PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAPKETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA FASE F SMAN 1 PAINAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34303Keywords:
Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Kemampuan Menulis Teks BeritaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa fase F SMAN 1 Painan dalam menulis teks berita. Hal ini disebabkan kurang terampil dalam mengungkapkan ide dan pembelajaran yang dilakukan secara monoton.tujuab penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap keterampilan menulis teks berita siswa fase F SMAN 1 Painan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian One Group Protes-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa fase F SMAN 1 Painan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas f.6. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk kerja. Data pada penelitian ini berupa skor dari hasil tes untuk kerja menulis teks berita sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 3 kesimpula sebagai berikut: Pertama, keterampilan dan teks berita sebelum menggunakan model pembelajaran Student Facilitator dan Explaining siswa fase F SMAN 1 Painan berada pada tingkat penguasaan 56-65% dengan kualifikasi cukup dengan memperoleh rata-rata 64,26. Kedua, keterampilan teks berita sesudah menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining siswa fase f sma negeri 1 painan berada pada tingkat penguasaan 76-85% dengan kualifikasi baik dengan memperoleh nilai rata-rata 77,03. Ketiga, penggunaan teks model pembelajaran Student Facilitator and Explaining memiliki pengaruh terhadap keterampilan menulis teks berita siswa fase F SMAN 1 Painan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji -t yang disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (h1) diterima pada taraf signifikan 95% dengan dk=n-1 karena thitung>ttabel (3,22>1.70). Model Student Facilitator and Expending secara signifikan berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks berita karena model ini menuntun siswa untuk dapat menulis secara sistematis mulai dari memikirkan ide, mendiskusikan hal-hal yang akan ditulis dan mengembangkan ide menjadi teks berita yang sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan pada teks tersebut.References
Abdurrahman dan Ellya Ratna. (2003). Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (Buku Ajar). Padang: FBS UNP.
Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis.Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Isnawijayani. 2019. Menulis Berita. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.
Kosasi, E. (2018). Jenis-Jenis Teks. Fungsi,Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya.
Sudjada. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Afabet, Bandung.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Afabet, Bandung. Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yusniati, Y., Novaliyosi, & Iskandar, K. (2017). Model pembelajaran kooperatif Model pembelajaran kooperatif. Jppm, 10(1), 1–7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ferla Febriza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.