PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL PERI MESTIKE DALAM BUDAYA GAYO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42206Keywords:
Manajemen Pembelajaran, Kearifan Lokal, Peri MetikeAbstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang ditemui pada penyelenggaraan pendidikan dan juga tingginya angka kenalakan remaja saat ini, dan proses pembelajaran masih belum maksimal dalam mengintegrasikan pendidikan karakter terutama berbasis kearifan lokal. Melalui penelitian ini dikembangkanlah sebuah model manajemen pembelajaran berbasis kearifan lokal Peri Mestike dalam Budaya Gayo di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Model ini selanjutnya disebut dengan model manja berakal Peri Mestike. Tujuan pengembangan model manja berakal Peri Mestike ini adalah membantu pendidik untuk mengembangkan potensi mereka dan mewujudkan karakter berbasis kearifan lokal pada peserta didik. Pengembangan model ini mengikuti model 4D. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket untuk memahami dan menerapkan prinsip model manja berakal Peri Mestike ini. Data dianalisis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif sehingga diperoleh buku model manja berakal Peri Mestike yang didalamnya juga dilengkapi panduan untuk Kepala Sekolah dan Guru. Hasil pengembangan ini terdiri dari buku model manja berakal Peri Mestike yang valid, efektif, dan praktis. Buku model ini dapat digunakan oleh Kepala Sekolah dan Guru dalam membantu peserta didik mengoptimalkan kemampuan mereka, dan mengaplikasikan karakter berbasis budaya lokal terutama dalam budaya Gayo. Penelitian ini juga membuktikan bahwa model manja berakal Peri Mestike lebih efektif dibanding model konvesional yang sering digunakan oleh guru terutama dalam pendidikan karakter peserta didik. Dengan demikian model manja berakal Peri Mestike ini dapat dijadikan salah satu model manajemen pembelajaran di sekolahReferences
Abdul Majid, Pendidikan Karakter Persepektif Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011), 42.
Akhmad Muhaimin Azzet, Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia (Jogjakarta: Ar-ruzz Media, 2016), 9
Akker, J. van den, Bannan, B., Kelly, A. E., Nieveen, N., & Plomp, T. (2007). Educational Design Research. http://international.slo.nl/publications/edr/ E
Bern, R., & Erickson, P. (2001). Contextual Teaching and Learning: Preparing Students for the New Economy. 5.
Bloom, B. S. (1974). Time and learning. American Psychologist, 29(9), 682–688. https://doi.org/10.1037/h0037632
Bloom, B.S (ed). (1956). Taxonomy of educational objective: the clasification of educational goals. Handbook I cognitive domain. New York: David McKay Company
Nordhaug, O. 1998.Competence Specificities in Organization.International Studies of Management and Organization.1998, 28 (1).
Nasih, M., & Agtin, D. H. H. (2023). manajemen peserta didik dalam mewujudkan karakter budaya lokal. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID), 5(1), 141–151.
Nurhikmah, N. (2024). educational management functions: planning, organizing, actuating, controlling. INTIHA: Islamic Education Journal, 1(2), 82–91. https://doi.org/10.58988/intiha.v1i2.293
Palangiran, S., Hotner Tampubolon, & Witarsa Tambunan. (2021). Dampak Budaya Toraja terhadap Mutu Pendidikan di Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1389–1393.
Pamenang, F. D. N. (2021). local wisdom in learning as an effort to increase cultural knowledge: students perception as prospective teachers. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 5(1), 93–101. https://doi.org/10.24071/ijiet.v5i1.3050
Putri, R. S. W., Eko Handoyo, Suyahmo, & Arif Purnomo. (2024). The Influence of Character Education on Students’ Learning Achievement at SMP Negeri 1 Seyegan. JURNAL HARMONI NUSA BANGSA, 1(2), 225–234.
Rafia Naz, Gurmeet Singh, Jashwini Narayan, Ashna Prasad, & Kritika Devi. (2015). Management Education in the Era of Globalisation: Challenges, Prospects & the Way Forward for the South Pacific Region. The Journal of Pacific Studies, 35(3), 79–94. R
ukiyati. (2019). tujuan pendidikan nasional dalam perspektif pancasila. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(1), 56–69.
Sharma, N. K. (2012). Globalization Effect on Education and Culture: An Analysis. SSRN Electronic Journal, 1–5. https://doi.org/10.2139/ssrn.2069155
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Gianti Gunawan, dkk. 2017. Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di kabupaten Purwakarta. Humanitas: Vol 1. No.3.
Iswatiningsiha, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis NilaiNilai Kearifan Lokal di Sekolah Satwika. Jurnal Satwika Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 3(2), 155-16. Kementerian Pendidikan Nasional, (2011).
Panduan pembinaan pendidikan karakter melalui pengembangan budaya di sekolah dasar. Jakarta: Kemdiknas.
Kurniawan, M. I . (2015). Tri Pusat Pendidikan sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogia, 4(1), 41-49.
Lestari, Yunu. E. 2018. Peran Strategi Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Disrupsi. Universitas Negeri Semarang.
Lickona, Thomas. (2012). Character Matters: Persoalan Karakter, terj. Juma
Wadu Wamaungu & Jean Antunes Rudolf Zien dan Editor Uyu Wahyuddin dan Suryani. Jakarta: Bumi Aksara.
Lickona, Thomas. (2012). Educating for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter,terj. Juma Wadu Wamaungu dan Editor Uyu Wahyuddin dan Suryani. Jakarta: Bumi Aksara.
Lickona, T. 2013. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Terjemahan Lita S. Bandung: Nusa Media.
Marzuki, Khanifah. Siti. 2010. Pendidikan Ideal Perspektif Tagore dan Ki hajar Dewantara Dalam pembentukan Karakter Peserta Didik. Yogyakarta: Universitas negeri Yogyakarta.
Mohammad. Rizky. 2022. Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Peserta Didik Di Era Pembelajaran Abad 21. Thesis Commons. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zikriatun Ilmi , Muharramsyah Muharramsyah, Iis Marshitah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.