PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMKS PAB 4 KLUMPANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41330Keywords:
Matrix, Solusi, Think Pair ShareAbstract
Motif penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) siswa kelas XI SMKS PAB 4 Klumpang terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika berbasis matriks. Model pembelajaran TPS menekankan kerja sama antar siswa dalam memecahkan masalah, karena sebagian besar siswa tidak melupakan pembelajaran sehari-hari untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen dan desain posttest-best study. Sebanyak 45 siswa kelas XI SMKS PAB 4 Klumpang yang dipilih secara acak menjadi subjek penelitian. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TPS dan kelompok benchmark yang menggunakan teknik pembelajaran sehari-hari. Posttest keterampilan pemecahan masalah matematika pada materi matriks menjadi alat yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang besar pada kemampuan berpikir kritis numerik kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok benchmark. Pemeriksaan informasi dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai posttest harian untuk akumulasi eksploratif berubah menjadi lebih tinggi dari lembaga acuan. Model pembelajaran TPS, yang mendorong siswa untuk berpikir serius, berbicara, dan berbagi pikiran ketika memecahkan masalah matematika, dapat memberikan pengaruh ini dalam berbagai pendekatan. Dapat diduga bahwa model pembelajaran Think Pair Provide (TPS) berdampak pada kemampuan berpikir kritis numerik dalam struktur grid siswa kelas XI di SMKS PAB 4 Klumpang.References
Agusta, ES (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Keliling dan Luas Bangun Datar pada Siswa Kelas VII-2 MTSN 28 Jakarta dengan Menggunakan Media Realia. Jurnal Pusat Pendidikan dan Pelatihan Agama Jakarta, 1(1), 43–51.
Alfiana, F., Wahyuningsih, R., & Jamaluddin, J. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dengan Pendekatan TaRL pada Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2800–2804. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1783
Annisa, F., & Marlina, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047–1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.209
Ardiansyah, AS, & Asikin, M. (2023). Konteks STEM: Alternatif Implementasi Pendidikan STEM dalam Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika ke-6. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika ke-6, 6, 111–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Ariawan, R., -, RU, Herlina, S., & Istikomah, E. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran dengan Model Problem Based Learning Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 71–82. https://doi.org/10.30656/gauss.v5i1.3930
Ferdiana, V., & Mulyatna, DF (2020). Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Info Artikel Abstrak. Prosiding Seminar Sains Nasional, 1(1), 442–446.
Junaedi, I. (2019). ISSN : 2598-8719 ( Online ) ISSN : 2598-8700 ( Printed ) Vol . 3 No . 2 Mei 2019 PROSES PEMBELAJARAN EFEKTIF . Ifan Junaedi ISSN : 2598-8719 ( Online ) ISSN : 2598-8700 ( Printed ). JISAMAR, 3(2), 19–25.
Khairunisa, RW, & Basuki. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan CIRC. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 113–124. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.881
Latukau, M., Samad, F., Aly, MIB, Amiruddin, U., & Marasabessy, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Mata Kuliah Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas IV SD Negeri Indomut Kabupaten Halmahera Selatan. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dan Inovasi Pembelajaran, 5(2), 206. https://doi.org/10.24036/jippsd.v5i2.114553
Layali, NK, & Masri. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Treffinger di Sekolah Menengah Atas. Raflesia Journal of Mathematics Education, 05(02), 137–144. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Masni, H., Rahima, A., & Hutabarat, ZS (2021). Implementasi Penanaman Kesadaran akan Pentingnya Soft Skills dalam Forum Pengembangan Kewirausahaan Fkip Unbari. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 9(2), 52–62. https://doi.org/10.24127/pro.v9i2.4512
Mutia, T., Agustina, S., Suroso, & Akhmad, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Geografi. Geodika: Jurnal Studi Ilmu dan Pendidikan Geografi, 4(2), 210–219. https://doi.org/10.29408/geodika.v4i2.2869
Novanti, ST, & Novianawati, N. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas VIII Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Share pada Materi Struktur Bumi dan Perkembangannya. Jurnal Pendidikan Fisika dan IPA (JPFS), 7(1), 16–27.
Novianti, EW, Arcana, IN, & Taufiq, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Instagram pada Pokok Bahasan Grafik Fungsi untuk Siswa SMA. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 333–343. https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8820
Pohan, N., & Siregar, EY (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang di Kelas VIII SMP Negeri 5 Sipirok. MathEdu Journal (Jurnal Pendidikan Matematika), 4(1), 60–65. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1971
Rahmah, S., Rosfiani, O., Basith, A., & Ali, M. (2022). Think-Pair-Share (TPS) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kerjasama Siswa. Jurnal Riset dan Teknologi Pendidikan Indonesia, 114–119.
Rivai, S., & Mohamad, FD (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Penyajian Data di Sekolah Dasar Kelas IV. Aksara: Jurnal Pendidikan Nonformal, 7(2), 685. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.685-712.2021
Sadewo, YD, Purnasari, PD, & Muslim, S. (2022). Filsafat Matematika: Kedudukan, Peran, dan Perspektif Masalah dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pengembangan Inovasi: Penelitian dan Pengembangan, 10(01), 15–28. https://doi.org/10.35450/jip.v10i01.269
Setiawan, Y., & Cahyaningsih, U. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Think Pair and Share terhadap Hasil Belajar Matematika. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 35–39. https://doi.org/10.56916/jp.v2i1.278
Sholihah, DM, Dwi, R., & Mega, SH (2024). Pengembangan Media Congklak Bali pada Materi Perkalian dan Pembagian untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 5(1), 1–10.
Sudarsana, IKG (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 5(3), 176–186. https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.34677
Zaidah, A., & Hidayatulloh, A. (2024). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share (TPS) terhadap Prestasi Belajar. JPIPAS: Jurnal Sains dan Pendidikan IPA (JPIPAS), 1(1), 31–36.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nadia Novianti, Syahrina Annisa P, Ainul Marhamah Hasibuan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.