PENGARUH MEDIA FILM PENDEK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA FASE F SMAN 1 LUHAK NAN DUO

Authors

  • Lingga Kesuma H Universitas PGRI Sumatra Barat
  • Trisna Helda Universitas PGRI Sumatra Barat
  • Rahayu Fitri Universitas PGRI Sumatra Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34309

Keywords:

Media Film Pendek, Kemampuan Menulis Teks Cerpen

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa fase F SMAN 1 Luhak Nan Duo  dalam menulis teks berita. Hal ini disebabkan kurang terampil dalam mengungkapkan ide dan pembelajaran yang dilakukan secara monoton.tujuab penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh media film pendek terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa fase f SMAN 1 Luhak Nan Duo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuntitatif menggunakan metode pre eksperimen dengan rancangan penelitian One Group Protes-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa fase F SMAN 1 Luhak Nan Duo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas f.4. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk kerja. Data pada penelitian ini berupa skor dari hasil tes untuk kerja menulis teks cerpen sebelum dan sesudah menggunakan media film pendek . Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 3 kesimpula sebagai berikut: Pertama, keterampilan dan teks cerpen sebelum menggunakan media film pendek berada pada tingkat penguasaan 76-85%% dengan kualifikasi cukup dengan memperoleh rata-rata 76,04. Kedua, keterampilan teks bcerpen sesudah menggunakan media film pendek berada pada tingkat penguasaan 76-85% dengan kualifikasi baik dengan memperoleh nilai rata-rata 82,78. Ketiga, penggunaan teks cerpen media film pendek . Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji -t yang disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (h1) diterima pada taraf signifikan 95% dengan dk=n-1 karena thitung>ttabel (3,22>1.70). Media film pendek secara signifikan berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks cerpen  karena model ini menuntun siswa untuk dapat menulis secara sistematis mulai dari memikirkan ide, mendiskusikan hal-hal yang akan ditulis dan mengembangkan ide menjadi teks cerpen yang sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan pada teks tersebut.

References

Abdurahman dan Elly Ratna. (2003). Evaluasi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia ( Buku Ajar). Padang: FBS UNP.

Afrinda, Putri, Dian . (2018). Keterampilan Menulis dalam Pengajaran. Perpustakaan Nasional.

Arisni, Kholifatu. (2022). Buku Ajar Sastra Indonesia. Bandung; PT Indonesia Emas Group

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Effendi. (2014). Kiat Pendidikan; Menulis Cerita Pendek. Bandung; Perkembangan dan Angkasa

Hasan, dkk. (2021) Media Pembelajaran.Klaten: Tahta Media Group

Helaluddin. (2020). Keterampilan Menulis Akademik Panduang bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Banten: Media Madani

Javaladasta, Panca. (2011). 5 Hari Mahir Membuat Film. Jakarta: Java Pustaka Group.

Kosasih, E. (2018). Jenis- Jenis Teks. Fungsi, Strutur, dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya

Kamalia, dkk. (2020). “ Pengaruh Film Pendek terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMK Perbaungan”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 4(1) : 58-56

Laelasari dan Nurlaila. (2006). Kamus Istilah Sastra. Bandung: Penerbit Nuansa Aulia.

Mahesah, Dani. (2020). Pengantar Teori Film. Yogyakarta: Budi Utama.

Mabruri, T. (2010). Pandai Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Nurgiyantoro, Burhan. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.Yogyakarta.

Nuroh. (2011). “Analisis Stilistika dalam Cerpen”.Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1(1): 21-34.

Nuryatin. (2016). Pembelajaran Mnelis Cerpen. Semarang : Perpustakaan Nasional.

Priyatni, Endah Tri.(2015). Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: PT Bumi.

Ratna, dkk. (2018). Pembelajaran Menulis Cerpen di Era Digital. Yogyakarta: Universita Negri Yogyakarta.

Semi, M, Atar. (2009). Menulis Efektif. Padang: Etika Offset.

Siddik. (2016). Dasar- Dasar Menulis. Malang: Tunggal Mandiri Publishing

Downloads

Published

2024-09-10

How to Cite

H, L. K. ., Helda, T. ., & Fitri, R. . (2024). PENGARUH MEDIA FILM PENDEK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA FASE F SMAN 1 LUHAK NAN DUO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13006–13013. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34309