UPAYA MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DI SDN 067251
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37064Keywords:
Kebugaran Jasmani, Permainan Tradisional, EngklekAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi efektivitas permainan tradisional engklek dalam meningkatkan kebugaran jasmani. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 yang berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung terhadap aktivitas siswa selama permainan berlangsung, wawancara dengan beberapa siswa untuk mendapatkan informasi terkait dampak kegiatan, serta dokumentasi berupa foto-foto selama kegiatan berlangsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pedoman observasi, panduan wawancara semi-terstruktur, dan alat dokumentasi berupa handphone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan engklek memberikan manfaat yang signifikan bagi kebugaran jasmani siswa, meliputi peningkatan keterampilan motorik, ketangkasan, kekuatan otot, dan daya tahan tubuh. Melalui aktivitas seperti melompat, berganti kaki, dan menjaga keseimbangan, permainan ini membantu siswa meningkatkan kekuatan otot, terutama pada kaki dan panggul. Selain itu, permainan ini juga melatih daya tahan tubuh dan konsentrasi mental siswa, karena mereka harus bertahan dalam posisi tertentu, seperti berdiri dengan satu kaki.References
A, T. P. (2017). Jejak-Jejak Permainan Tradisional Indonesia untuk Pembelajaran Kesenian di SD/MI. UMMPress.
Alaska, A., & Hakim, A. A. (2021). Analisis Olahraga Tradisional Lompat Tali dan Engklek sebagai Peningkat Kebugaran Tubuh di Era New Normal (Studi Literatur). Jurnal Kesehatan Olahraga, 9(3).
Anggono, D. T., & Nurhidayat, N. (2024). Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani. Jurnal Porkes, 7(1), 172–181.
Butsi, E. (2015). Pemanfaatan Etnomatematik melalui Permainan Engklek sebagai Sumber Belajar. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 155–162.
Khabiba, N. L. (2016). Penerapan Permainan. Penerapan Permainan.
Mustafa, P. S., & Masgumelar, N. K. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan dalam Pendidikan Jasmani. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 31–49.
Rumawatine, Z., & Sofatunisa, A. (2024). Buku Ajar Konsep Dasar PJOK. Mega Press Nusantara.
Sainal, M. P. (2018). Buku Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan: Untuk SMA Kelas X Semester 1. Uwais Inspirasi Indonesia.
Sari, F. P., Fahruddin, F., & Rachmayani, I. (2022). Penerapan Permainan Tradisional Engklek dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B di TK Negeri 01 Sembalun Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2146–2151.
Sudiana, I. K. (2014). Peran Kebugaran Jasmani bagi Tubuh. Seminar Nasional FMIPA Undiksha IV, 389–398.
Tapo, Y. B. O., Natal, Y. R., Bile, R. L., Wani, B., Nona, A., & Kolong, M. Y. (2024). Pendampingan Pembelajaran PJOK Interaktif melalui Permainan Tradisional Engklek di SMP Citra Bakti. Jurnal Citra Kuliah Kerja Nyata, 2(1), 1–9.
Wijanarko, B., SW, H. M., Dion, M., & Budianto, R. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Aktivitas Kebugaran Jasmani melalui Permainan Tradisional Kelas VIII B SMP N 2 Surakarta. Journal of Cultural, 1(1), 40–52.
Wiranti, D. A., & Mawarti, D. A. (2018). Keefektifan Permainan Engklek dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nadia Salsabila Putri, Mutiara Putri Nabila, Zahra Mutiara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.