MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH BOARDING SCHOOL AL-MUSLIMUN KABUPATEN ACEH UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42202Keywords:
Manajemen, Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan PengawasanAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, fungsi manajemen yang diteliti dalam penelitian ini yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data observasai, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan Kepala madrasah berperan dalam mengarahkan dan memfasilitasi guru-guru untuk menguasai materi yang akan diajarkan kepada peserta didik dengan cara memberikan pelatihan serta para guru diwajibkan untuk menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, sehingga mereka dapat menyampaikan pelajaran dengan berpedoman pada rencana pelaksanaan pembelajaran tersebut. 2) Pengorganisasian Kepala madrasah dalam upaya meningkatkan kinerja guru, yaitu membuat satuan kerja dengan cara melakukan pembagian tugas untuk guru sehingga guru paham alur dan tupoksi kerja nya masing-masing. 3) Pelaksanaan kepala madrasah dalam upaya meningkatkan kinerja guru banyak mendominasi kegiatan didalam kelas. Seperti pelaksanaan dalam menguasai materi yang akan diajarkan pada peserta didik dan juga guru harus mampu menguasai metode taktik mengajar agar pelaksanaan belajar mengajar berjalan dengan baik sehingga kinerja guru dapat meningkat. Selain itu guru juga diikutsertakan pada pelatihan, seminar, dll agar guru dapat meningkatkan kualitas kinerja nya. 4) Pengawasan dapat meningkatkan kinerja guru dibuktikan dengan kepala madrasah melakukan kontrol dan evaluasi terhadap seluruh program yang berjalan dengan baik maupun belum dapat terlaksana dengan maksimal. Pengawasan yang dilakukan dapat menjadi catatan kepala madrasah agar kinerja guru kedepannya menjadi lebih baik lagi.References
Amka. (2021). Buku Ajar Manajemen dan Administrasi Sekolah. https://bok.asia/book/17982535/04355b
Colquitt, J.A., Lepine, J.A. dan Wesson, M.J. (2009), Organization Behavior: Improving Performance and Commitment in the Workplace. New York: The McGraw-Hill Com., Inc
Febriana Sulistya Pratiwi. (2022). Meningkatkan Kinerja Guru 3(8.5.2017), 2003–2005. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/angka-konsumsi-ikan-ri-naik-jadi-5648-kgkapita-pada-2022
Hasibuan, Malayu SP. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan keempatbelas, Jakarta ,Penerbit : Bumi Aksara
Indaliani, (2013), Manajemen Peningkatan Kualitas Kinerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur`an Kota Langsa Provinsi Aceh.
Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Rusman. 2011. Model – Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zulinar Zulinar, Najmuddin Najmuddin, Hera Yanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.