MEMBANGUN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN RELIGIUS DI RA ISLAMIYAH GUNUNG MELAYU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45265Keywords:
Religius;Anak Usia Dini;Kecerdasan SpiritualAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji kegiatan religius yang diterapkan guru di RA Islamiyah Gunung Melayu dalam membangun kecerdasan spiritual anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang diawali dengan proses pengamatan terhadap guru dalam menerapkan kegiatan religius kepada anak usia dini, selain itu peneliti juga mengamati spiritual anak usia dini, peneliti juga melakukan wawancara kepada kepala, guru dan orangtua anak didik di RA Islamiyah Gunung Melayu. etelah data dalam penelitian ini sudah terkumpul, selanjutnya semua data akan dianalisis menggunakan tiga tahapan yaitu kondensasi data, display data dan verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Membangun kecerdasan spiritual anak usia dini melalui kegiatan religius di RA Islamiyah Gunung Melayu adalah proses yang melibatkan pengenalan ajaran agama, pembelajaran praktik ibadah, dan pengembangan karakter melalui nilai-nilai agama. Kegiatan seperti pengajaran doa, shalat berjamaah, ceramah agama, serta membaca dan menghafal Al-Qur'an membantu anak-anak memahami dan merasakan kedekatan dengan Tuhan. Melalui metode yang menyenangkan dan interaktif, anak-anak tidak hanya memperoleh pengetahuan agama, tetapi juga membentuk karakter dan moralitas yang baik. Dengan cara ini, anak-anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang berakhlak mulia dan siap menghadapi tantangan hidup dengan pemahaman spiritual yang kuatReferences
Budiyanti, N., Komariah, K. S., Parhan, M., Islamy, M. R. F., & Nugraha, R. H. (2022). Menanamkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Nurani. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 8(1)(1), 9–24.
Dadan Suryana. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini (Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak) (p. 23). Kencana.
Damayanti, U. F., & Solihin. (2019). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pembelajaran Dengan Penerapan Nilai Agama, Kognitif, dan Sosial Emosional: Studi Deskriptif Penelitian di Raudhatul Athfal Al-Ihsan Cibiru Hilir. Syifa Al-Qulub, 3(2), 65–71.
Ferihah Azizah. (2015). Metode Pembelajaran Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini. IAIN Purwokerto.
Mansur. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam (Yogyakarta). Pustaka Pelajar.
Mhd. Habibu Rahman. (2024). Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini dalam Bingkai Pendidikan Islam. Medan Resource Center.
Mutiarasari, A., & Isnaeni, A. (2024). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Program Santri Cilik (Santri Cilik) Di Tk Islam Alam Nusantara. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak …, 9(1), 234–244. https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/assibyan/article/view/10066%0Ahttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/assibyan/article/download/10066/4994
Mutiawati, Y. (2019). Pembentukan Karakter Religius Pada Kegiatan Makan Anak Di Pendidikan Anak Usia Dini Yenni. Jurnal Buah Hati, 6(2), 167. email: [email protected].%0AAbstrak.
Sabiq, F., & Millah, D. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Intelektual, Emosional Dan Spiritual Anak Usia Dini Secara Qur’Ani Pada Tk Masyitoh Mranggen Demak. In ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (Vol. 4, Issue 2, p. 163). https://doi.org/10.21043/thufula.v4i2.2039.
Sumadi, T., Yetti, E., Yufiarti, Y., & Wuryani, W. (2019). Transformation of Tolerance Values (in Religion) in Early Childhood Education. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(2), 386–400. https://doi.org/10.21009/jpud.132.13.
Suwarti, S., Pamungkas, J., & Muthmainah, M. (2023). Penanaman Nilai Religius dalam Kegiatan Menyanyi Lagu Islami pada Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 863–875. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3650
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Habsah BS, Mhd. Habibu Rahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.