HUBUNGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DENGAN ADVERSITY QUOTIENT PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK USIA DINI BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK SE-KOTA PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.866Keywords:
Kesejahteraan Psikologis, Adversity Quotient, Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kesejahteraan psikologis dengan adversity quotient orang tua yang memiliki anak usia dini berkebuthan khusus. Jenis penelitian ini adalah bersifat korelasi. Popolasi penelitian ini adalah Orang Tua Yang Memiliki Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus Di TK Se-Kota Pekanbaru. Sampel yang digunakan sebanyak 75 orang. Teknik pengumpulan datanya yaitu melalui kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi hubungan antara kesejahteraan psikologis dengan adversity quotient orang tua yang memiliki anak usia dini berkebutuhan khusus di TK se-Kota Pekanbaru dengan arah hubungan yang positif. Persentase pengaruh kesejahteraan psikologis terhadap adversity quotient orang tua adalah sebesar 25,2%, sedangan sisanya dipengaruhi faktor lain.References
Amalina Mafazi, 2016. Hubungan Antara Efikasi Guru dengan Kesejahteraan Psikologis pada Guru.
Universitas Negeri Jakarta
BunayyaNur Amna. (2015). Hubungan Tingkat Religiusitas dengan Kesejahteraan Psikologis. Skripsi.
Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Devi Risma & Nurlita. (2015). Hubungan Kesejahteraan Psikologis dengan Kinerja Guru PAUD
SeKota Pekanbaru. EDUCHILD.Pekanbaru.Vol. 4 No. 2 Tahun 2015.
Devi Risma. (2016). Pemetaan Adversity Quotient Mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.EDUCHILD. Vol. 5 No. 2 Tahun 2016.
Destriya Andriani, (2019) Hubungan Kesejahteraan Psikologis Dengan Resiliensi Guru Paud Di
Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. JOM Fkip – Ur Volume 6 Edisi 1 Januari – Juni 2019 2
Jumi Yanti, (2018) Hubungan Psychological Well-Being Dengan Kinerja Guru Tk Di Kecamatan
Tambang Kabupaten Kampar Jom Fkip – Ur Volume 5 Edisi 2 Juli – Desember 2018
. Rini Fitriani. (2016). Peranan Penyelenggara Perlindungan Anak Dalam Melindungi Dan Memenuhi Hak-Hak Anak. Fakultas Hukum, Universitas Samudra, Meurandeh, Langsa-Aceh.Vol.11 No.2 Tahun
Syafhendry,dkk. (2017). Psychological Well-Being Of Riau Malay Woman Working Across Different
Organizations.International Journal Of Control Theory and Apllications.Vol 10. Number 35. 140-145.
Yayuk Firdaus, 2016. Studi Deskriptif Peran Guru Pendidik Khusu dalam Implementasi Program
Kebutuhan Khusus bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Wonokusumo, Unisa Press
Zainuddin, 2011. Pentingnya Adversity Quotient Dalam Meraih Prestasi Belajar. Vol 26, No 2 (2011)