PROFIL KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA PADA ANAK SEKOLAH DASAR KELAS DUA DAN TIGA DI KOTA SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.39787Keywords:
Kemampuan pemahaman membaca, Anak sekolah dasar, Faktor sosiodemografiAbstract
Membaca adalah suatu proses dimana seseorang memperoleh informasi dari media tertulis, semakin banyak seseorang membaca maka akan semakin banyak informasi yang diperoleh oleh pembaca. Seseorang harus memiliki pemahaman membaca yang baik, agar informasi atau pesan yang telah dibaca tersampaikan dengan baik. Pemahaman membaca adalah suatu kemampuan yang harus ditingkatkan untuk melengkapi pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap materi, konsep, dan informasi yang terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan pemahaman membaca pada anak sekolah dasar kelas dua dan tiga di Surakarta serta mengetahui bagaimana gambaran kemampuan pemahaman membaca berdasarkan faktor sosiodemografi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Teknik sampling yang digunakan yaitu kuota sampling dengan jumlah responden sebanyak 243 anak. Hasil penelitian mendapatkan sebagian besar skor kemampuan pemahaman membaca berada pada kategori sedang. Kemampuan pemahaman membaca anak terdiri dari tidak baik 5,3%, sedang 57,2%, dan baik 37,4%. Faktor yang paling terlihat memiliki efek terhadap kemampuan pemahaman membaca anak adalah jenis kelamin, anak dengan jenis kelamin perempuan kemampuan pemahaman membaca lebih unggul. Faktor-faktor sosiodemografi yang diteliti tidak menunjukkan efek yang signifikan.References
Adiputra, I. M. S., Trisnadewi, N. W., Oktaviani, N. P. W., & Munthe, S. A. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan (R. Watrianthos & J. Simarmata (eds.)). Yayasan Kita Menulis.
Anantasa, F. J. (2016). Gender Differences in Reading Comprehension Achievement (A Case Study at IAIN Syekh Nurjati Cirebon). ELT-Echo, 1(1), 27–41. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eltecho/article/view/953
Asgarabadi, Y. H., Rouhi, A., & Jafarigohar, M. (2015). Learners’ Gender, Reading Comprehension, and Reading Strategies in Descriptive and Narrative Macro-genres. Theory and Practice in Language Studies, 5(12), 2557. https://doi.org/10.17507/tpls.0512.17
Ayuningrum, S., & Herzamzam, D. A. (2022). Konsep dan Implementasi Pembelajaran Membaca Pemahaman di SD kelas VI. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(2), 232. https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.58343
Basit, A., Besral, B., & Mahmud, M. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Negeri 18 Anduring Kota Padang. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 13(1), 89–97. https://doi.org/10.15548/alawlad.v13i1.6396
Detri, S. M. M., Nuristiqamah, Juniana, Herlin, Lebok, L., Fatriani, S., Darmia, Juprianto, Nikodemus, & Arham. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Dusun Eran Batu, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar Melalui Taman Baca. SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 76. https://doi.org/10.35329/sipissangngi.v3i1.3896
Dika, S. L., & Singh, K. (2002). Applications of Social Capital in Educational Literature: A Critical Synthesis. Review of Educational Research, 72(1), 31–60. https://doi.org/10.3102/00346543072001031
Freeman, R. B., & Viarengo, M. (2014). School and Family Effects on Educational Outcomes Across Countries School and Family Effects on Educational Outcomes Across. 29(79). https://doi.org/10.1111/1468-0327.12033
Ismail, H., Rahmat, A., & Emzir. (2021). Bahan Ajar Pemahaman Membaca Bahasa Inggris Berbasis E-Learning Moodle (D. Iriyadi & A. Rustam (eds.)). CV. ARDEN JAYA.
Kholiq, A., & Luthfiyati, D. (2020). Tingkat Membaca Pemahaman Siswa SMA Kabupaten Lamongan. 4, 17–32. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/index
Košak Babuder, M., & Kavkler, M. (2014). The Latent Structure of Reading Comprehension Problems in Pupils Living in Poverty. Hrvatska Revija Za Rehabilitacijska Istrazivanja, 50(1), 1–12. https://www.academia.edu/70910523/The_latent_structure_of_reading_comprehension_problems_in_pupils_living_in_poverty
Liu, C. Y., Tao, R., Qin, L., Matthews, S., & Siok, W. T. (2022). Functional Connectivity During Orthographic, Phonological, and Semantic Processing of Chinese Characters Identifies Distinct Visuospatial and Phonosemantic Networks. Human Brain Mapping, 43(16), 5066–5080. https://doi.org/10.1002/hbm.26075
Liu, X., Zhang, L., Yu, S., Bai, Z., Qi, T., Mao, H., Zhen, Z., Dong, Q., & Liu, L. (2024). The Effects of Age and Reading Experience on the Lifespan Neurodevelopment for Reading Comprehension. Journal of Cognitive Neuroscience, 36(2), 239–260. https://doi.org/10.1162/jocn_a_02086
Adiputra, I. M. S., Trisnadewi, N. W., Oktaviani, N. P. W., & Munthe, S. A. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan (R. Watrianthos & J. Simarmata (eds.)). Yayasan Kita Menulis.
Anantasa, F. J. (2016). Gender Differences in Reading Comprehension Achievement (A Case Study at IAIN Syekh Nurjati Cirebon). ELT-Echo, 1(1), 27–41. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eltecho/article/view/953
Asgarabadi, Y. H., Rouhi, A., & Jafarigohar, M. (2015). Learners’ Gender, Reading Comprehension, and Reading Strategies in Descriptive and Narrative Macro-genres. Theory and Practice in Language Studies, 5(12), 2557. https://doi.org/10.17507/tpls.0512.17
Ayuningrum, S., & Herzamzam, D. A. (2022). Konsep dan Implementasi Pembelajaran Membaca Pemahaman di SD kelas VI. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(2), 232. https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.58343
Basit, A., Besral, B., & Mahmud, M. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Negeri 18 Anduring Kota Padang. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 13(1), 89–97. https://doi.org/10.15548/alawlad.v13i1.6396
Detri, S. M. M., Nuristiqamah, Juniana, Herlin, Lebok, L., Fatriani, S., Darmia, Juprianto, Nikodemus, & Arham. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Dusun Eran Batu, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar Melalui Taman Baca. SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 76. https://doi.org/10.35329/sipissangngi.v3i1.3896
Dika, S. L., & Singh, K. (2002). Applications of Social Capital in Educational Literature: A Critical Synthesis. Review of Educational Research, 72(1), 31–60. https://doi.org/10.3102/00346543072001031
Freeman, R. B., & Viarengo, M. (2014). School and Family Effects on Educational Outcomes Across Countries School and Family Effects on Educational Outcomes Across. 29(79). https://doi.org/10.1111/1468-0327.12033
Ismail, H., Rahmat, A., & Emzir. (2021). Bahan Ajar Pemahaman Membaca Bahasa Inggris Berbasis E-Learning Moodle (D. Iriyadi & A. Rustam (eds.)). CV. ARDEN JAYA.
Kholiq, A., & Luthfiyati, D. (2020). Tingkat Membaca Pemahaman Siswa SMA Kabupaten Lamongan. 4, 17–32. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/index
Košak Babuder, M., & Kavkler, M. (2014). The Latent Structure of Reading Comprehension Problems in Pupils Living in Poverty. Hrvatska Revija Za Rehabilitacijska Istrazivanja, 50(1), 1–12. https://www.academia.edu/70910523/The_latent_structure_of_reading_comprehension_problems_in_pupils_living_in_poverty
Liu, C. Y., Tao, R., Qin, L., Matthews, S., & Siok, W. T. (2022). Functional Connectivity During Orthographic, Phonological, and Semantic Processing of Chinese Characters Identifies Distinct Visuospatial and Phonosemantic Networks. Human Brain Mapping, 43(16), 5066–5080. https://doi.org/10.1002/hbm.26075
Liu, X., Zhang, L., Yu, S., Bai, Z., Qi, T., Mao, H., Zhen, Z., Dong, Q., & Liu, L. (2024). The Effects of Age and Reading Experience on the Lifespan Neurodevelopment for Reading Comprehension. Journal of Cognitive Neuroscience, 36(2), 239–260. https://doi.org/10.1162/jocn_a_02086
Meyler, A., Keller, T. A., Cherkassky, V. L., Lee, D., Hoeft, F., Whitfield-Gabrieli, S., Gabrieli, J. D. E., & Just, M. A. (2008). Brain Activation During Sentence Comprehension Among Good and Poor Readers. Bone, 23(1), 1–7. https://doi.org/10.1093/cercor/bhm006.Brain
Ngongare, G., Samola, N., & Rettob, A. (2020). The Influence of Gender On Reading Comprehension. Journal of English Language and Literature Teaching, 5(2), 104–109. https://doi.org/10.4324/9781315687766
Noer, A. D., & Harsiwi, N. E. (2024). Analisis Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28676
Pratomo, H. T. A. (2023). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Pengukuran Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Terapi Wicara Dan Bahasa, 2(1), 624–630. https://doi.org/10.59686/jtwb.v2i1.92
Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Rahmadani, D., & Sriyanto. (2024). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas III di SDN 2 Kedungwuluh. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 5746–5752. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27786
Reynaldi, M., & Halim, M. (2022). Taman Baca Masyarakat Rorotan Untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 4(1), 519. https://doi.org/10.24912/stupa.v4i1.16933
Riyanti, A. (2021). Keterampilan Membaca. K-Media.
Salehi, M., Lari, Z., & Rezanejad, A. (2014). The Effects of Gender and Genre on Language Learners’ Reading Comprehension Ability. Education Journal, 3(5), 266–271. https://doi.org/10.11648/j.edu.20140305.12
Setyawati, N., Maspuroh, U., & Rosalina, S. (2021). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pemahaman Bacaan Cerpen pada Kalangan Remaja Pengguna Media Sosial Aktif. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 417. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.40124
Sujiono, B., & Yuliani Nurani Sujiono. (2005). Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.
Tiyustina. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Pembelajaran Terpadu di Kelas II SDN Klender 16 Pagi Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Pgsd, 1, 153–159. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pgsd/article/download/7988/5669
Vázquez-Cano, E., De la Calle-Cabrera, A. M., Hervás-Gómez, C., & López-Meneses, E. (2020). Socio-Family Context and Its Influence on Students’ PISA Reading Performance Scores: Evidence from Three Countries in Three Continents. Educational Sciences: Theory and Practice, 20(2), 50–62. https://doi.org/10.12738/jestp.2020.2.004
Warsilah, D. I. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Big Book Terhadap Keterampilan Membaca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2, 167–174.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nazwa Mutiara Br. Purba, Nadya Susanti, Dodiet Aditya Setyawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.