PENERAPAN BUKU NONTEKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA DI KELAS RENDAH

Authors

  • Siti Salwa Salsabila Anwar Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Astri Sutisnawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Din Azwar Uswatun Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41589

Keywords:

Buku Nonteks, Literasi Membaca

Abstract

Permasalahan peserta didik kelas rendah di SDIT Qu Attartil yang belum bisa membaca dan belum memiliki kemampuan Literasi yang menjadi latar belakang penelitian. Tujuan penerilitan adalah Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan Buku Nonteks untuk menigkatkan kemampuan Literasi membaca di kelas rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Model PTK Kurt Lewin. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, Observasi dan test. Observasi dan tindakan yang dilakukan pada siklus I, Kemampuan literasi membaca siswa dari jumlah 19 atau keseluruhan siswa kelas rendah, sebanyak 12 siswa atau 63,2% sudah dinyatakan tuntas dan sebanyak 7 siswa atau 36,8% belum dinyatakan. Data dan catatan lapangan di siklus I yang menjadi bahan perbaikan yang dilakukan pada siklus II oleh peneliti, Ketercapaian siswa yang telah mampu meningkat secara kriteria ketuntasan minimal sebanyak 16 siswa atau 84,2% dan sebanyak 3 siswa atau 15,8 %. Peneliti menentukan ketercapaian terhadap kemampuan membaca permulaan dalam pembelajaran adalah 80%. Kesimpulan penelitian Proses Pembelajaran penerapan buku nonteks untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca dikelas rendah sesuai dengan tahapan pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan adanya peningkatan setiap siklusnya, berdasarkan hasil belajar peserta didik dengan kategori sangat baik, dan dengan capaian seluruh indikator kemampuan literasi membaca siswa meningkat.

References

Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 52–58. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.25916

Aquatika, F., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2022). PENGEMBANGAN BUKU NON-TEKS PELAJARAN BERJENJANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(3), 310. https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i3.14109

Banten, P., Universitas, F. B. S., Yogyakarta, N., Dalam, D. I., Buku, P., & Pelajaran, N. (2012). Disajikan dalam Pelatihan Penulisan Buku Nonteks Pelajaran oleh Dr . Maman Suryaman PUSAT KURIKULUM DAN PERBUKUAN BALITBANG. 1–33.

Iryanto, N. D. (2021). Literasi Membaca Untuk Meningkatkan Karakter Positif Peserta didik Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.

Lembaran, T., Lembaran, T., Lembaran, T., Republik, N., & Pendidikan, K. (2023). Permendikbudristek no 21 Tahun 2023. 189.

Nafisawati, R., Sa’dullah, A., & Zakaria, Z. (2023). Penerapan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 277–283.

Nur Robi Zainal Abidin. (2020). Literasi Membaca Sebagai Upaya Pembentuk Karakter Peserta Didik (Jujur dan Bertanggung Jawab). Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 3(1), 791–797. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/669

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Pujiati, D., Basyar, M. A. K., & Wijayanti, A. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 57–68. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2615

Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 156–160.

Septiani, R. A. D., & Wardana, D. (2022). Implementasi Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Belajar Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Minat Membaca. Jurnal Perseda, V(2), 130–137. https://doi.org/10.37150/perseda.v5i2.1708

Sugiarto. (2016). 済無No Title No Title No Title. 4(1), 1–23.

Widyaningrum, E., H, S. A., & Iqbal, M. (2015). Pengembangan Produk Penelitian Berupa Buku Nonteks sebagai Buku Pengayaan Pengetahuan. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1–5.

Zakiya, M. A., Malaikosa, Y. M. L., & Sasomo, B. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Siswa di SDN Margomulyo 1 Ngawi. Global Education Journal, 1(3), 385–400. https://doi.org/10.59525/gej.v1i3.227

Downloads

Published

2025-01-17

How to Cite

Anwar, S. S. S., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2025). PENERAPAN BUKU NONTEKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA DI KELAS RENDAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 1291–1299. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41589

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.