TANTANGAN DAN SOLUSI MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA DI SMPN 9 TUALANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43586Keywords:
Pembelajaran PAI, sikap kepedulian sosial, keteladanan, Targhib.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dan solusi meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di SMPN 9 Tualang, Kabupaten Siak, Riau. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 50 siswa yang menjadi partisipan penelitian, 30% siswa memiliki kemampuan membaca yang baik dengan penguasaan tajwid dan kefasihan yang cukup, 50% berada pada tingkat sedang di mana mereka masih sering melakukan kesalahan dalam pengucapan huruf dan penerapan hukum tajwid dan 20% siswa memiliki kemampuan rendah, mengalami kesulitan dalam mengenali huruf hijaiyah dan menyusun kata dengan benar. Tantangan utama dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an di SMPN 9 Tualang adalah kurangnya motivasi siswa, metode pembelajaran yang kurang variatif, dan kurangnya keterlibatan orang tua, dan keterbatasan fasilitas pembelajaran. Untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa dilakuakn dengan menggunakan metode pembelajaran yang lebih interaktif, pemanfaatan teknologi digital, peningkatan kompetensi guru dan penambah fasilitas pembelajaran. Dengan upaya ini, diharapkan kemampuan membaca Al-Quran siswa dapat meningkat secara signifikan dan lebih efektif dalam jangka panjang.References
Awliyah, I., & Abdullah, M. (2024). Implementasi Metode Iqro Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur ’ an di TPQ At-Tadris Kampung Tanah Koja Jakarta Barat. Jurnal Kewarganegaraan, 8(1), 1137–1144. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/pendidikan/Analisis+Kuantitatif.pdf
Damayanti. (2025). Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al - Quran pada Siswa di Sekolah. 3(1), 130–136.
Eliati, & Maharaja. (2024). Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an dengan Metode Talaqqi Pada Siswa Sekolah Dasar di UPTD SPF SDN Mandumpang Kabupaten Aceh Singkil. 9(3), 5–10.
Lolla, F., Hasanah, U., Rohman, F., & Fahmi, M. (2025). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur ’ an Bagi Guru Dan Siswa Melalui Program Kegiatan Gemajuza di SMPN 1 Sooko Mojokerto. 3, 43–56.
Mayangsari, R., & Nisak, N. M. (2024). Penerapan Metode Tajdied pada Pembelajaran Membaca Al-Qur’an dalam Membentuk Siswa Berprestasi di Sekolah Dasar. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 513. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3355
Nasaruddin, N., Ilham, I., Nurdiniawati, N., & Alimudin, A. (2024). Pendampingan Dan Peran Tpq Untuk Meningkatkan Baca Al-Qur’an Di Dusun Soro Bali Desa Karampi. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 29–41. https://doi.org/10.52266/taroa.v3i1.2522
Rahmayani. (2024). Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Siswa Melalui Pembelajaran Inovatif dengan Strategi dan Metode yang Efektif. 2(1), 142–148.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Elfi Rahma, Hertati Hertati, Mashumi. A

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.