IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42887Keywords:
Kecerdasan Buatan, Pembelajaran STEM, Literasi SainsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk meningkatkan literasi sains mahasiswa. Seiring dengan berkembangnya teknologi, AI memberikan potensi besar untuk mendukung pembelajaran yang lebih personal dan adaptif. Melalui metode studi literatur, penelitian ini mengkaji berbagai sumber terkait implementasi AI dalam pendidikan STEM dan dampaknya terhadap peningkatan literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran sains, mempercepat pemahaman konsep, serta memberikan umpan balik instan yang sangat penting untuk meningkatkan keterampilan sains mahasiswa. Namun, penelitian juga mengidentifikasi beberapa kendala, seperti infrastruktur yang belum memadai, kurangnya pelatihan untuk pengajar, dan resistensi terhadap perubahan metode pembelajaran tradisional. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa belum banyak model pembelajaran berbasis AI yang secara khusus dirancang untuk pendidikan tinggi di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan pengembangan model pembelajaran berbasis AI yang lebih terintegrasi dan disesuaikan dengan karakteristik pendidikan tinggi untuk meningkatkan literasi sains mahasiswa. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran berbasis teknologi yang lebih efektif dan relevan di perguruan tinggi.References
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. Pearson.
Beers, B. (2011). 21st century skills: Preparing students for their future. Kappa Delta Pi Record, 47(2), 44-48. https://doi.org/10.1080/00228958.2011.10516515
Chou, P. N., Tsai, C. C., & Hsieh, H. P. (2021). The impact of STEM education on students' motivation and performance in science and engineering. Educational Technology & Society, 24(3), 25-38. https://www.jstor.org/stable/10.2307/26926837
Puntambekar, S. (2014). Scaffolding learning in STEM: A framework for using AI to foster metacognitive and collaborative skills. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 24(4), 385-412. https://doi.org/10.1007/s40593-014-0030-2
Woolf, B. P. (2010). Building intelligent interactive tutors: Student-centered strategies for revolutionizing e-learning. Morgan Kaufmann.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Arsyad, Taryana Taryana, Rizky Brehnaputrifajar Khaerudin, Rino Lengam, Feri Sanjaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.