PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI WORD WALL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR1

Authors

  • Gemi Gustiani STKIP Purwakarta
  • Annisa Nurfitrisni STKIP Purwakarta
  • Asep Nurhuda STKIP Purwakarta
  • Ihsan Rizali STKIP Purwakarta
  • Atep Lesmana STKIP Purwakarta
  • Hany Hadayani STKIP Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41723

Keywords:

Wordwall, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang terjadi di SDN Cikondang 06 Garut diantaranya adalah permasalahan motivasi dan rendahnya hasil belajar siswa. Hal itu dapat dilihat dari kurangnya minat belajar siswa dan hasil siswa terhadap pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran wordwall di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Design. Dengan bentuk One-Group Pretest-Postest Designs. Adapun hasil penelitian (1) Penggunaan media pembelajaran wordwall efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar. Hal tersebut dibuktikan dengan Uji Wilcoxon bahwa z = -4,940 dan nilai Asym.Sig (2-tailed)-0,000 karena nilai Asym.Sig (2-tailed) yang dihasilkan lebih kecil dari alpha yang digunakan, yaitu 0,05 maka Ho ditolak atau Ha diterima, (2) penggunaan media pembelajaran wordwall efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar. Hal tersebut dibuktikan dengan Uji Wilcoxon nilai z = -4,939 dan nilai Asym.Sig (2-tailed) = 0,000 karena nilai Asym.Sig (2-tailed) yang dihasilkan lebih kecil dari alpha yang digunakan, yaitu 0,05 maka Ho ditolak atau Ha diterima. dengan demikian, penggunaan media wordwall, efektif memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar sisiwa kelas IV SDN Cikondang 06 Garut.

References

Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja rosdakarya.

Arsyad. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aryani, Niken dan Hartono, Deny. ( 2010). Pembelajaran Multimedia Sekolah. Jakarta : PT. Pustaka Raya.

Darmawan, D.(2014 : 4). Inovasi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Hamalik. (2010). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem.Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono. (2010). SPSS 16.0 Analisis Data Statistik dan Penelitian Edisi Ke-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kunto Aribowo, Eric.Wordwall: Media Pembelajaran Interaktif Mulai dari Quiz, Wordsearch,hingga Anagram (https://www.erickunto.com/2020/11/wordwall-media-pembelajaraninteraktif.html)

Mardi. (2016). Sistem Informasi. Surabaya: Gunung Anyar.

Munir. 2012. Multimedia ( Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan). Bandung : Alfabeta.

Munadi. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Pers.

Sudijono,(2003). Pengantar Evaluasi Pendidikan . Jakarta : Raja Grafindo.

Sugiyono. (2009). Statistik Nonparametris Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Sukardi. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Sundayana, R2010). Statistika Penelitian Pendidikan. Garut : STKIP Press.

Warsita, B (2008). Teknologi Pembelajaran (landasan dan aplikasinya). Jakarta : Rineka Cipta.

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

Gustiani, G., Nurfitrisni, A., Nurhuda, A., Rizali, I., Lesmana, A., & Hadayani, H. (2025). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI WORD WALL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR1. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 985–992. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41723

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.