ANALISIS KEBIASAAN DAN GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI KELAS V SD NEGERI SIDOMUKTI KECAMATAN JAKEN KABUPATEN PATI

Authors

  • Febriana Nur Annisa Universitas PGRI Semarang
  • Ikha Listyarini Universitas PGRI Semarang
  • Fine Reffiane Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41751

Keywords:

Gaya Belajar, Kebiasaan Belajar, Pembelajaran Adaptif, Pendidikan Dasar, Siswa Berprestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebiasaan dan gaya belajar siswa berprestasi kelas V di SD Negeri Sidomukti, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk menggambarkan kebiasaan belajar siswa melalui metode triangulasi teknik, yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga siswa berprestasi yang dipilih secara purposive sampling berdasarkan kriteria akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap siswa memiliki kebiasaan dan gaya belajar yang unik namun efektif. Siswa pertama, dengan gaya belajar visual, mengandalkan diagram dan catatan untuk memahami konsep-konsep abstrak. Siswa kedua, dengan gaya belajar auditori, lebih mengutamakan diskusi dan mendengarkan penjelasan verbal untuk meningkatkan pemahaman. Siswa ketiga, dengan gaya belajar kinestetik, belajar melalui aktivitas fisik dan praktik langsung yang mendalam. Kebiasaan belajar yang disiplin, seperti membuat jadwal rutin, mencatat poin-poin penting, dan mengerjakan soal latihan, mendukung efektivitas gaya belajar masing-masing siswa. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Guru disarankan untuk mengidentifikasi gaya belajar siswa secara spesifik dan menciptakan strategi pembelajaran yang inklusif serta adaptif. Penelitian ini memberikan wawasan yang relevan bagi pendidik dan peneliti pendidikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pengelolaan kebiasaan dan gaya belajar yang lebih baik.

References

Aini, W. N. (2022). Analisis Tipe Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri Cikokol 4 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 105(2), 4357–4367.

Dasep, M., Salsabila, R., & Azzahra, M. A. (2023). Pentingnya Mengenali Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Abdi Nusa, 3(3), 157–163. https://doi.org/10.52005/abdinusa.v3i3.104

Diniaty, A. (2017). Dukungan Orangtua terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 3(1), 90–100.

Djali. (2021). Psikologi Pendidikan. PT RajaGrafindo Persada.

Fendrik, M., Putri, D. F., Pebriana, P. H., Sidik, G. S., & Ramdhani, D. (2022). Analisis Kecenderungan Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 793–809.

Fitrianti, N., Siti Poerwanti, J. I., & Sularmi, S. (2021). Studi korelasi antara gaya belajar dan kebiasaan membaca dengan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran ips di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(4), 1–6. https://doi.org/10.20961/ddi.v9i4.48762

Hakim, A. R. (2023). Konsep Landasan Dasar Pendidikan Karakter di Indonesia. Journal on Education, 6(1), 2361–2373. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3258

Hanifah, L. N., & Mulyaningrum, E. R. (2021). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Protista Di Sma Negeri 1 Godong. Jurnal Ilmiah Edukasia, 1(1), 112–128. https://doi.org/10.26877/jie.v1i1.7970

Intania Cahyasari dan Retno Mustika Dewi. (2016). Kebiasaan Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(3), 1–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/15952

Kolyvas, S. (2020). Innovative and Collaborative Learning in Visual Arts with the Use of Modern Educational Software. Education Quarterly Reviews, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.31014/aior.1993.03.02.131

Lestari, S., Kresnadi, H., & Auliya, G. D. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SD Negeri 30 Pontianak Utara. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 7377–7385.

Porter, B. De, & Hernacki, M. (2020). Quantum Learning: Membiasakan Belajar dengan Nyaman. Kaifa.

Rahmahwati, A. A., Hidayat, M. T., Djazilan, M. S., & Akhwani, A. (2021). Hubungan antara Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3385–3392. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1348

Rahmawati, H., Pujiastuti, P., & Cahyaningtyas, A. P. (2023). Kategorisasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Empat Sekolah Dasar di SD se-Gugus II Kapanewon Playen, Gunung Kidul. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 88–104. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3338

Rivani, Y., Halidjah, S., & Pranata, R. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV Di SDN 30 Pontianak Utara. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 1650–1656.

Sefti, F. N., Artharina, Fi. P., Listyarini, I., & Natalia, D. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Kelas 1 A di SDN Kalicari 01. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1926–1933.

Setiana. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian, 1(1), 50–58.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. In 3 (p. 444). bandung:alfabeta.

Downloads

Published

2025-01-19

How to Cite

Annisa, F. N., Listyarini, I., & Reffiane, F. (2025). ANALISIS KEBIASAAN DAN GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI KELAS V SD NEGERI SIDOMUKTI KECAMATAN JAKEN KABUPATEN PATI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 1523–1531. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41751

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.