PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 19 BUNGO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34300Keywords:
Model Pembelajaran, Think Talk Write, Kemampuan MenulisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X di SMA Negeri 19 Bungo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, karena data yang diolah berupa angka. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimen dengan rancangan penelitian adalah one-group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu selurus siswa kelas X SMA Negeri 19 Bungo. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling. Sampel pada penelitian ialah kelas X-1 yang terdiri dari 24 orang siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes kepada siswa. Uji hipotesis yang digunakan ialah uji Wilcoxon, karena data pada penelitian ini tidak terdistribusi normal. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 19 Bungo. Hal tersebut dibuktikan dengan pemahaman siswa mengenai teks biografi juga meningkat terutama struktur dan kaidah kebahasaan teks biografi. Serta hasil tulisan siswa yang sudah mulai memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks biografi.Downloads
Published
2024-09-10
How to Cite
Lestari, S. ., Ramadhanti, D. ., & Helda, T. . (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 19 BUNGO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12977–12982. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34300
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Silvia Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.