ANALISIS KEMAMPUAN STATISTIK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PERUMAHAN PKS PT.BPLP KECAMATAN ENOK KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Authors

  • Resty Trisca Anggraini Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau
  • Yeni Solfiah Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau
  • Hukmi Hukmi Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1388

Keywords:

Kemampuan Statistik, Anak Usia 4-5 Tahun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan statistik anak usia 4-5 tahun di Perumahan PKS PT.BPLP Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir. Populasi pada penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di Perumahan PKS PT.BPLP Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir dan sampel pada penelitian ini berjumlah 7 orang anak yaitu 6 anak laki-laki dan 1 anak perempuan. Dalam pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan lembar observasi dan wawancara. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan persentase. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan berdasarkan analisis dalam pengelolaan data dan hasil persentase rekapitulasi dapat dilihat bahwa kemampuan statistik anak usia 4-5 tahun di Perumahan PKS PT.BPLP Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir yaitu berjumlah 79 dengan rata-rata 70,54 % dengan kategori berkembang sesuai harapan.

Author Biographies

Resty Trisca Anggraini, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau

Yeni Solfiah, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau

Hukmi Hukmi, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau

References

Apriyansyah, C. (2018). PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA PERMAINAN. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 5(1), 46–63.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 152–159.

Copley, J. V. (2000). The young child and mathematics. ERIC.

Dodge, D. T. (1988). The Creative Curriculum for Early Childhood. ERIC.

Krogh, S. L., & Morehouse, P. (2020). The early childhood curriculum: Inquiry learning through integration. Routledge.

Priatna, T. (2019). Disrupsi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dunia Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN Sunan Gunung Djati.

Purwanto, N. (2006). Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Smith, S. S. (2009). Early Childhood Mathematics.

Supatmono, C. (2009). Matematika asyik. Jakarta: Grasindo.

Ulandari, V., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengklasifikasi melalui Bermain Konstruktif Sifat Padat. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 127–132.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Anggraini, R. T., Solfiah, Y., & Hukmi, H. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN STATISTIK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PERUMAHAN PKS PT.BPLP KECAMATAN ENOK KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 375–383. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1388

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>