PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE EKSPERIMEN SAINS DI PAUD BERSAMA BUNTURAJA KECAMATAN SIEMPATNEMPU KAB. DAIRI

Authors

  • Titin Novika Sari Lumbantoruan Universitas Negeri Medan
  • Peny Husna Handayani Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50253

Keywords:

Eksperimen Sains, Kemampuan Mengenal Warna, Anak Usia Dini, PAUD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan mengenal warna pada anak usia 5–6 tahun melalui metode eksperimen sains di PAUD Bersama Bunturaja, Kecamatan Siempatnempu, Kabupaten Dairi. Kemampuan anak dalam mengenali dan membedakan warna belum tertimulus dengan baik melalui kegiatan konvesional yang biasa seperti menggunakan pensil warna. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 18 anak. Perlakuan diberikan melalui tiga kegiatan eksperimen sains, yaitu lampu pelangi, kapilaritas air berwarna menggunakan sawi, dan pencampuran warna melalui kegiatan finger painting. Data dikumpulkan menggunakan observasi terstruktur melalui lembar observasi kemampuan mengenal warna. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari 18,9 (kategori cukup) pada pretest menjadi 28,2 (kategori baik) pada posttest. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test, diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan diberikan (p < 0,05). Dengan demikian, metode eksperimen sains disarankan untuk dilakukan dalam menstimulus kemampuan mengenal warna pada anak usia dini.

References

Anisa, & Hidayati, I. (2023). E9fektivitas Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna pada Anak Usia Dini. Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Dewi, G. K., Dewi, A. S., Nurhayati, E., & Rahamawati, E. (2021). Finger Painting Sebagai Upaya Pengenalan Warna dan Pengembangan Motorik Halus Pada Anak PAUD Mantriwirya Surabaya. JURNAL PADI (Pengabdian Masyarakat Dosen Indonesia), 4(2), 45–52.

Diputera, A. M. (2022). Statistik Pendidikan Analisis Asesmen Menggunakan Jamovi. CV. Bintang Semesta Media.

Diputera, A. M., Eza, G. N., & Zulpan. (2024). Memahami konsep pendekatan deep learning dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal Bunga Rampai UsiaEmas,10(2).https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jhp/article/view/65978

Eza, G. N., & Sembiring, P. U. B. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis problem solving pada tema profesi untuk anak usia5–6 tahun. Jurnal Usia Dini, 10(1). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jud/article/view/52275

Fitri, N. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Prenada Media.

Fitriani, Herman, & Zainuddin Isnawati (2021). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Sains Sederhana Kelompok B TK Ananda Makassar. Jurnal Profesi Pendidikan, 3(1)

Hamdayana, J. (2017). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Handayani, P. H., Gandamana, A., & Farihah. (2017). Pengembangan kreativitas anak usia dini dalam keluarga. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 15(2), 46–56. https://doi.org/10.24114/jkss.v15i2.8774

Handayani, P. H., Marbun, S., & Srinahyanti. (2019). Validitas bahan ajar sains berorientasi literasi sains untuk anak usia dini. Elementary School Journal (ESJ), 9(4), 327–334.

Hariyani, I. (2018). Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 45-56.

Harjanty, D. (2018). Penggunaan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 35-42.

Kamtini, Tanjung, S. H., & Eriani, E. (2021). "Mengenalkan Warna Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Anak Usia Dini." Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(02), 81-90. https://doi.org/10.46963/mash.v4i02.233

Virganta, L, A., Nainggolan, L. L., Simanjuntak, J., & Anggraini, E. S. (2022). Analisis Metode Eksperimen Sains melalui Kegiatan Pencampuran Warna pada Anak Usia 5–6 Tahun di TK Taruna Andalan. Jurnal Usia Dini, 8(1), 1–7.

Masruroh, U., & Imam, S. (2022). Asesmen Perkembangan Kognitif dengan Metode Eksperimen Melalui Kegiatan Pencampuran Warna. Journal of Early Childhood and Character Education, 2(2), 2141-2143. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/joecce/article/view/10408

Meryana, Fauzi., Ifrianti, S. & Nopriansyah,U 2021. “Pengaruh Metode Discovery Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Kalirejo Lampung Tengah.”

Nainggolan, E., Koswojo, J., & Takumansang, R. C. (2023). Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Melalui Metode Eksperimen. Community Development Journal, 4(2), 2078-2083.

Nugroho, A. (2015). Jenis-jenis warna dan penerapannya dalam pembelajaran anak usia dini. Jakarta: Penerbit ABC.

Nursyam, & Aisyah, S. (2020). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Mengenal Warna pada Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 145-158.

Nurwati. (2019). "Pengenalan Warna di Sentra Bahan Alam." Dalam Hidayati, dkk. (2020). Kajian Teori Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas PendidikanIndonesia. https://repository.upi.edu/77678/2/S_PGPAUD_1802196_Chapter1.pdf

Permendikbud Ristek Nomor 7 Tahun 2022 tentang Standar Isi pada Pendidikan Anak Usia Dini

Santrock, J. W., & Yussen, S. R. (2019). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Sari, D. P. (2021). "Pengembangan Kemampuan Mengenal Warna Anak Usia Dini Melalui Media Water Beads." Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan AnakUsiaDini,5(1). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/8428/5521

Sari, N. S., & Syafi'i, I. (2021). Peningkatan Minat Belajar Anak pada Pembelajaran Sains melalui Metode Eksperimen di RA Qurrata A’yun. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 1(1), 16-25. https://izzan.journal-sabili.net/index.php/JM/article/view/16

Sugiyono, (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R& D. Bandung:Alfabeta, Cv.

Supriatin, A., & Anita, I. W. (2023). Pendampingan Siswa dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Sains melalui Eksperimen Hujan Pelangi di Rumah Literasi. Jurnal Sipissangngi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 245-250. https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi/article/view/3240

Ulfa, M., & Aridhona, J. (2022). Psikologi Anak Berbakat. Banda Aceh: Syiah KualaUniversityPress.https://books.google.com/books/about/Psikologi_Anak_Berbakat.html?id=7vxjEAAAQBAJ

Wardani, A. R. K. (2021). 10 Eksperimen Sains Sederhana, Anak Pasti Suka!. Jurnal Bermain. https://jurnalbermain.com/eksperimen-sains-sederhana/

Wardani, A. R. K. (2023). 10 Eksperimen Sains Sederhana, Anak Pasti Suka! Jurnal Bermain.https://jurnalbermain.com/eksperimen-sains-sederhana/?utm_source

Wulan, D. S. A. (2021). Peningkatan kecerdasan naturalis melalui media realia di TK Al Hidayah Kabupaten Langkat. Jurnal Usia Dini, 7(1), 1–12.

Yusuf. M (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2025-08-28

How to Cite

Lumbantoruan, T. N. S., & Handayani, P. H. (2025). PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE EKSPERIMEN SAINS DI PAUD BERSAMA BUNTURAJA KECAMATAN SIEMPATNEMPU KAB. DAIRI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7463–7474. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50253

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.