SURVEI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41100Keywords:
Survei Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 PekanbaruAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat tingkat motivasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan jasmani pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Pekanbaru. Berdasarkan hasil observasi terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 10 Pekanbaru ditemukan beberapa masalah diantaranya siswa kurang termotivasi sehingga membuat siswa merasa bosan, masih ditemukannya siswa yang masih tidak serius ketika melakukan gerakan-gerakan yang diberikan oleh guru Pendidikan jasmani, kreatifitas yang dilakukan oleh guru Pendidikan jasmani pada saat melakukan pembelajaran masih kurang, dan siswa kurang mempunyai perhatian dan ketertarikan terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani di karenakan materi yang disampaikan terkesan membosankan. Tes yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner atau angket dengan skala likert. Sampel pada penelitian ini sebanyak 152 orang s siswa kelas VII SMP Negeri 10 pekanbaru. Dari hasil yang temukan di lapangan tentang tingkat motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 10 Pekanbaru didapatkan hasil yang tergolong “Kuat” dengan persentasi rata-rata kreatifitas sebesar 76,70% yang terletak pada persentase antara nilai 61% - 80%.References
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Hidayat, Y., & Budiman, D. (2016). Pengaruh Penerapan Pendekatan Model Self-Regulated Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Penjas di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 56–64. https://doi.org/10.52142/jpok.1.2.55425
Husdarta, H. J. S. (2010). Psikologi Olahraga. Bandung. Alfabeta.
Kapti, J., & Winarno, M. E. (2022). Hubungan Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjas SMP: Literature Review. Sport Science and Health, 4(3), 258–267. https://doi.org/10.17977/um062v4i32022p258-267
Muthoharoh, A., & Cholifah, T. N. (2020). Pengembangan Media Kartu Domino Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sd. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 6(2), 179–194. https://doi.org/10.31932/jpdp.v6i2.856
Sardiman, A. M. (2017). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Rajawali Press.
Sin, T. H., & Hudayani, F. (2020). Studi Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. SCHOULID (Indonesian Journal of School Counseling), 5(1), 30–34. https://doi.org/10.23916/08588011
Sudijono, A. (2016). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Administrasi. Bandung. Alfabeta.
Syarif, I. (2012). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 234–249. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1034
Uno, H. B. (2015). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jodi Darmawan, M. Fransazeli Makorohim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.