PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE SNOWBALL THROWING DIPADUKAN MEDIA E-COMIC PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41280Keywords:
Snowball Throwing, E-Comic, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode belajar Snowball Throwing yang dipadukan dengan media E-Comic. Subjek dalam penelitian ini adalah rombongan kelas XI SMA Negeri 8 Gowa dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan tes angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1). Pada siklus I presentase motivasi belajar siswa yaitu 71%, dimana data ini berada dalam kategori tinggi, sedangkan hasil belajar siswa memiliki rata-rata nilai 66,25 dengan presentasi ketuntasan 53% atau 19 dari 36 siswa yang tuntas. 2) pada siklus II presentase motivasi belajar siswa mencapai 79% dimana nilai ini berada dalam kategori tinggi, sedangkan hasil belajar siswa, terdapat 78% siswa yang tuntas atau 28 dari 36 siswa. Dengan nilai rata-rata 76. Dengan demikian, hipotesis penelitian dapat diterima bahwa penggunaan metode pembelajaran Snowball Throwing dipadukan media E- Comic dapat membuat motivasii dan hasil belajar siswa menjadi lebih optimal dalam pembelajaran Biologi di Kelas XI SMA Negeri 8 GowaReferences
Arifin, Z., & Handayani, W. (2021). Penerapan Snowball Throwing untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa. Jurnal Pendidikan Kreatif, 3(1), 10-19.
Fadillah, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Biologi dengan Metode Kooperatif. Jurnal Pendidikan, 15(2), 45-52.
Huda, M. (2018). Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Iskandar, M., & Putra, A. (2022). Penggunaan Media E-Comic untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 10(3), 145-160.
Nugraha, A. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Digital untuk Generasi Milenial. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 34-42.
Prasetyo, H. (2022). Pemanfaatan Media E-Comic dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(4), 200-210.
Rahmawati, S., & Santoso, D. (2021). Efektivitas E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Kreatif, 12(2), 85-98.
Suprijono, A. (2019). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Jakarta: Gramedia.
Trianto. (2017). Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Kencana.
Yusuf, M., & Nur, S. (2019). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Sains dan Pendidikan, 7(3), 120-130.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Harti Oktarina, Nuning Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.