekolah di era digital. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, Pendidikan dan Psikologi, 3(2), 169-179.
Al Basyir, F. (2021). The importance of collaboration in developing Islamic education: A case study of the Islamic College of Indonesia. Journal of Islamic Studies and Arabic Language Education, 3(1), 12-21.
Al-Hassan, R. (2018). The potential of collaboration between Islamic higher education institutions and non-governmental organizations (NGOs) in Malaysia. Journal of Islamic Education Research, 2(1), 13-28.
Aziz, M. A. (2020). The implementation of Islamic leadership values in building quality human resources at Islamic boarding schools in East Java, Indonesia. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(4), 1032-1040.
Azizah, A. (2021). Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam dalam perspektif pendidikan karakter. Jurnal Tarbiyah, 28(2), 174-183.
Bana, A. M. S. (2019). Implementasi pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 7(2), 297-312.
Beile, P. B., & D. N. (2005). Scholars before researchers: On the centrality of the dissertation literature review in research preparation. Educational researcher, 34(6), 3-15.
Cahyono, E. P. (2018). Penilaian kinerja sumber daya manusia dengan metode 360-degree feedback. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis, 7(2), 11-20.
Darmawan, D. F., & I. (2021). Kerja sama pendidikan vokasi antara lembaga pendidikan dan perusahaan dalam menyelenggarakan program magang. Jurnal Pendidikan Vokasi, 11(1), 1-10.
Fadlilah, M. J., & Miftachul, M. (2020). Program mentoring sebagai upaya pengembangan kompetensi pedagogik guru PAI di SMP IT Al-Ishlahiyah Malang. Jurnal Tarbawi: Media Kajian Islam Dan Keguruan, 10(1), 1-14.
Fatah, A. Z., & A. (2018). Pengembangan sumber daya manusia untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sekolah di Indonesia. Jurnal Manajemen Sekolah, 3(2), 91-104.
Fauzi, A. H., & U. (2019). Peningkatan kualitas SDM di Sekolah Islam Terpadu Hidayatullah melalui pelatihan dan pengembangan kompetensi guru. Jurnal Penjaminan Mutu: Jurnal Ilmiah Bidang Penjaminan Mutu Pendidikan, 5(2), 162-174.
Fauziah, I. (2019). Pengembangan sumber daya manusia sekolah di era revolusi industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pesantren, 7(2), 141-153.
Habibi, A. (2021). Kolaborasi sekolah dengan lembaga pendidikan internasional dalam mengembangkan jaringan profesional. Jurnal Al-Mu’allim, 4(2), 132-142.
Hakim, A. (2021). Strategi pengembangan sumber daya manusia sekolah di era digital. Jurnal Ilmiah Sekolah, 5(2), 103-118.
Hamzah, A. A., & M. F. (2021). Hubungan pemberian penghargaan terhadap motivasi kerja karyawan di sekolah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 4(1), 54-60.
Hamzah, M. S., & A. (2020). Implementasi teknologi informasi dalam pengelolaan administrasi sekolah. Jurnal Sekolah, 5(2), 293-306.
Haryadi, A. F., & A. R. (2021). Efektivitas program magang dalam meningkatkan kompetensi SDM pendidikan agama Islam. Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(1), 55-69.
Haryanti, D. P., & E. (2021). Pengaruh kompensasi dan penghargaan terhadap prestasi kerja karyawan di sekolah. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 13(1), 60-67.
Hasanah, R. (2020). Peningkatan kualitas sumber daya manusia sekolah melalui pelatihan internal. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 4(1), 50-62.
Iskandar, Z. (2018). Evaluasi program pendidikan: Teori dan praktik. Kencana.
Jayaraman, N. R. S., & T. (2016). Spiritual intelligence and professional growth. International Journal of Management and Humanities, 2(3), 11-17.
Kurniawan, A. (2020). Pengembangan kepemimpinan dan manajemen sekolah di era digital. Al-Ta’dib: Jurnal Sekolah, 13(2), 163-178.
Kurniawan, R. (2019). Evaluasi kinerja sumber daya manusia pada PT. PLN (Persero) Area Jateng & DIY. Jurnal Manajemen, 7(1), 54-65.
Mahmoodi, M. A. M. (2019). Collaborative learning: A strategy for developing human resources in Islamic education. Journal of Islamic Education and Research, 4(2), 45-54.
Mardiana, D. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-10.
Maulina, S. S., & D. (2020). Implementasi program magang di sekolah: Tinjauan aspek bimbingan dan dukungan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 18-24.
Musthofa, B. (2021). Pelatihan pengelolaan kelas bagi guru pendidikan agama Islam. Al-Irsyad: Journal of Islamic and Contemporary Issues, 6(2), 147-160.
Mustofa, M. (2017). Implementasi teknologi informasi pada sekolah Islam. Jurnal Penelitian Sekolah, 5(2), 143-158.
Mustofa, S. (n.d.). Education for sustainable development in Islamic boarding schools: The role of Islamic values and local wisdom. International Journal of Progressive Education, 17(2), 91-104.
Nurgiyantoro, B. (2018). Manajemen sekolah yang efektif. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 59-70.
Nurlaela, N. S., & S. R. (2019). Pengaruh beasiswa terhadap motivasi belajar santriwati Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Sekolah, 3(1), 37-48.
Nursyahidah, N. S., & S. (2021). Strategi mentoring dalam pengembangan karir guru di Sekolah Islam Terpadu. Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 13(2), 165-178.
Rachman, M. A., I., & M. (2020). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja pegawai di sekolah. Jurnal Sekolah, 9(1), 1-17.
Rahman, A. (2018). Implementasi teknologi pendidikan dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) di sekolah. Jurnal Sekolah, 2(2), 161-175.
Rahman, F. (2019). Implementasi learning management system (LMS) dalam pembelajaran pada sekolah Islam. Jurnal Sekolah, 3(2), 175-186.
Rambe, A. H. H., & S. (2019). Peningkatan kualitas sumber daya manusia sekolah melalui program pelatihan dan pengembangan. Jurnal Ilmiah Sekolah, 3(2), 95-107.
Riyanti, I. (2020). Pengembangan kreativitas guru dalam pembelajaran inovatif di sekolah Islam. Jurnal Edukasi, 3(1), 50-61.
Rochman, C. A. N., & Nurjanah, N. (2019). Efektivitas program magang terhadap pengetahuan dan keterampilan siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 27(3), 268-276.
Rohaeti, E. E. A., & M. A. (2020). The effect of spiritual intelligence on teacher’s job satisfaction in Islamic schools. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(3), 3124-3134.
Rokhman, F. W., & A. (2019). Effect of employee benefits and compensation on employee performance: Evidence from small and medium enterprises in Indonesia. International Journal of Economics, Business and Management Research, 3(3), 124-131.
Sari, D. P. (2020). Kolaborasi sekolah dengan industri dalam meningkatkan reputasi. Jurnal Al-Ta’lim, 27(2), 77-88.
Sari, D. W., & A. (2019). Pengembangan sumber daya manusia berbasis karakter di perguruan tinggi Islam. Jurnal Manajemen Sekolah, 3(2), 179-196.
Shih, R. C. (2013). The effects of multimedia instruction on learning outcomes and student perceptions of the instructional role of the instructor. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 22(3), 249-266.
Sholeh, Muh. I., & Sulistyorini. (2022). Manajemen stres di sekolah: Studi mahasiswa dalam menghadapi tugas akhir submit jurnal. re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 5(2), 231-246. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v5i2.7894
Srivastava, S. T., & S. (2016). A study on employee welfare measures with reference to selected chemical industries in Raigad District. International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology, 5(12), 20591-20600.
Sudjimat, D. A., P., & R. (2020). Pengembangan SDM guru dalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 1-9.
Sunyoto, D. (2019). Manajemen pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Penerbit Erlangga.
Supriyanto, A. (2019). Strategi pengembangan SDM untuk meningkatkan kinerja organisasi. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 14(2), 198-208.
Syamsuddin, M. S., & M. N. (2019). Pengaruh pemberian insentif terhadap motivasi kerja karyawan di lembaga pendidikan. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 17(2), 115-125.
Syarifuddin, F. S. (2018). Peran pengembangan sumber daya manusia dalam menciptakan manajer yang kompeten. Jurnal Sumber Daya Manusia, 5(2), 58-68.
Syahrial, R. (2021). Peningkatan keterampilan mengajar bagi guru di sekolah melalui pelatihan berbasis IT. Jurnal Pendidikan Teknologi, 12(1), 45-56.
Triyanto, H. (2020). Perencanaan strategis untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 19(4), 129-137.
Tunjung, D. (2021). Optimalisasi pengembangan potensi guru melalui mentoring. Jurnal Pembangunan Pendidikan, 2(2), 180-191.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dady Supiyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.