MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH BOARDING SCHOOL AL-MUSLIMUN KABUPATEN ACEH UTARA

Authors

  • Zulinar Zulinar Universitas Almuslim
  • Najmuddin Najmuddin Universitas Almuslim
  • Hera Yanti Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42202

Keywords:

Manajemen, Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Pengawasan

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, fungsi manajemen yang diteliti dalam penelitian ini yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data observasai, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan Kepala madrasah berperan dalam mengarahkan dan memfasilitasi guru-guru untuk menguasai materi yang akan diajarkan kepada peserta didik dengan cara memberikan pelatihan serta para guru diwajibkan untuk menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, sehingga mereka dapat menyampaikan pelajaran dengan berpedoman pada rencana pelaksanaan pembelajaran tersebut. 2) Pengorganisasian Kepala madrasah dalam upaya meningkatkan kinerja guru, yaitu membuat satuan kerja dengan cara melakukan pembagian tugas untuk guru sehingga guru paham alur dan tupoksi kerja nya masing-masing. 3) Pelaksanaan kepala madrasah dalam upaya meningkatkan kinerja guru banyak mendominasi kegiatan didalam kelas. Seperti pelaksanaan dalam menguasai materi yang akan diajarkan pada peserta didik dan juga guru harus mampu menguasai metode taktik mengajar agar pelaksanaan belajar mengajar berjalan dengan baik sehingga kinerja guru dapat meningkat. Selain itu guru juga diikutsertakan pada pelatihan, seminar, dll agar guru dapat meningkatkan kualitas kinerja nya. 4) Pengawasan dapat meningkatkan kinerja guru dibuktikan dengan kepala madrasah melakukan kontrol dan evaluasi terhadap seluruh program yang berjalan dengan baik maupun belum dapat terlaksana dengan maksimal. Pengawasan yang dilakukan dapat menjadi catatan kepala madrasah agar kinerja guru kedepannya menjadi lebih baik lagi.

References

Amka. (2021). Buku Ajar Manajemen dan Administrasi Sekolah. https://bok.asia/book/17982535/04355b

Colquitt, J.A., Lepine, J.A. dan Wesson, M.J. (2009), Organization Behavior: Improving Performance and Commitment in the Workplace. New York: The McGraw-Hill Com., Inc

Febriana Sulistya Pratiwi. (2022). Meningkatkan Kinerja Guru 3(8.5.2017), 2003–2005. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/angka-konsumsi-ikan-ri-naik-jadi-5648-kgkapita-pada-2022

Hasibuan, Malayu SP. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan keempatbelas, Jakarta ,Penerbit : Bumi Aksara

Indaliani, (2013), Manajemen Peningkatan Kualitas Kinerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur`an Kota Langsa Provinsi Aceh.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Rusman. 2011. Model – Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2025-01-28

How to Cite

Zulinar, Z., Najmuddin, N., & Yanti, H. (2025). MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH BOARDING SCHOOL AL-MUSLIMUN KABUPATEN ACEH UTARA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 1916–1921. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42202

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.