PENGGUNAAN DIKSI MAKIAN OLEH WARGANET DALAM KOLOM KOMENTAR AKUN X (TWITTER) TANYAKANRL: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

Authors

  • Rahma Aulia Putri Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Dina Ramadhanti Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Ria Satini Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34318

Keywords:

Diksi, Makian, Kata Tabu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas diksi makian yang ada dalam kolom komentar akun tanyakanrl berdasarkan teori makian oleh Jay. Bahasa sebagai media komunikasi menjadi aspek penting dalam berinteraksi. Interaksi didalam bahasa tidak hanya terbatas pada komunikasi lisan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga berupa tulisan yang dapat ditemui pada media sosial. Media sosial menjadi sebuah trend masa kini yang tidak hanya populer dikalangan remaja, tetapi juga dikalangan anak-anak dan dewasa. Media sosial merupakan platfrom yang menyediakan tempat untuk berinteraksi secara daring. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis yang menjelaskan bahwa metode deskriptif adalah penelitian pada data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka yang disebabkan oleh adanya jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan dapat disimpulkan bahasa makian atau diksi makian yang digunakan tidak selalu mengarah pada makna negatif tergantung pada konteks sosial yang terdapat didalam aspek bahasa tersebut dan Ungkapan makian menjadi hal yang selalu ada didalam media sosial, namun sebagai masyarakat bahasa yang paham akan bahasa, makian yang digunakan dalam media sosial adalah makian yang ditujukan sebagai pengekpresian diri.

References

Abdillah A. Leon. (2022). Peranan Media Sosial Modern. Bening Media Publishing.

Affini Nur Laily. Analisis Kata Tabu dan Klasifikasinya di Lirik Lagu Eminem pada Album The Marshal Mathers LP. Lensa: Kajian Kebahasaan, 7.

Arfan, R. (2017). Dampak Psikologi Makian Bahasa Indonesia Ditinjau dari Strata Sosial Masyarakat Bahasa.

Cesar, H. P., & Aprilia, M. P. (2022). Komunikasi Anonim Dalam Pemanfaatan Autobase Sebagai Media Informasi (Studi Netnografi pada Pengguna Akun @jogjamnfs di Twitter). Jurnal Komunikasi, VII.

Dewi, Y., & Triadi, R. B. (2020). Penggunaan Makian Bahasa Indonesia pada Kolom Komentar Akun Instagram Lambe Turah (Kajian Sosiolinguistik). Sasindo Unpam, 8.

Emeraldien, F. Z., Sunarsono, R. J., & Alit, R. (2019). Twitter sebagai Platform Komunikasi Politik DI. XIV.

Jazeri, M. (2017). Sosiolinguistik. Akademia Pustaka.

Keraf, G. (2004). Diksi dan Gaya Bahasa (edisi revisi). PT Gramedia Pustaka Utama.

Maharani, A. (2020). Pemakaian Diksi dalam Penulisan Caption Media Sosial Instagram. Diksi, 28.

Moleong, J. L. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rostakarya.

Nuryani, Istiniah, S., & Eliyah, I. (2021). Sosiolinguistik dalam Pengajaran Bahasa Berbasis Multikultural. Perpustakaan Nasional.

Ramadhani, N. A., & Agustang, A. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kebiasaan Penggunaan Kata Kotor Anak di Bawah Umur Pada Kelurahan Kaluku Bodoa Kota Makassar. Jurnal Sosialisasii, 10.

Sayama, M. (2015). Sosiolinguistik. Ideas Publishing.

sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Sanata Dharma University Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, cv.

Syahriadi, & Radhiah. (2021). Ketidaklaziman Diksi dalam Penggunaan Media Sosial oleh Mahasiswa. Bahasa Dan Sastra.

Timothy, J. (1999). Why We Curse. Jhon Benjamin Publishing

wekke, dkk. (2019). Metode Penelitian Sosial. Gawe Buku. .

Downloads

Published

2024-09-10

How to Cite

Putri, R. A. ., Ramadhanti, D. ., & Satini, R. . (2024). PENGGUNAAN DIKSI MAKIAN OLEH WARGANET DALAM KOLOM KOMENTAR AKUN X (TWITTER) TANYAKANRL: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13051–13056. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34318