ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENURUNAN LITERASI MEMBACA SISWA SMK NEGERI 1 HILIRAN GUMANTI

Authors

  • Suci Rafitri Universitas PGRI Sumatra Barat
  • Dina Ramadhanti Universitas PGRI Sumatra Barat
  • Trisna Helda Universitas PGRI Sumatra Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34312

Keywords:

Literasi, Punurunan, Membaca, Siswa

Abstract

Pada penelitian ini, permasalahan yang diteliti adalah menganalisis faktor-faktor terjadinya penurunan literasi membaca siswa SMK Negeri 1 Hiliran Gumanti. Penelitian ini melibatkan empat subjek penelitian. Jenis penelitian ini adalah kualiatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan metode wawancara. Teknik pengabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian tersebut menjelaskan jenis teks yang diminati oleh siswa yang mendominasi adalah fiksi seperti novel, sedangkan yang sedikit diminati penulis adalah teks ilmiah artikel. Siswa tidak bisa menemukan bahan bacaan di perpustakaan SMK Negeri 1 Hiliran Gumanti. Siswa hanya menggunakan bahan bacaan yang disediakan oleh guru. Guru belum menyediakan pojok baca di dalam kelas. Kepala sekolah SMK Negeri 1 Hiliran Gumanti belum menyediakan layanan digital di perpustakaan. Orang tua siswa tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyediakan bahan bacaan maupun bimbingn langsung di rumah. Hal ini memerlukan evaluasi lebih lanjut untuk mengatasi permasalahan literasi membaca siswa SMK Negeri 1 Hiliran Gumanti.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press

Fahrianur, F., Monica, R., Wawan, K., Misnawati, M., Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 102-113.

Fiantika, et al. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.

Komalasari, A. S., & Riani, D. (2023). Edukasi manfaat literasi membaca dan menulis di SMK PGRI 3 Bogor. SINKRON: Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya, 1(2), 82-92.

Lailiyah, I. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Literasi di SMP Negeri 1 Jember Tahun 2019. heritage, 2(1), 51-69.

Rohayati, R., & Budiarti, E. (2022). Menumbuhkan Literasi Membaca Awal Melalui Permainan Tradisional Engklek Di TK Nurul Aulia Depok. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1715-1724.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Downloads

Published

2024-09-10

How to Cite

Rafitri, S. ., Ramadhanti, D. ., & Helda, T. . (2024). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENURUNAN LITERASI MEMBACA SISWA SMK NEGERI 1 HILIRAN GUMANTI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13014–13023. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34312