PENGEMBANGAN MEDIA SMART PRAYER MAT UNTUK KEMAMPUAN TATACARA SHALAT BAGI ANAK USIA 5-6 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46705Keywords:
Media, Smart, Prayer Mat, Shalat, AnakAbstract
Pendidikan anak usia dini dapat dilakukan dengan cara memberikan rangsangan pendidikan kepada anak untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak siap dalam memasuki pendidikan yang lebih lanjut. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di TK Pautan Hati Sungai tambang, ditemukan beberapa permasalahan yaitu: 1) masih ada anak yang belum mengenal gerakan shalat secara berurutan, 2) kurang lancarnya bacaan shalat pada anak, 3) kurangnya minat anak pada saat praktek pelaksanaan shalat, 4) media yang disediakan untuk praktek shalat kurang menarik. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan pengetahuan tata cara shalat pada anak usia 5-6 tahun yaitu dengan menggunakan media Smart Prayer Mat.. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research And Development (R&D) dengan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan observasi dan wawancara dengan data akhir berupa angket. Subjek dalam penelitian ini yaitu seorang ahli media dosen PG PAUD FKIP UNRI, 5 orang pendidik, dan 10 orang anak yang berusia 5-6 tahun. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari tiga instrumen yaitu validasi instrumen kelayakan materi, instrumen kelayakan media, instrumen kelayakan respon pendidik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian media Smart Prayer Mat dalam meningkatkan kemampuan tata cara shalat pada anak usia 5-6 tahun dinyatakan “sangat layak”. Berdasarkan hasil perolehan tersebut, maka media Smart Prayer Mat layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan tata cara shalat bagi anak usia 5-6 tahun.References
ALbdullalh, F. (2019). Fenomenal Digitall Eral Revolusi Industri 4.0. Jurnall Dimensi DKV Seni Rupal Daln Desalin, 4(1), 47–58.
ALkbalr, T. . AL., & Munalndalr, AL. (2019). Peralncalngaln Video Profil Prodi S-1 Teknik Informaltikal Universitals Ubudiyalh Indonesial Sebalgali Medial Informalsi Daln Promosi Berbalsis Visuall Effect. Journall of Informaltics alnd Computer Science, 4(2), 57.
ALmri Ristaldi, F. (2017). Pengembalngaln medial daln vallidalsi medial TALS. Universitals Negeri Yogyalkalrtal.
ALnik Lestalriningrum. (2014). Pengalruh Penggunalaln Medial Vcd Terhaldalp Nilali-Nilali ALgalmal Daln Morall ALnalk. PG PALUD Universitals Nusalntalral PGRI Kediri, 8.
ALrifin, J., Zulital, L. N., & Hermalwalnsyalh, H. (2016). Peralncalngaln Murottall Otomaltis Menggunalkaln Mikrokontroller ALrduino Megal 2560. Jurnall Medial Infotalmal, 12(1), 89–98.
ALsmalrialni. (2016). Konsep Medial Pembelaljalraln PALUD. Jurnall ALl-ALfkalr, 1, 1.
Desi Pristiwalnti, Bali Baldrialh, Sholeh Hidalyalt, R. S. D. (2022). Pengertialn Pendidikaln. Jurnall Pendidikaln Daln Konseling, 4, 6.
Faldilalh, AL. D., Rizki Nurzalkiyalh, K. D., DR, AL. K. N., & Setialwaln, Usep, S. (2023). Pengertialn Medial, Tujualn, Fungsi, Malnfalalt daln Urgensi Medial Pembelaljalraln. Journall of Student Resealrch (JSR), 1(2), 01–17.
Falridal. (2014). Upalyal Mengoptimallkaln Perkembalngaln ALnalk Usial Dini. Thufulal, 2(1).
Faltoni, AL., & Rendral, D. B. (2014). Peralncalngaln Prototype Sistem Kendalli Lalmpu Menggunalkaln Halndphone ALndroid Berbalsis ALrduino. Prosisko, 1(September), 23–29.
Fitrial, AL. (2014). Penggunalaln Medial ALudio Visuall Dallalm Peroses Pembelaljalraln. Calkralwallal Dini, 5((2)), 57–63.
Guslindal, & Kurnial, R. (2018). Medial Pembelaljalraln ALnalk Usial Dini. In Jalkald Publishing Suralbalyal. CV Jalkald Publishing Suralbalyal.
Halmdaln, AL. (2019). Peralncalngaln ALplikalsi Taltal Calral Wudhu Daln Shallalt Berbalsis ALndroid. Jurnall Perencalnalaln, Salins, Teknologi, Daln Komputer, 2(1), 96–107.
Halrisal, AL., Ubalidillalh, AL., ALlalm, M., & Ralchmalwalti, U. (2022). Efektivitals Medial ALudio dallalm Mengenallkaln Geralkaln Sholalt paldal ALnalk Usial Dini. El-ALthfall : Jurnall Kaljialn Ilmu Pendidikaln ALnalk, 2(02), 120–134.
Hermalwaln, R. (2018). Pengaljalraln Sholalt Paldal ALnalk Usial Dini Perspektif Haldis Nalbi Muhalmmald Salw. INSALNIAL : Jurnall Pemikiraln ALlternaltif Kependidikaln, 23(2), 282–291.
Hidalyalt, F., & Nizalr, M. (2021). Model ALddie (ALnallysis, Design, Development). Jurnall Inovalsi Pendidikaln ALgalmal Islalm (JIPALI), 1(1), 28–38.
Kinalnti, G. AL., & Malvialnti, M. (2023). Teknik Pengenallaln Balcalaln daln Geralkaln Shallalt paldal ALnalk. Journall on Educaltion, 5(3), 7406–7417.
Lalhmudin Lubis, Yusnalili Budialnti, F. N. (2020). ALktivitals Medial ALudio Visuall DallalmMeningkaltaln Kemalmpualn Solalt ALnalk Usial Dini ALutis Di Raludhaltul ALtfhall ALr-Ralhmalh Kecalmaltaln Medaln Johor Effectiveness. Jurnall Diversital, 6(2), 270–276.
Lesmalnal, AL. (2023). Upalyal Guru Fiqih Dallalm Meningkaltkaln Kuallitals Shallalt Berjalmalalh Pesertal Didik Sekolalh Menengalh Pertalmal Mal’alrif 8 Sendalng ALgung Keluralhaln Sendalng ALgung Kalbupalten Lalmpung Tengalh. Unisaln Journall Jurnall Malnaljemen & Pendidikaln, 02(07).
Luh, N., & Ekalyalni, P. (2017). Pentingnyal Penggunalaln Medial Pembelaljalraln Untuk Meningkaltkaln Prestalsi Belaljalr Siswal. Jurnall Falkultals Ilmu Pendidikaln Universitals Pendidikaln Galneshal, 1(02).
M. ALbdillalh Subhin. (2017). Membentuk ALkhlalqul Kalrimalh paldal ALnalk dallalm Perspektif Pendidikaln Islalm. Edukalsi, 05(01), 047–073.
Malghfiroh, S., & Suryalnal, D. (2021). Medial Pembelaljalraln untuk ALnalk Usial Dini di Pendidikaln ALnalk Usial Dini. Jurnall Pendidikaln Talmbusali, 5, 1.
Malhmudal, S. (2018). Medial Pembelaljalraln Balhalsal ALralb. Medial Pembelaljalraln Balhalsal ALralb, 20(01), 130–138.
Malilyal. (2021). Penalnalmaln nilali algalmal daln morall melallui shallalt dhuhal untuk alnalk usial 5-6 talhun di palud bijeh maltal pomal. Universitals Islalm Negeri ALR-Ralniry Dalrussallalm.
Novitalsalri, Y., & Faluziddin, M. (2020). Perkembalngaln Kognitif Bidalng ALuditori paldal ALnalk Usial Dini. Jurnall Obsesi : Jurnall Pendidikaln ALnalk Usial Dini, 5(1), 805.
Nuryalti, N., Malslialti, T., & Juhalrialh, J. (2022). Upalyal Meningkaltkaln Kemalmpualn Balcalaln Shallalt Melallui Metode Pembialsalaln. Jurnall Raludhalh, 10(2), 1–11.
Ralhmaltunnisal, S., Salri, D. AL., & Nurhalyalti, S. (2020). Peningkaltaln Kemalmpualn Shallalt ALnalk Usial 5-6 Talhun Melallui Film ALnimalsi Dodo Syalmil. Southealst ALsialn Journall of Islalmic Educaltion, 3(1), 77–96.
Ridalrmin, R., Faluzalnsyalh, F., Elisalwalti, E., & Pralsetyo, E. (2019). Prototype Robot Line Follower ALrduino Uno Menggunalkaln 4 Sensor Tcrt5000. Jurnall Informaltikal, Malnaljemen Daln Komputer, 11(2), 17.
Rosbialnti, Malrmalwi, R, H. (2020). Geralkaln Shallalt, Pralktik Lalngsung. Jurnall Pendidikaln ALnalk Usial Dini, 10, 1–12.
Salputral, AL. (2018). Pendidikaln ALnalk paldal Usial Dini. ALt-Tal’dib Jurnall Ilmialh Pendidikaln ALgalmal Islalm, 10(2).
Salputri, N. E., Novialnti, R., & Febriallismalnto, F. (2022). Pengembalngaln Medial Puzzle Shallalt Edukaltif dallalm Meningkaltkaln Kemalmpualn Ibaldalh Shallalt ALnalk Usial 5-6 Talhun. Journall of Educaltion Resealrch, 2(1), 26–36.
Salri, K. Y., & Tegeh, I. M. (2022). Medial Permalinaln Kalrtu Kaltal Bergalmbalr Berbalsis Power Point Meningkaltkaln Keteralmpilaln Membalcal ALnalk Usial Dini. Jurnall Pendidikaln ALnalk Usial Dini Undikshal, 10(1), 58–66.
Sekalr, O. :, & Nurhaldi, P. (2021). Kemalmpualn Shallalt ALnalk Usial 5-6 Talhun Di Lingkungaln Rt 07 Desal Tirtomalrtalni ALbility To Praly Children ALged 5-6 Yealrs in 7Th Neighbourhood Tirtomalrtalni Villalge. Jurnall Pendidikaln ALnalk Usial Dini, 6(10), 447–452.
Simin, F., & Jalfalr, Y. (2020). Meningkaltkaln Kemalmpualn Menceritalkaln Isi Balcalaln Melallui Pendekaltaln Komunikaltif Paldal Siswal Kelals IV di SDN 1 Limboto Balralt Kalbupalten Gorontallo. ALksalral: Jurnall Ilmu Pendidikaln Nonformall, 4(3), 209.
Susi Dalrihalstining, S. N. AL. (2020). Penggunalaln Medial ALudio Visuall Berbalsis Kealrifaln Budalyal Lokall paldal ALnalk Usial Dini. Jurnall Obsesi : Jurnall Pendidikaln ALnalk Usial Dini, 5(2), 1594–1602.
Switri, E., & Salfrinal, S. (2019). Pembinalaln Ibaldalh Shallalt (Taltal Calral Shallalt) Paldal TPAL Zuryalti. Jurnall ALnaldalral Pengalbdialn Kepaldal Malsyalralkalt, 1(2), 2.
Ulal ALl Etivalli, AL., & PS, B. K. (2019). Pendidikaln Paldal ALnalk Usial Dini. Jurnall Penelitialn Medaln ALgalmal, 10, 2.
Zalhro ALzhalri, AL., Halndalyalni, R., & Salfiral, D. (2023). Peraln Guru Dallalm Membimbing Ibaldalh Sholalt Paldal ALnalk Usial Dini Di Ral Dalrul Ikhlals. In Journall ALbility : Journall of Educaltion alnd Sociall ALnallysis (Vol. 4, Issue 2). https://pusdikral-publishing.com/index.php/jesal
Zalini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnyal Medial Pembelaljalraln Untuk ALnalk Usial Dini. Raludhaltul ALthfall: Jurnall Pendidikaln Islalm ALnalk Usial Dini, 1(1), 81–
Zukhal Illyunidal. (2021). Pengalruh Smalrt Saljaldalh Terhaldalp Perkembalngaln Balhalsal Paldal Ballital Usial 36-48 Bulaln Di Desal Jogoloyo Kecalmaltaln Wonosallalm. Universitals Islalm Sultaln ALgung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Salsabila Ramadhan, Ria Novianti, Enda Puspitasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.