PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AZMIA TANJUNG MORAWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40424Keywords:
Pendidikan, Olahraga, KesehatanAbstract
Di masa kini, pendidikan olahraga, olahraga, dan kesehatan (PJOK) menghadapi banyak tantangan dan peluang karena kemajuan teknologi, perubahan gaya hidup, dan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) terhadap perkembangan fisik, mental, sosial dan motorik siswa di MIS. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi terhadap 18 siswa MIS yang selalu aktif dalam kegiatan PJOK di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PJOK memiliki dampak positif signifikan terhadap kesehatan fisik, mental, sosial dan motorik siswa. Program PJOK berhasil meningkatkan kekuatan, kelincahan, daya tahan, koordinasi tubuh, disiplin, fokus, kepercayaan diri dan kemampuan mengelola stres siswa. PJOK juga memperkuat hubungan sosial dan solidaritas di antara siswa. Penelitian ini memiliki implikasi praktis bagi pendidik dan pembuat kebijakan untuk meningkatkan kualitas program PJOK di sekolah. Dengan demikian, penelitian ini berkontribusi pada pengembangan program PJOK yang efektif dan berkualitas.References
Al Ardha, M. A. (2022). Inovasi digital learning pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK). Teknologi Metaverse Dalam Ilmu Keolahragaan, 39-45.
Aminudin, D., & Hamam, H. Relaksasi Versus Rekreasi: Analisis Perbedaan Stres Mahasiswa Dalam Konteks Hobi Santai, Olahraga, dan Rekreasi. Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan, 5(1), 42-49.
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1-9.
Ayu, P. S., & Yunarta, R. (2022). Kendala Implementasi Pembelajaran PJOK Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Olahraga Indonesia, 5(3), 78-88.
Beauty, T. R. C., Nurhasan, N., & Tuasikal, A. R. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Permainan Sirkuit Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2).
Charagosa, E., Akhmad, N., & Nastia, W. O. (2024). TINGKAT PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP PERMAINAN TRADISIONAL. Gelora: Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan IKIP Mataram, 11(2), 88-99.
Furkan, F., Rusdin, R., & Shandi, S. A. (2021). Menjaga Daya Tahan Tubuh Dengan Olahraga Saat Pandemi Corona Covid-19. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1).
Khanifah, S., & Fatimah, N. (2023). Penguatan Soft Skill Kecerdasan Sosial Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA IT Bina Amal Semarang.
Mahesha, A., Febrian, M., Nurhakim, N., & Ihsanudin, R. (2024). ANALISIS PERMAINAN BOLA BERACUN DALAM MENGASAH KERJA SAMA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Jayabama: Jurnal Peminat Olahraga, 3(1), 1-10.
Mahreza, R. (2024). HUBUNGAN FLEKSIBILITAS DAN KELINCAHAN DENGAN KEMAMPUAN SMASH PADA ATLET BULU TANGKIS PB LAUSER ACEH TENGAH (Doctoral dissertation, Universitas Bina Bangsa Getsempena).
Megantara, B. A., Thazqia, F. M., Wahid, Z. A., Pribadi, R., Mentari, A. G., Rahmah, A. S., & Tarigan, B. (2024). PENGARUH PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP LIFE SKILLS. Jurnal Ilmiah Spirit, 24(2), 92-106.
Muhrin, M. (2023). EFEKTIVITAS METODE EKSPERIMENTAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJARA VARIASI GERAK SPESIFIK DALAM PERMAINAN BOLA BESAR DI SMP NEGERI 3 WERA TAHUN PELAJARAN 20212022. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan dan Ekonomi, 6(2), 166-173.
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia abad 21. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422-438.
Mustafa, P. S., & Sugiharto, S. (2020). Keterampilan motorik pada pendidikan jasmani meningkatkan pembelajaran gerak seumur hidup. Sporta Saintika, 5(2), 199-218.
Nafisa, D., Tsalisa, H. H., Nurbaiti, I. S., Yusuf, Z. A., Putri, Z. I., & Mulyana, A. (2024). Pentingnya Pengembangan Keterampilan Fisik pada Anak-Anak Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 23450-23459.
Permana, R., & Habibie, A. (2021). Analisis Assesmen Literasi Jasmani dengan Kebutuhan Pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar Muhammadiyah Tasikmalaya.
Prasetyo, T. (2021). Aktivitas Olahraga Dalam Mengidentifikasi Karakter Siswa SMA Negeri 1 Durai Kabupaten Karimun (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat kebugaran jasmani dan aktivitas fisik siswa sekolah. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 9(01), 511-519.
Rohmawati, D., Arbani, W., & Putra, M. M. (2024). Penerapan Permainan Tradisional Bentengan dalam Pembelajaran Penjas dalam Pembentukan Perilaku Sosial Siswa Kelas V SDN 112 Rejang Lebong (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).
Rumlah, S. (2022). Budaya Olahraga Di Masyarakat Sebagai Fenomena Sosial Terhadap Kesehatan Jiwa Dan Kebugaran Jasmani Lansia. JEJAK: Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 2(1), 94-100.
Saputra, T. J., Yuliawan, D., & Sukmana, A. A. (2024, October). Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Gerak Fundamental Bagi Siswa SD Laboratorium UNP Kediri. In Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran (Vol. 4, No. 1, pp. 636-645).
Suleman, M. A. (2024). Meningkatkan keterampilan komunikasi siswa melalui penerapan experiential learning. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1530-1538.
Sumitra, D. A. (2023). Implementasi Kurikulum Belajar Mandiri Mata Pelajaran PJOK Di Sekolah Dasar Kabupaten Beringin. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(7), 2085-2090.
TARLINA, T. (2023). HUBUNGAN KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENJASKES SEKOLAH TINGKAT DASAR SE-KECAMATAN TUJUH BELAS (Doctoral dissertation, IKIP PGRI PONTIANAK).
Yustiyati, S., Dhafiana, N., Sabila, S. A., Indriani, T., & Mulyana, A. (2024). Meningkatkan minat belajar siswa SD dalam pembelajaran PJOK melalui permainan tradisional. Jurnal Keolahragaan JUARA, 4(1), 25-33.
ZIMAM, M. (2024). PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL GOBAG SODOR TERHADAP KELINCAHAN DAN KECEPATAN SISWA MA AL ABROR SUKOSEWU (Doctoral dissertation, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizqina Katsiroh Hasibuan, Siti Holijah Siregar, Siti Rahmadani Hasibuan, Suyono Suyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.