STUDI PEMAHAMAN KONSEP DUALISME GELOMBANG-PARTIKEL PADA MAHASISWA JURUSAN FISIKA: PERSPEKTIF KUALITATIF DAN KUANTITATIF

Authors

  • Andika Leornado Barasa Universitas Negeri Medan
  • Angin Jonathan Advent Dwi Putra Universitas Negeri Medan
  • Lia Kristina Manihuruk Universitas Negeri Medan
  • Nadila Nadila Universitas Negeri Medan
  • Siti Nurhafiza Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.38237

Keywords:

Pemahaman, Dualisme Partikel Gelombang, PhET Interactive Simulation.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep mahasiswa fisika menggunakan video pembelajaran dan simulasi phet pada materi dualisme partikel gelombang terkhusus gelombang De Broglie. Untuk memperoleh data tentang pemahaman mahasiswa tentang dualisme partikel gelombang digunakan teknik survey pada mahasiswa jurusan fisika FMIPA Unimed angkatan 2019-2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan one-group pre-test dan post-test serta wawancara. Instrumen penelitian berisi pertanyaan-pertanyaan yang terkait tentang pemahaman tentang dualisme partikel gelombang antara lain definisi gelombang De Boglie, Perhitungan Gelombang De Broglie, dan hubungan teori De Broglie dengan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman konsep pada pre-test sebesar 61.67 dan nilai rata-rata post-test sebesar 84.00, hal ini berarti pemahaman mahasiswa jurusan fisika FMIPA Unimed tentang dualisme partikel gelombang mengalami peningkatan sebesar 22.67 dan besar rata-rata uji variable termasuk kedalam kategori baik dengan nilai p-value sebesar 0.0518. Berdasarkan penjelasan tersebut dengan menggunakan video pembelajaran dan simulasi phet dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa jurusan fisika FMIPA Unimed pada materi dualisme partikel gelombang.  

References

Az-zahra, P. L., Rohim, F., Amarulloh, R. R., Nanto, D., & Herpi, A. N., (2024), Comparative Study Between Virtual Laboratory PhET Colorado Versus Applets in Photoelectric Effect, Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 7(2), 289-299.

Fatimah, S., & Suryandari, K. C., (2022), Pembelajaran Fisika melalui Virtual Laboratory Berbasis Phet Simulation untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pada Materi Listrik, Kappa Journal, 6(1), 71-78.

Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S., (2019), Studi meta-analisis pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 2(1), 158-166.

Legerskà, J., (2024), Interactive visualisation for teaching a quantum double slit experiment, Journal of Physics: Conference Series, doi:10.1088/1742-6596/2693/1/012009.

Piaget, J., (1964), Cognitive Development in Children: Piaget Development and Learning, Journal of Research in Science Teaching, 2(3), 176–186.

Sani, R, A., & Kadri, M., (2019), Fisika Kuantum, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Santrock, J. W., (2019), Educational Psychology. New York: McGraw-Hill Education.

Sugiyono, (2015), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sylvere, U., dan Minani, E., (2023), Impact of Using Physics Education Technology (PhET) Simulations on Improving Students’ Performance in Electrostatics, Journal of Research Innovation and Implications in education, 7 (1), pp. (22-30).

Yusuf, A. M., (2014), Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan, Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2025-01-14

How to Cite

Barasa, A. L., Putra, A. J. A. D., Manihuruk, L. K., Nadila, N., & Nurhafiza, S. (2025). STUDI PEMAHAMAN KONSEP DUALISME GELOMBANG-PARTIKEL PADA MAHASISWA JURUSAN FISIKA: PERSPEKTIF KUALITATIF DAN KUANTITATIF. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 1022–1027. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.38237

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.