MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ayu Widya Fatmawati Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Yohamintin Yohamintin Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Yosi Gumala Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.38609

Keywords:

Discovery Learning, Berpikir Kritis, Pendidikan, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini agar mengevaluasi kemajuan penelitian dengan mengidentifikasi dan mengumpulkan temuan terkait model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Model pembelajaran Discovery Learning merupakan pendekatan yang efektif karena dapat mendorong siswa mencari ilmu secara mandiri, meningkatkan partisipasi dan keterampilan berpikir kritis. Artikel ini menggunakan metode studi literatur dan kajian pustaka untuk menganalisis literatur yang relevan dengan model pembelajaran Discovery Learning yang menekankan dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Data dikumpulkan dengan memeriksa penelitian sebelumnya dan buku-buku yang relevan. Kemudian, data tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Sekitar 30 artikel dari jurnal nasional yang terindeks Sinta ditemukan melalui Google Scholar. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

References

Alawiah, A. L., Damaianti, V. S., & Kosasih, E. (2019). Pengembangan Sikap Kritis Siswa Dalam Kegiatan Berliterasi Di Sekolah. Seminar Internasional Riksa Bahasa.

Annisa, S., & Sukma, E. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar pada Tema 8 Menggunakan Model Discovery Learning.

Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis prestasi belajar matematika pada masa pandemi ditinjau dari minat belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1).

Bahagia, B., & Setiyanti, A. (2021). PERUBAHAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MANSHURIYAH. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2021.

Devi, N. U. K. (2020). Adaptasi Pranata Keluarga Pada Proses Pembelajaran E-Learning Dalam Menghadapi Dampak Pandemi Covid-19. Publicio: Jurnal Ilmiah Politik, Kebijakan Dan Sosial, 2(2), 1–6.

Dewi, P. T. (2023). Motivasi Belajar Peserta Didik Pasca Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 5(1), 12–24.

Edo, M. K. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bajawa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14528–14538.

Elmanisar, V., Utami, B. Y., Gistituati, N., & Anisah, A. (2024). Implementasi Kepemimpinan Adaptif Kepala Sekolah untuk Keberhasilan di Era Disrupsi. Journal of Education Research, 5(2), 2239–2246.

Eriansyah, Y., & Baadilla, I. (2023). Model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 151–158.

Fajri, Z. (2019). Model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SD. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 7(2), 64–73.

Fauzi, M. (2020). Strategi pembelajaran masa pandemi covid-19 stit al-ibrohimy bangkalan. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 5(2), 120–145.

Gunawan, C. I., & Yulita, S. E. (2020). Anomali Covid-19: Dampak Positif Virus Corona Untuk Dunia. IRDH Book Publisher.

Ilhami, A., Wahyuni, S., & Putra, N. D. P. (2023). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning: Sistematik Literatur Review: Improving Students’ Science Process Skills Through Problem-Based Learning Models: Systematic Literature Review. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 12(2), 8–15.

Kamalia, P. U. (2023). Analisis strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik: Systematic literature review. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 178–192.

Karimi, A. F., & Efendi, D. (2020). Membaca korona: Esai-esai tentang manusia, wabah, dan dunia. Caremedia Communication.

Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). model pembelajaran IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.

Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90–98.

Kusuma, J. W., Arifin, S. P., Abimanto, D., Hum, A., Hamidah, M. P., Haryanti, Y. D., Khoiri, A., Evi Susanti, S. E., Khoir, Q., & Ni’ma, M. A. (2023). Strategi pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.

Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep model discovery learning pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar menurut pandangan para ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2189–2198.

Mesra, R. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21.

Moko, V. T. H., Chamdani, M., & Salimi, M. (2022). Penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Inovasi Kurikulum, 19(2), 131–142.

Mulyani, R., & Kurniawan, K. (2023). EKSPLORASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DI KELAS BIPA: TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 701–712.

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “merdeka belajar” perspektif aliran progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147.

Muttaqin, M. F., & Rizkiyah, H. (2022). Efektifitas Budaya Literasi dalam Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 43–54.

Nurhamidah, S. (2022). Problem Based Learning Kiat Jitu Melatih Berpikir Kritis Siswa. Penerbit P4I.

Pangesti, W., & Radia, E. H. (2021). Meta analisis pegaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 281–286.

Panjaitan, W. A., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1350–1357.

Purbonugroho, H., Wibowo, T., & Kurniawan, H. (2020). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Matematika. Maju, 7(2), 503995.

Rachmawati, L. A., Koeswanti, H. D., & Sadono, T. (2021). Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 770–776.

Syafii, A. (2018). Perluasan dan pemerataan akses kependidikan daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal). Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(2), 153–171.

Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif solusi model pembelajaran untuk mengatasi resiko penurunan capaian belajar dalam pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemic covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 80–90.

Wati, L., & Efendi, N. (2022). Studi Literature Penerapan Discovery Learning Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12685–12892.

WH, E. H., Anisa, L. N., Meilani, A. R., Munasyifa, A., Sari, L. N., & Bashoriyah, R. (2023). Manajemen Kelas yang Efektif pada Kelas Indoor dengan Menggunakan Discovery Learning. BIOFAIR, 128–154.

Downloads

Published

2025-04-23

How to Cite

Fatmawati, A. W., Yohamintin, Y., & Gumala, Y. (2025). MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4524–4532. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.38609

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.