IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KONRUKIVISME UNTUK MENINGKAKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATTEMAIS SISWA SMK MAJU BESITANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42556Keywords:
Kemampuan Komunikasi, Model Pembelajaran CTL Berbasis Konstruktivisme.Abstract
Hasil pretes dilakukan kemampuan komunikasi matematik dari 28 siswa, diperoleh total persentase untuk semua indikator adalah 28,1%, hanya 9 siswa yang dinyatakan tuntas. Sedangkan di tiap butir soal diperoleh 4 siswa yang tuntas dengan persentase sebesar 12,5%. Pada siklus I diadakan upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa melalui penerapan model pembelajaran CTL berbasis konstruktivisme yang diadakan empat pertemuan diperoleh total persentase ketuntasan sebesar 78,1% sebanyak 25 siswa. Dan pada siklus 2 diperoleh total persentase ketuntasan tes kemampuan komunikasi matematik sebesar 93,75% dengan 30 siswa yang dinyatakan tuntas. Setelah dilakukan tes kemampuan komunikasi matematik siklus 1 dan 2, maka diberikan postes sebagai acuan akhir, dan diperoleh hasil total persentase ketuntasan sebesar 97% dengan 31 siswa yang dinyatakan tuntas. Sehingga setelah mengimplemenatsikan model pembelajaran CTL berbasis konstruktivisme dinyatakan tuntas sesuai dengan yang diharapkan dari 28 orang siswa. Dilihat dari persentase keberhasilan pretes dan postes, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan sebasar 84,5% dan dalam kategori semuanya tuntas. Maka dapat disimpulkan implementasi model pembelajaran CTL berbasis konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Dari hasil observasi aktivitas siswa pada tindakan siklus I terdapat 5 kategori, memiliki nilai terendah 3,42. Sedangkan siklus II 4,81. Jadi aktifitas siswa meningkat sebesar 1,39. Dari hasil observasi aktivitas guru pada tindakan siklus I terdapat 5 kategori, memikli nilai terendah 3,84 Sedangkan siklus II 4,61. Jadi aktifitas guru meningkat sebesar 0,77%.References
Afiati. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Think Talk Write (Ttw) Berbasis Konstruktivisme Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujrme).ISSN 2252 - 6455.
Amri. 2013. Pengembangan Dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. PT Prestasi Pustakaraya. Jakarta.
Ansari, B. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Jurnal Didaktik Matematika ISSN: 2355 – 4185.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara. Jakarta
Bistari. 2010. Pengembangan Kemandirian Belajar Berbasis Nilai Untuk Meningkatkan komunikasi Matematika. Journal Pendidikan Matematika dan IPA Volume 1 Nomor :11 – 23. Universitas Tanjung Pura.
Dahar, R.W. 2006. Teori – Teori Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Erlangga. Bandung.
Darkasyi,dkk,. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Motivasi Siswa Dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning Pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Journal Didaktik Matematika. Volume 1 Nomor 1. ISSN: 2355 – 4185. Syiah Kuala Banda Aceh.
Hamalik. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara. Cetakan ke-8. Jakarta.
Nasution,Noehi. 2004. Materi Pokok Tes, Pengukuran dan Penilaian. Universitas Terbuka. Jakarta
Prastowo,Andi. 2014. Pembelajaran Konstruktivistik – Scientific Untuk Penddikan Agama di Sekolah /Madrasah Teori, Aplikasi, dan Riset Terkait. PT. Rajagrafindo Persada. Cetakan I. Jakarta.
Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. PT Remaja Rosdakarya.IKAPI. Bandung.
Rusly, M. 2011. Matematika UNTUK SMK/MAK Kelas X Program/Bidang Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian. Penerbit Arya Duta. Cetakan Kedua. Jakarta.
Rusman. 2012. Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model – Model Pembelajaran. Edisi kedua. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Penerbit Kencana Prenada Media. Cetakan ke-5 Jakarta
Sopamena. Juni 2009. Konstruktivisme Dalam Pendidikan Matematika. Horizon Pendidikan, Vol.4 Nomor 1, hal. 91 – 100. IAIN Ambon.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R & D. Penerbit Alfabet. Bandung
Suparno, Paul. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Penelitian. Kanisius. Yogyakarta.
Supranto. 2012. Petunjuk Praktis Penelitian Ilmiah Untuk Menyusun Skripsi,Tesis, dan Disertasi. Mitra Wacana Media. Jakarta.
Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar. Surabaya.
Patrick, Thompson. May 2013. Journal Constructivism in Mathematics Education In Lerman, S. (Ed) Encyclopedia of Mathematics Education. Springer – Verlag Berlin Heidelberg. DOI: 10. 1007/ SpringerRefrence_ 3128102013-05-10 00:00:07 UTC. (diakses dari www.springerrefrence.com)
Wayan. 2014. Model Model Pembelajaran Sain Konstruktivistik. Graha Ilmu. Jogjakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yulia Tiara Tanjung, Nurhalimah Nurhalimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.