ANALISIS KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Restu Prayogi IAIN Curup

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.40634

Keywords:

Guru, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka

Abstract

Pendidikan merupakan aspek fundamental dalam kehidupan manusia yang memberikan kontribusi signifikan terhadap perubahan individu dan masyarakat. Pendidikan juga menjadi hak yang harus diterima oleh setiap individu sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup dan mempercepat pembangunan bangsa. Sebagai bagian dari strategi untuk mengubah negara yang tertinggal menjadi negara maju, pendidikan memegang peranan strategis dalam mencetak sumber daya manusia yang kompeten. Perkembangan kurikulum adalah salah satu upaya yang terus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan kompetensi yang sesuai dengan tuntutan zaman. Pergantian dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka merupakan salah satu langkah strategis untuk menyikapi perubahan tersebut. Kurikulum Merdeka dirancang untuk memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran, meningkatkan kreativitas, serta menyesuaikan kebutuhan siswa dengan potensi individu yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan guru dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menghadapi penerapan Kurikulum Merdeka. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk memahami fenomena secara mendalam. Penelitian ini memaparkan secara deskriptif fenomena yang berkaitan dengan implementasi Kurikulum Merdeka, baik dari aspek empiris maupun hasil rekayasa pendidikan. Subjek penelitian mencakup jurnal penelitian terdahulu yang relevan dan telah memenuhi standar ilmiah, sehingga dapat memberikan landasan teoretis dan data empiris yang mendukung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kajian literatur, wawancara, observasi, serta dokumentasi untuk memperoleh informasi yang holistik terkait dengan kemampuan guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka, khususnya dalam mata pelajaran PAI. Dengan pendekatan ini, penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran menyeluruh mengenai tantangan dan kemampuan guru dalam menghadapi perubahan kurikulum, sekaligus menjadi rujukan untuk perbaikan praktik pendidikan di masa mendatang.

References

Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian autentik pada kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699. https://edukatif.org/edukatif/article/view/3280/pdf

Budi Teguh Harianto. (2023). Problematika Problematika Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Khazanah Intelektual, 7(1), 1567–1583. https://doi.org/10.37250/khazanah.v7i1.184

Degdo Suprayitno, et. a. (2024). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF: Teori Komprehensif dan Referensi Wajib bagi Peneliti. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=-kkREQAAQBAJ&printsec=copyright&hl=id#v=onepage&q&f=false

Mahendra, Z. (2023). Implementasi Pembelajaran menggunakan Metode Diskusi dan Movie Learning pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk Menarik Minat Siswa Kelas Xi di MAN 1 Yogyakarta. 1–117.

Martin, R., & Simanjorang, M. (2022). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia. MAHESA Research Center, 1, 125–134. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.180

Maryani, E., & Syamsudin, H. (2011). Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Peningkatan Keterampilan Sosial. Bandung: Alfabeta, 9(1), 1–111. http://scholar.google.co.id/scholar?q=keterampilan+sosial++pembelajaran+++IPS&btnG=&hl=id&as_sdt=0,5#0

Mulyana, C., Ramdani, A. F. Z., & Nur’ainiyah. (2023). Analisis Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sman 12 Bandung. Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.51729/81108

Nadhiroh S, & Anshori I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 56–68. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/fitrah

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Revi Ujiana. (2022). Analisis Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Implementasi Kurikukulum Merdeka. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(6), 235–238.

Shofia Rohmah, N. N., Markhamah, Sabar Narimo, & Choiriyah Widyasari. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124

SINTA PURNAMA SARI. (2023). ANALISIS MODUL AJAR PADA KURIKULUM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 17 REJANG LEBONG [IAIN CURUP]. https://e-theses.iaincurup.ac.id/5782/1/SKRIPSI SINTA PURNAMA SARI 20531148.pdf

Downloads

Published

2025-01-28

How to Cite

Prayogi, R. (2025). ANALISIS KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 1656–1661. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.40634

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.