HUBUNGAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VIII SMPN 4 GUNUNG TALANG

Authors

  • Tawa Luyan Universitas PGRI Sumatra Barat
  • Indriani Nisja Universitas PGRI Sumatra Barat
  • Upit Yulianti Universitas PGRI Sumatra Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34319

Keywords:

Kemampuan Membaca Pemahaman, Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis teks laporan hasil  observasi siswa karena siswa kurang berminat dalam pembelajaran membaca. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan menulis siswa perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut Pertama, mendeskripsikan bagaimana hubungan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi  siswa kelas VIII SMPN 4 Gunung Talang.  Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis teks Laporan hasil observasi siswa kelas VIII SMPN 4 Gunung Talang. Ketiga, mendeskripsikan bagaimana hubungan membaca pemahaman terhadap kemampuan  menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII SMPN 4  Gunung Talang.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif  dengan pendekatan  korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Gunung Talan  yang terdaftar pada tahun 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII.A  yang berjumlah 28 orang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut;Pertama, kemampuan membaca siswa siswa kelas VIII SMP N 4 Gunung Talang  diperoleh  nilai rata-rata hitung 65,32 berada pada rentangan 56%-65% pada skala 10 dengan kualifikasi cukup (C). Kedua, kemampuan menulis teks laporan hasil observasi  siswa kelas VIII SMP N 4 Gunung Talang  diperoleh  nilai rata-rata hitung 75,14 berada pada rentangan 66%-75% pada skala 10 dengan kualifikasi lebih dari cukup (LdC).Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi  siswa kelas VIII SMP N 4 Gunung Talang . Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman mempengaruhi siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi . Hal ini terlihat dari hasil pengujian yang membuktikan bahwa t hitung> dari t tabel yaitu 2,65 > 1,71.

References

Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakir. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Kencana.

Abdulai Kaba dan Ibrahem Narongratsakhet. (2011). Ghazali’s Thoughts on Education. Internal Journal of Arts & Sciences, 160.

Abdurrahmansyah. (2002). Sintesis Kreatif: Pembaharuah Kurikulum Pendidikan Islam Ismail Raji al-Faruqi. Global Pustaka.

Avner Giladi. (1987). Islamic Educational Theories in The Middle Ages: Some Methodological Notes with Special Reference to al-Ghazali. British Society for Middle Eastern Studies, 14(1), 8.

Fatkhul Mubin. (2020). Nalar Bayani, Irfani, dan Burhani dan Implikasinya Terhadap Keilmuan Pesantren. OSFPREPRINT S, 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/ptcse

Hasan Asari. (1999). Nukilan Pemikiran Islam Klasik, Gagasan Pendidikan al-Ghazali. Tiara Wacana.

M. Arifin. (1994). Pendidikan Islam dalam Arus Dinamika Masyarakat: Suatu Pendekatan Filosofis, Pedagogos, Psikologis, dan Kultural. Golden Trayon Press.

M. Iqbal Hasan. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia.

Muhammad al-Ghazali. (2010). Ayyuha al-Walad. Dar al-Basya’ir al-Islamiyah.

________. (n.d.). Ihya’ Ulum al-Din, jld. III. al-Haramain.

Muhammad Jawwad Ridla. (2002). Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam. PT. Tiara Wacana.

Muhammad Munir Sa’d al-Din. (1996). al-Tarbiyah al-Islamiyah inda al-Imam al-Ghazali. Maktabah al-Ashriyah.

Naji Tamer & Abdurrahman ibn Barikah. (n.d.). al-Manahij al-Ta’limiyah wa al-Taqwim al-Tarbawiy. tp.

Oemar Hamalik. (2007). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. PT Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-09-10

How to Cite

Luyan, T. ., Nisja, I. ., & Yulianti, U. . (2024). HUBUNGAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VIII SMPN 4 GUNUNG TALANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13057–13067. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34319