KOMPARASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN PROFESI GURU PADA KURIKULUM MERDEKA INDONESIA DAN KURIKULUM PENDIDIKAN JEPANG: PERSPEKTIF PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44168Keywords:
Pendidikan Profesi Guru, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Jepang, Pengembangan Profesionalisme Guru.Abstract
Pendidikan abad ke-21 menuntut pengembangan profesionalisme guru sebagai kunci utama untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pelaksanaan pendidikan profesi guru pada Kurikulum Merdeka di Indonesia dan sistem kurikulum pendidikan di Jepang, dengan perspektif pengembangan profesionalisme guru. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi, menganalisis bagaimana kedua sistem kurikulum tersebut mengelola pengembangan kompetensi dan profesionalisme guru dan dampaknya terhadap kualitas pendidikan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR), yang bertujuan untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mensintesis temuan-temuan dari studi-studi terdahulu yang relevan dengan topik penelitian. Sumber literatur diperoleh dari database seperti Science Direct, Google Scholar, SINTA, dan Scopus yang memberikan perspektif yang lebih luas tentang perbandingan kedua sistem pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Indonesia melalui Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada guru untuk berinovasi, implementasinya masih terkendala oleh kurangnya pelatihan berkelanjutan dan keterbatasan sumber daya, terutama di daerah terpencil. Di sisi lain, Jepang memiliki sistem yang lebih terstruktur dengan penekanan pada pengembangan keterampilan praktis melalui pelatihan berkelanjutan, kolaborasi antar rekan sejawat, dan refleksi diri. Model pendidikan profesi guru di Jepang terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan profesionalisme guru. Temuan ini mengarah pada kesimpulan bahwa meskipun kedua sistem memiliki tujuan yang sama dalam meningkatkan kualitas pendidikan, Indonesia perlu memperkuat sistem pelatihan guru secara berkelanjutan dan terstruktur untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka yang lebih efektif.References
Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Tantangan dan Peran dari Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(1), 219–232.
Bae, C., Lee, J., & Choi, H. (2022). Teacher Professionalism and Education: A Comparative Study of Teacher Development Programs in Korea and the United States. Teacher Development, 26(1), 67-89.
Bourke, T., Dunn, J., & Cavanagh, R. (2018). Teacher Development and Professionalism: Key Drivers for Educational Improvement. Journal of Education and Teacher Development, 43(2), 205-221.
Celik, B. (2017). Professional Development of Teachers in a Global World. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 4(1). https://doi.org/10.23918/ijsses.v4i1p136
Darling-Hammond, L. (2017). Teacher education around the world: What can we learn from international practice? European Journal of Teacher Education, 40(3), 291–309. https://doi.org/10.1080/02619768.2017.1315399
Eliza, D., Sriandila, R., Fitri, D. A. N., & Yenti, S. (2022). Membangun Guru yang Profesional melalui Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Penerapan Profesinya. Jurnal Basicedu, 6(3), 5362–5369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2878
Fukuda, Y. (2015). Lesson Study in Japan: A Tool for Professional Development of Teachers. Journal of Teacher Education, 35(2), 77-89.
Hofmann, A. (2019). The Role of Teacher Education in Enhancing Professionalism in Schools. Education and Policy Analysis, 41(3), 53-70.
Ito, M. (2018). A Comparative Study of Teacher Training in Japan and Other Countries: Lessons Learned and Best Practices. Journal of Teacher Education, 36(2), 91-105.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022).
Kurikulum Merdeka: Pedoman Implementasi dan Pengembangan.
Kyriakides, L., Christoforou, C., & Demetriou, A. (2021). Teacher Professional Development: Approaches and Outcomes for Educational Effectiveness. Educational Researcher, 40(1), 33-47.
Mizuno, K. & Tanaka, M. (2020). "Reforming Teacher Training in Japan: Challenges and
Opportunities". Journal of Educational Development, 15(3), 220-237.
Murkatik, H., Setiawan, F., & Taufik, A. (2020). Challenges of Teacher Education and Pedagogical Professionalism in Indonesia. International Journal of Educational Studies, 19(1), 25-43.
Nada, S., & Alkhawa, H. (2024). Meningkatkan Kesiapan Guru dalam Era Kurikulum Merdeka: Strategi dan Implementasi Penilaian Autentik Terintegrasi Ketrampilan Abad 21. Purbalingga: Eureka Media Aksara.
Pendidikan, K., Teknologi, D. A. N., Standar, B., & Pendidikan, D. A. N. A. (2006). P-2024. In In Vitro Cellular and Developmental Biology--Animal (Vol. 42, Issue ABSTRACT). https://doi.org/10.1290/1543-706x(2006)42[39-ad:p]2.0.co;2
Pharis, G., M. Jenkins, & D. Wade. (2019). Developing Teacher Professionalism: Global Perspectives. Springer.
Rahmafitri, F., Deswita Sekolah Menengah Atas Negeri, E., & Trisoni, R. (2024). Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka dan Implikasinya Terhadap Kualitas Pendidikan. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 45–55. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah/article/view/1050
Ratnasari, M. (2019). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Indonesia: Tantangan dan Prospek. Jurnal Pendidikan, 7(2), 100-112.
Şahin, A., Soylu, D., & Jafari, M. (2024). Professional Development Needs of Teachers in Rural Schools. March.
Sari, D., & Rahayu, M. (2021). Pendekatan Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 115-130.
Sari, D., & El Islami, I. (2022). Teacher Professional Development and Systematic Education in Japan. Journal of Comparative Education, 13(1), 33-45.
Sato, M., & Xu, J. (2020). Developing Teachers’ Professionalism in Japan: The Role of Kyoiku-Jinzai in Teacher Education. Asian Education Studies, 14(4), 103-120.
Sherly, A., et al. (2020). Merdeka Belajar: Flexibility in the Indonesian Education System. Educational Innovations Journal.
Sukmadinata, N. S. (2020). Implementasi Kurikulum dalam Era Digital: Pembelajaran untuk Guru dan Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Supriadi, D. (2021). "Kurikulum Merdeka dan Implikasinya terhadap Kualitas Pendidikan Guru
di Indonesia". Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 24(2), 113-125.
Suryani, N., Muspawi, M., & Aprillitzavivayarti, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 773. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3291
Wyss, J., K. Iwai, & M. Saeki. (2021). Comparing Global Educational Systems and Teacher Training. Education Review.
Zuyyinah. (2022). EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (Hari ke-327). Gurusiana, 6(1), 361–372. https://www.gurusiana.id/read/zuyyinah/article/evaluasi-implementasi-kurikulum-merdeka-hari-ke-327-1449840#:~:text=Evaluasi kurikulum pada satuan pendidikan,data yang valid dan reliabel.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wanti Liku Limbong, Fitriani Fitriani, Nerti Nerti, Burhan Burhan, Ifa Safira, Muh. Syahrul Ago

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.