STRATEGI GURU MENUMBUHKAN MINAT PEMBELAJARAN PENJASKES SISWA KELAS III-A MIS MARDHLIATUL ISLAMIYAH MEDAN

Authors

  • Rahmi Fadiah Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Assyfa Ramadhina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sakinah Rahmawaty Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Suyono Suyono Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39427

Keywords:

Strategi Guru, Menumbuhkan Minat, Pembelajaran Pjok Di Sekolah Dasar.

Abstract

Guru memiliki peran yang strategis dalam meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran pjok, strategi yang efektif dapat mencakup penggunaan metode pengajaran yang variatif, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, serta memberikan motivasi dan penguatan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi yang digunakan guru dalam menumbuhkan minat siswa kelas 3 A di MIS Mardliatul Islamiyah Medan terhadap pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. minat siswa dalam pembelajaran PJOK merupakan faktor penting yang memengaruhi partisipasi aktif dan pencapaian hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif yang memiliki tujuan untuk memberikan deskripsi, penjelasan, juga validasi mengenai fenomena yang di teliti. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini maka, strategi pembelajaran yang inovatif dan interaktif oleh guru dapat secara signifikan meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran pjok di sekolah MIS Mardliatul Islamiyah Medan Kelas 3 A.

References

Afrinal, A. &. (2019, 2). Identifikasi Cedera dalam Pjok dan Pencegahan di Sekolah Dasar Sekecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat Tahun 2020. Jurnal Pendidikan dan Olahraga, 188-191.

Ega, R. T. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Fauzi, A. (2020). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Gramedia.

Hasan, R. (2022). Implementasi Pembelajaran Penjas di Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Herman, H. &. (2018). Survey Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani di SMP/MTS Swasta Kabupaten Pangkep. SPORTIVE: Journal of Physical Education, Sport and Recreation, 1 (2), 27-35.

Hidayat, M. (2019). Manfaat Kegiatan Fisik Bagi Anak Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.

Husadarta, H. J. (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Kidokoro, T. d. (2023). Physical Fitness Before and During the COVID-19 Pandemic: Results of Annual National Physical Fitness Surveillance among Japanese Children and adolescents between 2013 and 2021. Journal of Sport and Health Science, 12 (2).

Ma'arif, M. S. (2024). Implementasi Strategi Pembelajaran PJOK Pada Peserta Didik di Kelas V MIT Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Press.

Matin., &. F. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rahayu, E. T. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Implementasi Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Rahmat, T. (2021). Keterampilan Sosial dalam Pembelajaran Penjas. Malang: UMM Press.

Simatupang, H. (2019). Strategi Belajar Mengajar Abad ke-21. Surabaya: CV Cipta Media Edukasi.

Sukirman, B. (2018). Kesehatan dan Kebugaran Jasmani. Surabaya: UNESA Press.

Tarigan, S. I. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga: Dapatkah Meningkatkan Konsentrasi dan Kecerdasan Spasial (Spatial Intelegence) Siswa Sekolah Dasar yang Tinggal di DAerah Pegunungan. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 3 (2).

Wahyudi, D. (2017). Aktivitas Fisik dan Permainan dalam Penjas. Semarang: LPPM UNDIP.

Yulianti, S. (2019). Tantangan Pembelajaran Penjas di Era Modern. Medan: USU Press.

Zulkarnain, M. (2020). Kendala dalam Kegiatan Fisik di Sekolah. Padang: Andalas University Press.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Nasution, R. F. ., Ramadhina, A. ., Rahmawaty, S. ., & Suyono, S. (2024). STRATEGI GURU MENUMBUHKAN MINAT PEMBELAJARAN PENJASKES SISWA KELAS III-A MIS MARDHLIATUL ISLAMIYAH MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 17881–17888. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39427

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.