PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK RA SUNAN KALIJOGO KOTA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41323Keywords:
Pola Asuh Orang Tua, KemandirianAbstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah terdapat anak yang belum mandiri dalam aktivitas sehari – hari seperti memakai kaos kaki, memakai sepatu sendiri. Hal ini dapat menjadikan anak mempunyai karakter yang selalu bergantung kepada orang lain, dan pola asuh orang tua yang diterapkan kepada anak sangat berpengaruh kepada karakter anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak di sekolah RA Sunan kalijogo. Terdapat rumusan masallah pada penelitian ini adalah : pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak di RA Sunan Kalijogo Karangbesuki Kota Malang dan mempunyai tujuan dapat mengetahui pengaruh pola asuh terhadap kemandirian anak RA Sunan Kalijogo Karangbesuki Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif, menggunakan instrument berupa kuesioner dan wawancara, jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 76 orang tua siswa RA Sunan kalijogo Karangbesuki. Uji yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji korelasi bivariate pearson, dan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa orang tua siswa di RA Sunan Kalijogo menerapkan pola asuh demokratis dengan jumlah 56 orang tua dan presentase (77%) dan tingkat kemandirian anak RA Sunan Kalijogo dengan tingkat sedang dengan jumlah 44 anak dan presentase (59%). Pada hasil Indeks Determinasi menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat diambil keputusan pada penelitian ini terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak RA Sunan Kalijogo Karangbesuki Kota Malang. Hasil dari penelitian ini digunakan masukan untuk para orang tua dan calon orang tua serta keluarga yang bersangkutan dengan pengembangan karakter kemandirian anak dan ingin menerapkan pola asuh apa untuk anak, tetapi semua keluarga dan lingkungan juga sangat berperan penting dan selalu berdampingan atau saling kerja sama dalam mendidik anak.References
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta.
Baumrind. (2004) Pola asuh otoritas orang tua.Jakarta : YayasanObor Indonesia.
Desmita, (2011) Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Fatmawati, Lia, (2019). Pengaruh Pola Asuh terhadap Kemandirian anak usia 4- 5 RA Sunan Se Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar, Skripsi, Tulungagung, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Gestiardi.R & Suyitno. (2021). Penguatan pendidikan karakter tanggung jawab sekolah di era pandemic,Vol. No 1, (Online), https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/39317/0, diakses 2021.
Gilmore, J.V. (1974). The Productive Personality. San Fransisco: Albion.
Hikmah Umi, Nurul. (2012). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak usia dini RA Perwinda 01 Boyolali tahun ajaran 2011/2012, Skripsi, Surakarta, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hanafiah, Yusuf. (2017). Pola asuh orang tua dalam membentuk karakter, tesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. http : www.statistikian.com,diakses 2011.
Lestari, R.A. (2014). Pengaruh kepemimpinan partisipatif dan komitmen organisasi terhadap efektifitas implementasi rencana stratejik pada Madrasah Aliyah di Kabupaten Sukabumi, Sukabumi, Perpustakaan.upl.edu, repository.upi.edu, diakses 2014.
Lestari M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengann kemandirian anak, Vol 8,No1,(Online),85–86,https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/26777,diakses 2019.
Masturoh Imas dan Nauri Anggita T, Metodologi Penelitian Kesehatan, 2018 : Jakarta, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Muhadi, I.A. (2015). Hubungan pola asuh demokratis terhadap kemandirian anak Di taman kanak-kanak el-hijja tambak sari Surabaya,(Online) http://journal.umsurabaya.ac.id/index.php/Tadarus/article/view/111 3, diakses 2015.
Palupi. (2007). Emosional Parenting. Jakarta: Nuansa Aksara.
Pravitasari. T. (2012). Pengaruh Persepsi pola asuh permisif orang tua terhadap perilakumembolos,Vol1No1,(Online),3-4, https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/epj/article/view/2656, diakses juni 2012.
Pareira.R & Naomi Habi .A , Peningkatan kemandirian anak usia 4-5 tahun melalui bercerita , Vol 6 No 1, (Online) 35-42, https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/5371 diakses April 2019.
Pratiwi.E.K & Usman. H., (2020). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak di SD Negeri 38 Kota parepare ,The influence of parents on chilldren’s independence in primary school 38 state parepare city, Vol.1 No 1, (Online) 32-33, https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/makes/article/download/288/3 16/, diakses Januari 2020
Restiani.S ,Sri .S , & Mona Ardina.(2017). Hubungan antara pola asuh demokratis anak kelompok A PAUD IT Bina Iman Kabupaten Bengkulu Utara,Vol.2 No 1, (Online) 24-25, https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/3710, diakses 2017.
Sa’diyah Rika. (2017). Pentingnya melatih kemandirian anak, Vol.2 No 1, (Online) 33-34, https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/3710,
diakses 1 April 2017.
Salafudin, Santosa, Utomo.S, & Utaminingsih.S.(2020). Pola asuh orang tua dalam penguatan pendidikan karakter anak SDN Pidodo Kecamatan Karangtengah,Vol.2 No 1 (Online),19-20, https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jpai/article/view/28276 Diakses maret 2020.
Sunarty, Kustiah. (2016). Hubungan pola asuh orang tua dan kemandirian anak, Vol.2 No 3, (Online) 152-160, https://media.neliti.com/media/publications/177109-ID-hubungan- pola-asuh-orangtua-dan-kemandir.pdf, diakses 3 Desember 2016.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2007). Statistik Untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta
Sumiani. (2008). Hubungan pola asuh orang tua dengan penyesuaian sosial pada peserta didik kelas 1 SMKN 2 Malang, skripsi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Malang.
Suyanto S. (2012). Pendidikan karakter untuk anak usia dini, Vol.1 No 1, (Online) 7-8, https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/downloadSuppFile/2 898/633, diakses juni 2012.
Thoha, Chabib. (1996). Kapita Selekta Pendidikan.Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Utami S.W. (2017). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap agrevitas pada presepsi peserta didik kelas IX, Vol.6 No 3, (Online) 88-89, https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/17111, diakses maret 2017.
Umairo S. & Ichsan (2018). Perbedaan pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak, Vol.3 No 3, (Onlline), 162, http://ejournal.uin- suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/2345, diakses September 2018.
Wulandari Tri Ika. (2019).Pola asuh orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak kelompok B di RA Perwanida Kadipaten Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2018/2019, skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Revi Oktavianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.