ANALISIS METODE DAN STRATEGI GURU PAI DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMPN 9 TUALANG, KABUPATEN SIAK

Authors

  • Elfi Rahma Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Jambek Bukittinggi
  • Hertati Hertati Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Jambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43512

Keywords:

Pendidikan Karakter, Guru Pendidikan Islam, Strategi Pengajaran, Metode Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode dan strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SMPN 9 Tualang, Kabupaten Siak. Pendidikan karakter menjadi aspek krusial dalam membentuk kepribdaian siswa yang berakhlak mulia, terutama dalam lingkungan pendidikan formal. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, Dimana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter siswa menggunakan beberapa strategi yaitu melalui kegiatan pembiasaan, menjadi model dan teladan, pembimbing, serta motivator, dan pemberian hukuman. Adapun faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter siswa yaitu guru yang dapat dijadikan teladan, didikan orang tua di rumah, fasilitas sekolah, kegiatan rutinan dan ekstrakurikuler sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kompetensi guru, kurangnya didikan orang tua, faktor lingkungan dan pergaulan.Temuan ini menunjukkan bahwa efektivitas pendidikan karakter bergantung pada sinergi antara metode pengajaran, strategi yang diterapkan, serta dukungan dari berbagai pihak termasuk sekolah dan keluarga. Oleh karena itu, penelitian ini merekondeasikan peningkatan pelatihan bagi guru, optimalisasi peran sekolah, serta penguatan kolaborasi dengan komunitas dalam upaya membentuk karakter siswa yang lebih baik.

References

Azwardi, A. (2021). Application of Rewards and Punishments in Improving Learning Outcomes of Islamic Religious Education in State Middle School 1 Tembilahan. Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 261–274. https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i2.8497

Fitiani, A., & Yunuarti, E. (2019). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Jannah, U. A., & Ahmad, T. A. (2022). Class XI Students’ Historical Awareness of Values KH Ahmad Dahlan’s example at SMA Muhammadiyah 1 Semarang. 7(2), 73–86.

Jasmana, J. (2021). Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Di Sd Negeri 2 Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(4), 164–172. https://doi.org/10.51878/elementary.v1i4.653

Khairani, A. N., & Rosyidi, M. (2022). Penerapan Strategi Karakter Religius Peserta Didik untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 199–210. https://doi.org/10.30997/dt.v9i2.6317

Lubis, N. A., & Murniyetti, M. (2023). Strategi Guru PAI dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SMA Negeri Binsus Dumai. Islamika, 5(3), 913–924. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i3.3285

Permatasari, L., Amrulloh, M., & Wardana, M. D. K. (2023). Fitrah: Journal of Islamic Education PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA BERBASIS MANAJEMEN KELAS ARTICLE HISTORY. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 43–55. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/fitrah.https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.190.

Prayogi, A. (2023). Reviewing The Idea Of Islamic Ethnical Paradigm Of Prophetic Science Thinking Kuntowijoyo. Al-Nizam: Indonesian Journal of Research and Community Service, 1(1), 31–44.

Prayogi, A., & Fina Firqotun Najiyah. (2023). Metode dan Strategi Guru PAI dalam Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter (Studi Kasus di SMPN 6 Taman Kabupaten Pemalang). Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i1.19

Rachmat, T., Tahir, M., & Salehudin, M. (2024). Strategi Guru PAI dalam Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Religius di SMKN 4 Kota Samarinda. Rayah Al-Islam, 8(2), 501–544. https://doi.org/10.37274/rais.v8i2.962

Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 36. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941

Yanti, A. (2024). Strategi Pembelajaraan PAI Menyenangkan Arnida. 2(3), 349–357.

Yusuf, M., Ritonga, M., & Mursal, M. (2020). Implementasi Karakter Disiplin dalam Kurikulum 2013 Pada Bidang Studi PAI di SMA Islam Terpadu Darul Hikmah. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 49–60. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v11i1.3437

Downloads

Published

2025-03-12

How to Cite

Rahma, E., & Hertati, H. (2025). ANALISIS METODE DAN STRATEGI GURU PAI DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMPN 9 TUALANG, KABUPATEN SIAK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 3385–3393. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43512

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.