PENGARUH PEMBERIAN TERAPI HYPNOPARENTING TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK DALAM BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP TUGAS SEKOLAH DAN PERUBAHAN SIKAP POSITIF PADA ANAK USIA PAUD MERAK DI DESA BANYPUTIH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39535Keywords:
Hypnoparenting, perkembangan anak, Sikap Tanggung JawabAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian terapi hypnoterapi terhadap perkembangan anak dalam bertanggung jawab terhadap tugas sekolah dan perubahan sikap positif pada anak usia Paud di desa merak Menurut WHO (2017), sebanyak 35-50% anak usia 4 – 5 tahun mengalami keterlambatan dalam perkembangannya, pada cakupan perkembangan saja sekitar 5-25% dapat mengalami keterlambatan perkembangan umum atau global developmental delay. Menurut Kemenkes Indonesia Berdasarkan hasil skrining perkembangan anak yang dilakukan pada 30 provinsi didapatkan sebanyak 45% balita di Indonesia mengalami gangguan perkembangan, baik perkembangan motorik halus dan kasar, sosial kemandirian, kecerdasan kurang dan keterlambatan. Dikutip dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), sekitar 5-10% dari anak-anak mengalami keterlambatan dalam proses perkembangannya, dan diperkirakan sekitar 1-3% anak berusia di bawah 5 tahun mengalami keterlambatan perkembangan umum. Angka ini menunjukkan bahwa masalah keterlambatan perkembangan pada anak bukanlah hal yang jarang terjadi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian terapi hypnoterapi terhadap perkembangan anak dalam bertanggung jawab terhadap tugas sekolah dan perubahan sikap positif pada anak usia Paud di desa merak desa banyuputih . Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan Tujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel independen dengan variabel dependen, dalam bentuk the one group pretest-posttest design. Jumlah sampel sebanyak 40 siswa paud kelas A dan B di merak desa banyuputih. Hasil penelitian diperoleh sebelum dilakunan pemberian terapi Hypnoparenting Sebagian besar responden memiliki sikap tanggung jawab kurang baik 34 responden (85,0%) dan sikap baik 6 responden (25,0% ) , sedangkan setelah dilakukan pemberian terapi Hypnoparenting perkembangan sikap tanggung jawab baik dari siswa paud sebanyak 33 responden (76,7%) dan sikap kurang baik sebanyak 7 responden ( 23,3 % ) Penelitian ini menggunakan uji wilcoxone dengan derajat kemaknaan p0.05 (5%). Hasil uji statistik didapatkan nilai (0.000). Kesimpulan bahwa ada pengaruh pemberian terapi Hypnoparenting ( dengan sugesti atau kalimat positif yang dilakukan oleh prang tua saat tidur ) terhadap perkembangan anak dalam bersikap tanggung jawab pada anak Paud merak desa banyuputih . Saran dari hasil penelitian ini diharapkan memberikan salah satu rekomendasi terhadapap program dari institusi dalam memberikan maamfaat dan periuntuk melakukan sebuah pengabdian masyarakan dengan menggunakan terapi Hypnoparenting dengan target anak yang dalam bermasalah kesehariannya.References
Adi W. Gunawan, Hypnosis: The Art of Subconscious Communication, (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2012)
A.R Wandi Y. 2012.Kaya dan sukses dengan kehebatan pikiran bawah sadar.
Yogyakarta: sinar kejora.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, F. 2019. pengaruh terhadap penurunan enuresis pada anak pra sekolah, Jurnal Keperawatan, 143-172
Azwar S. 2012. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta
Beckley, Pat. Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks Jakarta, 2018.
Firdaningrum, Arina, Afrida Muarifa, dan Laelatus Soimah. Hypnoparenting As A Way For Parents To Build Positive Personality In Children. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 2, No. 1, 2019.
Hasbi, Muhammad. Pengasuhan Positif. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020.
Khaironi, Mulianah. Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Vol. 2, No. 2018.
Dewi, R.C., Oktiawati, A., & Saputri, L.D. (2015). Teori dan Konsep Tumbuh Kembang: Bayi, Toddler, Anak, dan Usia Remaja. Yogyakarta: Nuha Medika.
Fitri, Agus Zaenal. (2012) Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Gunawan G., Fadlyana E., Rusmil K. 2016. Hubungan Status Gizi Dan Perkembangan Anak Usia 1-2 Tahun. Sari Pediatri.
Hermawan, didik.2012. Spiritual. Solo: miracle publishing.
Kristiawan, Muhammad. Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. Jurnal Manajemen, Vol. 2, No. 1 2017.
Navis, Ali Akbar. Menjadi Orang Tua Idaman dengan Hypnoparenting. Jakarta: Katahati, 2013.
Nurlaili. Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, Vol. 2, No. 1, 2018.
Nurmayani, Sri, dan Muhammad Arief Rizka. Pengaruh Pelatihan Hypnoparenting Terhadap Peningkatan Pemahaman Orang Tua dalam Mendidik Anak Usia Dini di Desa Aikmual Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2016, Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Non Formal Informal, Vol. 3, No. 1, 2018.
Pebriana, Putri Hana. Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 1, No. 1, 2017).
Rani Handayani. Karakteristik Pola-pola Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Keluarga. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol. 2, No. 2, 2021.
Hidayat, A.A. (2014). Metode penelitian keperawatan dan teknis analisis data. Jakarta: Salemba Medika
Ichsan Solihudin. (2016). Hypnosis for Parents. PT Mizan Pustaka.
Jafri, Y. 2014. pengaruh terhadap peningkatan nafsu makan anak usia prasekolah yang sulit makan. Jurnal Status Gizi, 23-46
Kemenkes RI, 2014. Kondisi Pencapaian Program Kesehatan Anak Indonesia. Kemenkes RI.
Majid, Indra. (2012). The Mind Programming Expert, Ebook: Pemahaman Dasar Hypnosis, (Diakses tanggal 22 April 2022, jam 23.20 WIB)
Mohamad noer. 2012. Spiritual Hypnoparenting, Yogyakarta: Genius Publiser, 2012.
Mustari, Mohamad. (2012) nilai karakter: refleksi untuk pendidikan karakter. Yogyakarta: Laksbang PRESsindo
Navis, Ali. A. 2013. Menjadi Orangtua Idaman dengan. Yogyakarta. Katahati.
Nicki L. Potts & Barbara L. Mandleco. 2012. Pediatric Nursing Caring for Children land
TheisFamilies Second Edition
Noer, Muhammad. 2012. Spiritual. Yogyakarta: Genius Publisher.
Notoatmodjo, Soekidjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Nursalam. (2012). Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Permendikbud No 137, 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini: Jakarta.
Pratomo, D, Y. 2012. Hypnoparenting. Jakarta: Nauora Books.
, Dewi, (2012). Hypnoparenting Sugesti Positif agar Anak Sehat, Cerdas, Bahagia, dan Berprestasi. Mizan
Riskesdas Provinsi Jawa Barat. Profil Kesehatan Jawa Barat Tahun 2018. Bogor: Prov Jabar; 2017.
Saifudin, Azwar. 2012. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, Yokyakarta: PustakaPelajar.
Santioso, L. liniawati. (2012). , 5 Menit menguasai Hypnoparenting. Jakarta: Penebar Plus.
Soetjiningsih.2014. Tumbuh Kembang Anak Jilid II. Jakarta: EGC.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kusntitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Sakinah, Gina, dan Sylva Alkornia. Penerapan Pendidikan Kesehatan Reproduksi Dengan Metode Hypnoparenting?: Study Sekolah Perempuan Jember, Vol. 2, No. 1, 2017.
Sirjon, Sirjon, Endang Sri Mulyanie, Andrianus Krobo, dan Yansen Albert Reba. Pelatihan Penerapan Hypnoparenting dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 3, No. 1, 2021.
Tirtoni, Feri. Pelatihan Parenting Skill Hypnoparenting Sebagai Teknik Dalam Memberikan Motifasi Belajar Kepada Anak Guna Melatih Kemandirian Anak Sejak Dini. Abdimas Siliwangi, Vol. 1, No. 1, 2019.
Uce, Loeziana. Masa Efektif Merancang Kualitas Anak, Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, Vol.1, No. 2, 2017.
Wirsa, Khairani, dan Saridewi Saridewi. Studi Deskriptif Pengaruh Metode Bercerita Bilingual Terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Vol. 5, No. 2, 2020.
Surahman, Rachmat, M., dan Supardi, S. 2016. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI
Sutiyono, Agus. (2012). Dahsyatnya Hypnoparenting. Penebar Plus
Ulfa, R. 2019. Sebuah metode menjinakan alligator’s brain pada anak. Jurnal Keperawatan Anak, 32-67
World Health Organization (WHO). 2016. Child Growth Standards.Department of Nutrition for Health and Development. WHO
Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, Implementasi. Jakarta: Prenamedia Group
Yuliana, Ana. 2013. Penerapan Hypnoparenting sebagai Salah Satu Metode Mendidik Anak. (Diakses tanggal 6 April 2022)
Purnama,SuhendriCahya.http://kotasantri.com/pelangi/ keluarga/2011/06/04/mengurai-manfaathypnotic-parenting
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eliyawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.