MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA SMART APPS CREATOR DI KELAS VIII SMPN 38 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28772Keywords:
Motivasi belajar, Media Pembelajaran WordWallAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas VIII 4 Pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media pembelajaran Smart Apps Creator di SMPN 38 Palembang yang melibatkan 16 peserta didik laki – laki dan 18 peserta didik perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 Maret 2023 – 2 Mei 2024.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2. Penelitian ini menggunakan 6 indikator untuk melihat kemajuan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini juga menggunakan 6 indikator tersebut untuk melakukan observasi dan hasilnya akan di analisis menggunakan metode kualitatif. Hasil yang didapatkan dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Smart Apps Creator pada pra siklus dengan motivasi belajar peserta didik memperole rata rata (50%), siklus 1 mendapatkan rata rata (63%) dan siklus 2 mendapatkan rata rata (80%). Terlihat dari hasil rata rata setiap siklus, peserta didik yang dari pra siklus memiliki motivasi belajar yang kurang, masuk ke siklus 1 mulai ada kenaikan dalam motivasi belajar peserta didik sehingga di siklus 2 motivasi belajar peserta didik meningkat menjadi tinggi setelah menggunaka n model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media pembelajaran Smart Apps Creator pada saat pembelajaran didalam kelasReferences
Ansara, A. D. P., Okra, R., Efriyanti, L., & Musril, H. A. (2023). Perancangan Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis Android Menggunakan Software Smart App Creator (SAC). Intellect: Indonesian Journal of Learning and Technological Innovation, 2(1), 60–76.
Cahyono, D. D., Hamda, M. K., & Prahastiwi, E. D. (2022). Pimikiran abraham maslow tentang motivasi dalam belajar. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(1), 37–48.
Khasanah, K., & Rusman, R. (2021). Development of Learning Media Based on Smart Apps Creator. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1006–1016.
Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Nurchotimah, A. S. I. (2021). Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 10–23.
Putu Ade, Made Surya, Ayu Made, Rulianto, & Trisna Jayantika. (2022). Panduan Lenkap Penelitian Tindakan Kelas (PTK). CV BUDI UTAMA.
Rachmawati, A., & Erwin, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7637–7643.
Siregar, B. J., Ndruru, L., & Tamba, S. P. (2021). Android-based learning media for vocational high school students. International Journal of Natural Science and Engineering, 5(2), 39–48.
Sogianor, S., & Syahrani, S. (2022). Model pembelajaran pai di sekolah sebelum, saat, dan sesudah pandemi. Educational Journal: General and Specific Research, 2(1), 113–124.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, & Supardi. (2021). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Suryani, Ed.; Ed.Revisi, cet 1). Bumi Aksara.
Sukardi. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannnya (Fandy Hutari, Ed.). PT Bumi Aksara.
Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878
Wijaya Hengki. (2021). Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Pendidikan Karakter (Wijaya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nadya Ivena, Alfiandra Alfiandra, Ervinna Hasdawaty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.