IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.48839Keywords:
Pembelajaran Ekonomi, Project Based Learning, Berfikir KritisAbstract
Guru merupakan ujung tombak pelaksana pendidikan. Keberhasilan guru dalam melaksanakan tugasnya merupakan cerminan dari kinerja guru, dan hal tersebut terlihat dari aktualisasi kompetensi guru dalam merealisasikan tugas profesinya. Pencapaian tujuan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar merupakan tugas utama seorang pendidik. Salah satunya dengan menggunakan pembelajaran berbasis Project Based Learning sebagai suatu pendekatan pembelajaran yang inovatif yang berpusat pada peserta didik. Penyajian tulisan ini didasarkan pada analisis data kepustakaan dengan model analisis deskriptif. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran ekonomi apabila dikembangkan dengan kreatifitas model pembelajaran yang baik akan sangat besar memiliki potensi untuk melatih proses berfikir siswa yang mengarah pada keterampilan berfikir kritis siswa. Keteramplilan berfikir kritis dikembangkan disetiap tahapan pembelajaran Project Based Learning. siswa menjadi terdorong di dalam belajar dan guru berperan sebagai mediator dan fasilitatornya. Metode ini melibatkan siswa dalam eksplorasi, penilaian, interpretasi, dan sintesis informasi untuk menghasilkan suatu produk atau solusi dari proyek yang dikerjakan. Pencapaian tujuan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar merupakan tugas utama seorang pendidik. Salah satunya dengan menggunakan pembelajaran berbasis Project Based Learning sebagai suatu pendekatan pembelajaran yang inovatif yang berpusat pada peserta didik.References
Asari, A., Arifin, A. H., Lubis, M. A., Ismunandar, A., Ashari, A., Agniya, U., Ayunda, W. A., & Pramudyo, G. N. 2023. Manajemen E-Resource. Mafy Media Literasi Indonesia.
A Ismunandar, integrasi interkoneksi profesionalisme pendidik dan implementasi pendidikan karakter, Ta'lim 4 (Universitas muhammadiyah Lampung), 34-49.
A Ismunandar, Paradigma Pengembangan Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan) 1 (1), 45-57
AP Rini, Implikasi era revolusi industry 4.0 terhadap pengembangan kemampuan sumber daya manusia di perguruan tinggi, Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 7 (2), 4831-4837.
Bambang Syahril, 2013. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.
Briant, K. A., Gray L. A., Gallegos P.B., 2005. Performance Theories in Education. Power, Pedagogy and the Politics of Identity. London: Lawrence Erlbaum Associates, Pulicher (LEA).
E. Mulyasa. 2005. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Mensukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosda Karya.
E. Mulyasa. 2012. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.
Greenier, V. T. 2020. The 10Cs of Project-Based Learning TESOL Curriculum. Innovation in Language Learning and Teaching, 14(1), 27–36. https://doi.org/10.1080/17501229.2018.1473405
H. Hasan, A.. Kepemimpinan Transformasional dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jurnal Al Qiyam, Vol 3 (2), 214-222, 2022. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v3i2.285.
Ismunandar, A. "Dinamika Sosial dan Pengaruhnya terhadap Transformasi Sosial Masyarakat". Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3 (2), 205-219. 2020. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v3i2.1810.
Ismunandar, A. "Integrasi interkoneksi pofesionalisme pendidik dan implementasi pendidikan karakter". Ta’lim: Jurnal Agama Islam, 3 (2), 34-49. 2022. https://doi.org/10.36269/ta'lim.v4i1.751.
Ismunandar, A. The Application of Holistic Education as a Model for Integrating Spiritual, Intellectual, and Emotional Growth at MA Darul Ishlah Tulang Bawang: Penerapan Pendidikan Holistik. Zawayatul Fikr: Journal of Islamic Education 1 (1), 25-36.
Jones, F. Mazda & Lord, S. 2006. Developing Effective Teacher Performance. London: Sage Publication Inc.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2007. Landasan Prikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nazara, D. S., Se, M. M., Casriyanti, S. P., Fauzi, H., Trianto, E., Arif Ismunandar, M. M., Raule, J. H., Kes, S. K. M. M., Syamsuddin, A. R., & Jamil, I. M. 2023. Manajemen Sumber Daya Manusia” Teoritis Dan Praktis”. Cv. Mitra Cendekia Media.
Priansa, D.J. 2019. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran Inovatif,. Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: Pustaka. Setia.
Rachman Natawijaya. 2006. Peran Strategis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Jatinangor: Alqaprint.
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sastrohadiwiryo, B. Siswanto. 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional, Jakarta: Bumi Aksara.
Soewadji Lazaruth. 1994. Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya, Yogyakarta: Kanisius, cet. VI.
Sudarwan. 2003. Menjadi Komunitas Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.
Syaiful Sagala. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta.
Tabrani Rusyan dkk. 2000. Upaya Meningkatkan Budaya Kinerja Guru, Cianjur: CV. Dinamika Karya Cipta.
T. Muntoha, CE Wulandari, Effective Strategies for Second Language Acquisition: The Role of Educational Management in Improving Learning Quality, International Journal of Language and Culture 1 (2), 32-38.
W Dalail, dkk. Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendidik melalui Kualifikasi Akademik pada Lembaga Pendidikan, jurnal Promis 5 (1), 46-53.
Yamin, Martinis. 2009. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Tim Gaung Persada Press. Jakarta.
Zakiah Daradjat. 2006. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aang Kurnia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




