PENERAPAN METODE BERMAIN AKTIF UNTUK MENUNJANG KEMAMPUAN MOTORIK SISWA KELAS V DI MIS HIDAYATULLAH BATANG KUIS

Authors

  • Suyono Suyono Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Aulia Khairani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Putri Rizky Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Silvana Bayu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30261

Keywords:

Metode Bermain Aktif, Kemampuan Motorik Siswa

Abstract

Abstrak ini membahas penerapan metode bermain aktif untuk meningkatkan kemampuan motorik siswa kelas 5 di MIS Hidayatullah Batang Kuis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana metode bermain aktif dapat digunakan sebagai pendekatan yang efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik anak usia sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan melibatkan siswa kelas 5 sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi terhadap partisipasi siswa dalam aktivitas bermain aktif selama periode tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain aktif secara signifikan meningkatkan kemampuan motorik kasar dan halus siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya integrasi metode bermain aktif dalam kurikulum untuk mendukung perkembangan motorik siswa di tingkat sekolah dasar

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Suyono, S., Khairani, A. ., Rizky, P. ., & Bayu, S. . (2024). PENERAPAN METODE BERMAIN AKTIF UNTUK MENUNJANG KEMAMPUAN MOTORIK SISWA KELAS V DI MIS HIDAYATULLAH BATANG KUIS . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8386–8389. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30261