PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUKAN VIDEO PEMBELAJARAN REDOKS BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HOTS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47536Keywords:
HOTS, Problem Based Learning (PBL), Canva, Video Pembelajaran, Reaksi Redoks.Abstract
Kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) merupakan komponen penting dalam kurikulum abad ke-21. Namun, di SMA Negeri 1 Idanotae, kemampuan HOTS siswa dalam memahami konsep reaksi redoks masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan video pembelajaran redoks berbasis Canva dalam meningkatkan HOTS siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experimental design) tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen penelitian meliputi tes HOTS, angket respon siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantukan video pembelajaran berbasis Canva meningkatkan HOTS siswa secara signifikan, ditunjukkan oleh nilai signifikansi uji t sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai N-Gain sebesar 0,65 (kategori sedang). Respon siswa terhadap pembelajaran juga sangat positif sebesar 90,83%. Dengan demikian, model ini efektif diterapkan dalam pembelajaran kimia pada materi reaksi redoks.References
Adrian, Q. J., Putri, N. U., Jayadi, A., Sembiring, J. P., Sudana, I. W., Darmawan, O. A., Nugroho, F. A., & Ardiantoro, N. F. (2022). Pengenalan Aplikasi Canva Kepada Siswa/Siswi Smkn 1 Tanjung Sari, Lampung Selatan. J. Soc. Sci. Technol. Community Serv, 3(2), 187.
Astutik, T. P. (2017). Identifikasi Konsep Sukar dan Kesalahan Konsep Reaksi Redoks. Jurnal Zarah, 5(1), 22–28.
Busdayu, Z. A., Rahmawati, N., & Setiadi, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). Journal of Classroom Action Research, 5(4), 449–453.
Fadhli, A. N. (2021). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kimia Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) di SMA Negeri 2 Kuala Nagan Raya).
Ferdiansa, R. A., Miyono, N., Reffiane, F., & Suprihatin, G. (2023). Penerapan Model Problem Base Learning Berbantu “Canva” Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Gajahmungkur 04. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 12099–12110.
Hanifah, N. (2022). Penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi canva dalam meningkatkan hasil belajar kimia. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(2), 226–233.
Hardiansyah, T., Pohan, L. A., & Hasanah, U. (2024). Application of Problem Based Learning Model Assisted by Android Learning Media to Increase High School Students’ HOTS on Redox Reaction Material. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 13(1), 113–122.
Masduriah, H. (2020). Pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL terhadap keterampilan HOTS siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 277–285.
Meilasari, S., & Yelianti, U. (2020). Kajian model pembelajaran problem based learning (pbl) dalam pembelajaran di sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207.
Mukaromah, J. L., Ibnu, S., & Subandi, S. (2020). Dampak Model Pembelajaran BBL-Mind Map terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Kemampuan Awal Berbeda. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(5), 630. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i5.13487
Shidiq, A. S., Masykuri, M., & VH, E. S. (2015). Analisis higher order thinking skills (HOTS) menggunakan instrumen two-tier multiple choice pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan untuk siswa kelas XI SMA N 1 Surakarta. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 2, 159–166.
Tasrif, T. (2022). Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam pembelajaran social studies di sekolah menengah atas. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 10(1), 50–61.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Seniman Mawarni Bawamenewi, Lisa Ariyanti Pohan, Adilah Wirdhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




