STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MOTORIK SISWA MELALUI PENDIDIKAN JASMANI DI SD IT BINA INSAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39424Keywords:
Strategi Guru, Kemampuan Motorik, Pendidikan Jasmani, SD IT Bina InsanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengamati dan menjelaskan berbagai strategi yang diterapkan seorang guru dalam meningkatkan keterampilan motorik siswa melalui program pendidikan jasmani. Melalui pendekatan kualitatif fenomenologi, dengan cara mengumpulkan data dan observasi kegiatan pembelajaran, wawancara dengan guru pendidikan jasmani, dan dokumentasi program pendidikan. Dengan menggunakan model Miles dan Huberman, analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi seperti demonstrasi langsung, penggunaan permainan yang terstruktur, dan evaluasi berkelanjutan untuk meningkatkan keterampilan motorik siswa, termasuk kekuatan, keseimbangan, kelincahan, dan koordinasi. Tantangan yang dihadapi mencakup kurangnya ketertarikan siswa terhadap olahraga, sehingga guru harus lebih inovatif dengan mengadakan turnamen atau memberikan penghargaan untuk meningkatkan motivasi siswa. Pembahasan menggarisbawahi pentingnya kolaborasi sesama guru, sekolah, dan orang tua dalam mencapai pembelajaran pendidikan jasmani. Strategi pembelajaran yang interaktif dan inovatif dianggap berhasil dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan fisik dan sosial siswa.References
Akhiruyanto, A. (2006). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dengan Pendekatan Permainan 29 JPJI. In Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia (Vol. 5, Issue 2).
Anggraeni, D., & Na’imah, N. (2022). Strategi Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Maze Karpet Covid-19. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2553–2563. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2103
Ardiansyah, F. (2016). Kemampuan Motorik Dasar Siswa Kelas IV Dan V SD N Keraton Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Darmanto, F., Yuwono, C., Supriyono, S., Pamot, H., & Ichsandi, R. (2019). Analisis Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Metode Denver Development Screening Test Motorik Kasar Bagi Siswa Taman Kanak-Kanak. JSES?: Journal of Sport and Exercise Science, 2(2), 38. https://doi.org/10.26740/jses.v2n2.p38-43
Goodway, J. D., Robinson, L. E., & Crowe, H. (2010). Gender Differences in Fundamental Motor Skill Development in Disadvantaged Preschoolers From Two Geographical Regions. Research Quarterly for Exercise and Sport, 81(1), 17–24. https://doi.org/10.1080/02701367.2010.10599624
Kiram, P. H. Y. (2019). Belajar Keterampilan Motorik. Prenada Media.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Pangrazi, R. (2007). Dynamic Physical Education for Elementary School Children (15th ed.). Pearson Benjamin Cumming.
Pratama, M. W. S., Muryadi, A. D., & Hakim, A. R. (2022). Tingkat Kemampuan Motorik Dan Perseptual Motorik Pada Siswa Ekstrakurikuler Permainan Sepak Bola Di Sma Negeri 3 Klaten Tahun 2021. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 8(1), 63–73. https://doi.org/10.36728/jip.v8i1.1780
Rinaldi, M. S. (2019). Tingkat Kemampuan Motorik Siswa Kelas Atas Di Sekolah Dasar Negeri Gadingan Wates Tahun 2018/2019. .
Rismayanti, C. (2011). Optimalisasi Pembentukan Karakter Dan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Jasmani, 8(1).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research And Development/R&D). Alfabeta.
Sumantri, S. (2015). Teori dan Praktek di Tingkat Pendidikan Dasar. In Raja Grafindo Persada.
Supriyanto. (2010). Kemampuan Motorik Siswa Kelas Atas SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul.
Trisnaningsih, S. I., Wiyasa, I. K. N., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Lari Zig-Zag Berbantuan Kursi Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B Tk Sila Dharma Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1). https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18764
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tita Diah Alia Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.