PENGEMBANGAN MEDIA TRACKBALL UNTUK KEMAMPUAN MENGENAL GRAFIK ANAK USIA 5-6 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1215Keywords:
Media Pembelajaran Trackball, Kemampuan Mengenal GrafikAbstract
Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran Trackball untuk meningkatkan kemampuan mengenal grafik anak usia 5-6 tahun yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan model pengembangan yang digunakan menurut Sugiyono. Pada penelitian ini, peneliti hanya melakukan 6 tahap yaitu mengetahui masalah atau potensi, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan pembuatan produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Angket digunakan saat melakukan validasi ahli materi, ahli media, dan ahli pendidik. Rata- rata penilaian validator ahli materi sebesar 91,43 % dengan tingkat validitas sangat valid, kemudian rata-rata penilaian ahli media sebesar 95% dengan tingkat validitas sangat valid dan kemudian hasil rata rata penilaian ahli pendidik sebesar 95,4% dengan tingkat validitas sangat valid.References
Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Asmariani, A. (2016). Konsep media pembelajaran PAUD. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).
Astuti, E. M., Novianti, R., & Febrialismanto, F. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA ANIMALS MANIPULATIFE LOTTO PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ALFARIZKY KIDS KABUPATEN KAMPAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 97–107.
Fauzi, I., & Kantono, S. (2013). Kurikulum dan bahan ajar PAUD; untuk guru paud, dosen, mahasiswa dan para praktisi pendidikan. Superior.
Guslinda, S. P., & Kurnia, R. (2018). Media pembelajaran anak usia dini. Jakad Media Publishing.
Henniger, M. L. (2013). Teaching young children: An introduction, 5th edition. In USA Education. Inc:Pearson.
Herbudiati, E. (2015). KEEFEKTIFAN ANTARA BERMAIN STATISTIKA DAN BERMAIN POLA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI KARANGTENGAH. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Khadijah, K. (2015). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Perdana Publishing.
Ronald, S. (2006). Satistik Pendidikan. jakarta, grasindo.
Sari, N. M., Yetti, E., & Hapidin, H. (2020). Pengembangan Media Permainan Mipon’s Daily untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 831–839.
Saurina, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Iptek, 20(1), 95–108.
Solfiah, Y., & Indarto, W. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN SISA TERHADAP KEMAMPUAN STATISTIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK LABOR FKIP UNIVERSITAS RIAU. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 6(2), 153–159.
Sugiyono, P. D. (2013). Statistik untuk Penelitian. CV. Alvabeta Bandung.
Sukma, A., Kurnia, R., & Febrialismanto, F. (2020). Pengaruh Media Alphabet Smart terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(1), 29–35.
Suyadi, M. P. I. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia.
Ulfah, M., Nurhayati, E., & Abyati, H. (2019). Pengembangan Media Box of Number Berbasis Tematik untuk Pembelajaran Matematika Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. AL-ATHFAL: JURNAL PENDIDIKAN ANAK, 5(2), 151–168.
Wiyani, N. A. (2014). Psikologi perkembangan anak usia dini. In Yogyakarta: Gava Media.
Yuliana, A. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PONTUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKUKAN PENJUMLAHAN ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Karya Inovatif di wilayah kelurahan serdang Jakarta Pusat). UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Zosh, J. N., Hopkins, E. J., Jensen, H., Liu, C., Neale, D., Hirsh-Pasek, K., Solis, S. L., & Whitebread, D. (2017). Learning through play: a review of the evidence. LEGO Fonden.