PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI MAN 2 MODEL MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46007Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, Ips Terpadu, Model PembelajaranAbstract
Studi ini bertujuan mengeksplorasi dampak model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa di mata pelajaran IPS Terpadu di MAN 2 Model Medan. Studi ini menerapkan paradigma penelitian kuantitatif yang didukung oleh kerangka metodologi deskriptif. Data diperoleh melalui distribusi kuesioner kepada 30 siswa sebagai sampel. Data selanjutnya dianalisis melalui uji normalitas, uji linearitas, dan regresi linear sederhana. Temuan penelitian mengindikasikan adanya hubungan yang signifikan secara statistik antara penerapan model Problem Based Learning (PBL) dan hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih rendah dari 0,05 serta koefisien determinasi sebesar 0,551. Ini menunjukkan bahwa 55,1% variasi dari variabel hasil belajar dapat dihubungkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Keefektifan model Problem Based Learning (PBL) terbukti mampu meningkatkan pemahaman, partisipasi, dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam konteks pendidikan IPS. Dengan demikian, model pembelajaran ini disarankan sebagai opsi progresif dalam proses Pendidikan.References
Dakabesi, D., & Luoise, I. S. Y. (2019). The effectiveness of problem-based learning model to increase the students’ critical thinking skills. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(4), 543–549. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i4.12940
Mallu, S., & Z, U. I. (2024). Problem-Based Learning dalam Kurikulum Merdeka. PT. Mifandi Mandiri Digital.
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335
Novelita, N., & Darmansyah. (2022). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 08(02), 14–20. https://doi.org/10.56304/s0040363622080021
Permata Sari, I., Nanto, D., & Putri, A. A. (2022). Pengaruh Hasil Belajar Pendidikan Fisika Siswa menggunakan Teknik Meta-analisis dengan Model PBL (Problem Based Learning). Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 1(1), 20–28. https://doi.org/10.34306/mentari.v1i1.124
Pertiwi, F. A., Luayyin, R. H., & Arifin, M. (2023). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Meta Analisis. JSE: Jurnal Sharia Economica, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.46773/jse.v2i1.559
Sari, E. P., Sari, M., & Salamah, S. (2024). Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu dan perubahannya Kelas VII. JKIP Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 300–309. https://doi.org/10.55583/jkip.v4i2.816
Sari, M., & Rosidah, A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPS SD. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(1), 8–17. https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.307
Tohri, A., Syamsiar, H., Rasyad, A., Hafiz, A., & Rizkah, R. (2022). Relevansi Metode Pembelajaran Ips Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Di Era Masyarakat Digital. Jurnal Teknodik, 26, 115–128. https://doi.org/10.32550/teknodik.vi.951
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL): EFEKNYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(3), 301–307. https://doi.org/10.11606/issn.2176-7262.v47i3p301-307
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Febriana Krisdayanti Barus, Cindy Andriani, Diana Puspita Ayu, Dwi Susanti, Andi Taufiq Umar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.