PENINGKATAN BUDAYA LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BERBASIS APLIKASI CANVA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIBULUE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41515Keywords:
Budaya, Lierasi Digital, Aplikasi CanvaAbstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan budaya literasi digital terhadap kemampuan membaca berbasis aplikasi Canva pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sibulue. Fokus penelitian ini dilihat pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran ter khusus pada membaca dalam upaya meningkatkan budaya literasi berbasis aplikasi Canva di kelas VIII SMP Negeri 1 Sibulue yang dilakukan dengan dua siklus. Data penelitian ini berupa hasil dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta observasi dan dokumentasi di lapangan terhadap tindakan pembelajaran dan proses budaya literasi digital terhadap kemampuan membaca berbasis aplikasi Canva. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini teknik yang berupa hasil tes siswa dalam membaca, serta teknik non tes yang berupa observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran budaya literasi digital berbasis aplikasi Canva dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Keberhasilan siswa pada proses pembelajaran membaca dapat dilihat pada ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa sudah mencapai 85% siswa yang mendapatkan nilai 75 ke atas. Pada siklus I mencapai 70% dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 90% siswa yang mendapatkan nilai 75 ke atas, maka persentase kenaikan dari siklus I ke siklus II Mencapai 20%. Selain itu, dapat juga dilihat pada ke antusiasan, keaktifan, keseriusan, kreativitas, keberanian, dan kerja sama siswa dalam melaksanakan setiap kegiatan yang dilakukan. Peningkatan kemampuan membaca budaya literasi digital berbasis Canva di kelas VIII SMP Negeri 1 Sibulue dapat terlihat pada hasil membaca siswa pada aplikasi Canva. Siswa dapat menghasilkan karya tanpa dengan memperhatikan ketepatan menyuarakan penulisan, kewajaran lafal, kewajaran intonasi, kelancaran, serta kejelasan suara dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa proses kegiatan membaca budaya literasi digital berbasis aplikasi Canva di kelas VIII SMP Negeri 1 Sibulue Mengalami peningkatan dan penelitian ini berhasil.References
Analicia, T., & Yogica, R. (2021). Media Pembelajaran Visual Menggunakan Canva pada Materi Sistem Gerak. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 260– 266.
Deddy Mulyana , Metodologi penelitian Kualitatif. Paradigma Bru ilmu komunikasi dan ilmu Sosial Lainya, Cet. IV ; Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2004
Duryat, DR H. Masduki. 2022. Analisis KebijakanPendidikan; Teori Dan Praktiknya Di Indonesia. Penerbit K-Media
Iwan Hermawan, Metodologi Penelitian Pendidikan, Kuningan , Cet ; I; 2019 KBBI, Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI, 2016
Idawati, I., Maisarah, M., Muhammad, M., Meliza, M., Arita, A., Amiruddin, A., & Salfiyadi, T. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Sains Jenjang SD.
Lestari, Utari Hesti. 2023. "Implementasi Literasi Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Iklan Media Cetak Dan Elektronik Berbasis Canva Di Sds It SulthoniyahSambas." Prosiding Seminar Nasional Universitas Jabal Ghafur. Vol. 2.
Lex J. Moleong, Metedolologi Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosdakarya , 2004
Muslimin, Rahmatan I .2020. "Pengaruh Budaya Literasi Digital terhadap Pembentukan Sikap dan Karakter Masyarakat dalam Pembatasan Sosial Akibat Pandemi Covid-19." Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya 10. 3: 21-36.
Naufal, Haickal Attallah.2021. "Literasi digital." Perspektif 1.2: 195-202.
Pelangi, Garris, U. Syarif, and H. 2020. Jakarta. "Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang SMA/MA." Jurnal Sasindo Unpam 8.2 : 79-96.
Rahayu, Desti. 2019. "Menumbuhkembangkan Budaya Melek Literasi Digital bagi Peserta Didik." Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK)
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.
Tim Gerakan Literasi Nasional. (2017). Materi pendukung literasi digital, gerakan literasi nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta.
Warsihna, Jaka. "Meningkatkan literasi membaca dan menulis dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)." Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan 4.2 (2016): 67-80.
Wahyuni, W. (2018). A Digital Practical Application in Teaching Functional Text; Canva, 400. Yudistira, R., dkk. (2020). Pentingnya perkembangan pendidikan di era modern. Prosiding samasta Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia.
Zebua, 2023. Potensi Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Praktis Bagi Guru Dan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 2(1) 229-234.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 A. Rahmatang, Andi Srimularahmah, A. Nurhabibi Marwil

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.