HUBUNGAN PEMANFAATAN SMARTPHONE SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.37646Keywords:
Smartphone, Sumber Belajar, Prestasi BelajarAbstract
Perkembangan teknologi informasi, khususnya smartphone, telah mengubah lanskap pendidikan secara signifikan. Aksesibilitas tinggi dan beragamnya aplikasi pembelajaran membuat smartphone menjadi alat belajar yang populer di kalangan siswa. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan smartphone yang tepat dapat meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan prestasi belajar siswa. Namun, penggunaan yang berlebihan dapat berdampak negatif seperti gangguan konsentrasi dan penurunan prestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara pemanfaatan smartphone sebagai sumber belajar dengan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif-deskriptif, penelitian ini menganalisis hubungan antara penggunaan smartphone sebagai sumber belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V di SDI Sita-Kaca, pengujian hipotesis memnggunakan Regresi Linear Sederhana. Sample dari penelitian ialah 21 orang Siswa Kelas V, dengan teknik Purposive Sampling. Penelitian yang dilakukan di SDI Sita-Kaca, Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur menunjukan bahwa adanya pengaruh signifikan dan positif, hal ini ditunjukan oleh nilai kofisien korelasi antara pemanfaatan Smartphone dengan prestasi belajar siswa sebesar 8,4% pada uji dua sisi dengan taraf signifikan 0,05. Nilai r = 0,289 adalah bernilai positif. Artinya semakin tinggi pemanfaatan Smartphone dalam proses belajar maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa. Pemanfaatan Smartphone membawa pengaruh bagi prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan Smartphone terlibat aktif dalam kegiatan belajar dengan besar sumbangan 8,4%. Jadi ini dapat diartikan bahwa ada 91,6% faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswaReferences
Abidin, A. A., Cantona, E. Z., Wicaksana, M. A., Annastasya, S., & Sukmana, T. (2023). Dampak Penggunaan Smartphone pada Proses Pembelajaran. EDUCATION: Scientific Journal of Education, 1(2), 124–132. https://journal.csspublishing/index.php/education
Foen Ng, S., Hassan, N. S. I. C., Nor, N. H. M., & Malek, N. A. A. (2017). The Relationship Between Smartphone Use and Academic Performance. Journal of Educational Technology, 5(4), 58–70. www.mojet.net
Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52. https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i1.54
Livingstone, S. (2018). iGen: why today’s super-connected kids are growing up less rebellious, more tolerant, less happy – and completely unprepared for adulthood. Journal of Children and Media, 12(1), 118–123. https://doi.org/10.1080/17482798.2017.1417091
Magdalena, I., Andriyanto, A., & Refaldi, R. R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whatsapp sebagai Solusi di Tengah Penyebaran Covid-19 di SDN Gembong 1. As-Sabiqun, 2(2), 1–16. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i2.998
Maknuni, J. (2020). Indonesian Education Administration and Leadership Journal (IDEAL) Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19 (The Influence of Smartphone Learning Media on Student Learning in The Era Pandemi Covid-19). Indonesian Educational Administration and Leadership Journal , 2(2), 94–106. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/IDEAL
Mariana, E., Novita, N., Wardany, K., & Sari, R. P. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Bagi Orang Tua Kelurahan Sidokerto Kecamatan Bumi Ratu Nuban. Indonesia Berdaya, 2(2), 121–126. https://doi.org/10.47679/ib.2021108
Pandia, I. (2014). The Using of Smartphone in Supporting Student Learning Achievement in SMPN 1 Kubung of Solok District at West Sumatera. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan, 15(2), 122–135.
Plass, J. L., Homer, B. D., & Kinzer, C. K. (2015). Foundations of Game-Based Learning. Educational Psychologist, 50(4), 258–283. https://doi.org/10.1080/00461520.2015.1122533
Senge, W. (2023). Pemanfaatan Smartphone sebagai Media Pembelajaran Mandiri pada Anak di Kabupaten Kupang. PENSOS?: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.59098/pensos.v1i1.942
Syahpitri, S. A. (2021). ANALISIS PEMANFAATAN SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 6 MEDAN [UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN]. http://repository.uinsu.ac.id/11784/1/SKRIPSI Suci Amelia Syahpitri %28TBIO16%29.pdf
Wardana, T. A., & Andarwati, M. (2021). Analisis Penggunaan Media Belajar Smartphone terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Peserta Didik SDN Kalisongo 3 Kabupaten Malang. Seminar Nasional Sistem Informasi, 5, 1–15.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yohannes Marryono Jamun, Zephisius Rudiyanto Eso Ntelok, Mariana Jediut

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.