EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVENT INQUIRY BERBASIS LITERASI DALAM MENINGKATKAN KETERAPILAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK

Authors

  • Carolina Samadhi Universitas Negeri Surabaya
  • Suyono Suyono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32334

Keywords:

Efektivitas Pembelajaran, Argument Driven Inquiry, Keterampilan Argumentasi, Literasi Sains, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  efektivitas pembelajaran  Argument Driven Inquiry berbasis literasi dalam  meningkatkan keterampilan argumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian quasy-experimental dengan desain pretest posttest Non-equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah  kelas XI E 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI E 5 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan pembelajaran memperoleh  nilai 4 dengan kategori terlaksana dengan sangat baik, (2) aktivitas peserta didik dalam pembelajaran pada kedua kelas untuk seluruh aspek dengan kategori sangat baik (3) hasil tes kemampuan argumentasi pada kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Kelas eksperimen terdapat 37 peserta didik yang tuntas belajar kimia dengan  persentase 100%, sedangkan kelas kontrol terdapat 28 peserta didik yang tuntas belajar kimia dengan persentase 75,6%, (4) respon peserta didik terhadap pembelajaran  juga baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran ADI efektif untuk meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik.

References

Abduh, N. K., Sastromiharjo, A., & Anshori, D. S. (2019). Pola Argumentasi pada Genre Teks Eksposisi Karangan peserta didik SMA. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 12(1), 71.

doi:10.26858/retorika.v12i1.7372

Amalia, W. N., Hermansyah, A., & Sumpono. (2019). Studi Perbandingan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Menggunakan Model Kooperatif Tipe Take And Give dan Think Pair Square Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Rejang Lebong. Alotrop, 3(1), 8-14.

https://doi.org/10.33369/atp.v3i1.9026

Candra, Y. P., Djamas, D., & Gusnedi, G. (2016). Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Terpadu Tipe Sequenced Terhadap Kompetensi Peserta didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 3 Pariaman. Pillar of Physics Education, 8(1).

http://dx.doi.org/10.24036/2474171074

Chang, R. (2005). Physical chemistry for the biosciences. University Science Books.

Chen, C., & Osman, K. (2017). Cultivating marginalized children’s scientific literacy in facing the challenges of the 21st century. K-12 STEM Education, 3(1), 167-177.

https://www.learntechlib.org/p/209550/

Eduran, S., Osborne, J, & Simon, J. (2005). The role of argument in Developing Science Literacy. Research and Quality of Science Education. Dordrecht, Nederlands: Spinger.

Fatmawati, D. R., Harlita, & Ramli, M. (2018). Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Peserta didik melalui Action Research dengan Fokus Tindakan Think Pair Share. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 253 – 259.

Inch, E. S., Warnick, B., & Endres, D. (2006). Critical Thinking and Communication: The Use of Reason in Argument. Boston: Pearson Education Inc.

Inkomara, W. Y., & Suyono, S. (2023). Kelayakan Lembar Kegiatan Peserta Didik untuk Melatihkan Keterampilan Argumentasi Melalui Model Argument Driven Inquiry Pada Larutan Penyangga. Jurnal Redoks: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 6(1), 19-26. https://doi.org/10.33627/re.v6i1.1133

Khalida, B. R., & Astawan, I.G. (2021). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas VI SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 182-189. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35552

Kumalasari, M. (2023). Kelayakan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Literasi Sains untuk Mendukung Pencapaian Keterampilan Argumentasi Pada Larutan Penyangga. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya.

Nurmiati, E., Dahlan, D., & Rudi, L. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan Metakognisi Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 6(2), 87-96.

Pallant, A.R. & Lee, H.S. 2014. Constructing Scientific Arguments Using Evidence from Dynamic Computational Climate Models. Journal of Science Education and Technology, 24:378–395.https://doi.org/10.1007/s10956-014-9499-3

Prasasti, Y.R. Suyono & Basuki, A.I. 2012. Pengembangan Instrumen Asesmen Berpikir Kritis Melalui Membaca Untuk peserta didik SD/MI. Jurnal Universitas Negeri Malang

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: ALFABETA

Sampson, Victor, Sharon schleigh. (2013). Scientific Argumentation in Biology: 30 classroom activities, Sampson, Victor and Schleigh, Sharon. National Science Teachers Association Press, (Online). (static.nsta.org diakses pada 25 Juli 2023)

Yulianti, Y., & Saputra, D. S. (2019). Pelajaran Sains di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol 5 No 2, Hal 167-171.

Downloads

Published

2024-07-27

How to Cite

Samadhi, C. ., & Suyono, S. (2024). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVENT INQUIRY BERBASIS LITERASI DALAM MENINGKATKAN KETERAPILAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11175–11181. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32334