PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 173243 AEK BOTIK T.A. 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40422Keywords:
Video Animasi, Berbasis Canva, IPAS, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kelayakan, Kepraktisan dan keefektivitasan produk Video Animasi berbasis CanvaPembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 173243 Aek Botik T.A. 2023/2024. Skripsi. Medan: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan, 2024. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) Model ADDIE yakni Anlaysis, Desain, Developmen, Implementation, Evaluation. Adapun subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SD Negeri Aek Botik. Sedangkan instrumen atau alat pengumpulan datanya adalah observasi, angket, wawancara dan tes. Hasil penelitian ini adalah Video Animasi Berbasisi Canva dengan meliputi 4 aspek yakni : penilaian terhadap aspek kelayakan isi materi dengan hasil presentase 85% (Valid/Layak Digunakan). Aspek kelayakan tampilan desain teknologi dengan presentase 86% (Valid/Layak Digunakan). Aspek soal dengan presentase 95% (Valid/Layak Digunakan). Aspek praktikalitas 93,3% (Valid/Layak Digunakan). Berdasarkan hasil uji kelayakan, kepraktisan dan keefektivitasan produk ini maka dapat disimpulkan bahwa Video Animasi Berbasis Canva pada pembelajaran IPAS ini sangat layak, praktis dan efektif untuk digunakanReferences
Adam, S. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi siswa kelas X SMA Ananda Batam. Computer Based Information System Journal, 3(2).
Akbar, A., Wahid, A., Bahri, S., Ansar, A., & Nur, A. (2023). Penerapan Sistem Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Nasional. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 119-130.
Al thabany, Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran: Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group
Arikunto S. (2017). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka. Cipta
Asfiyati, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ipa (Penelitian Pada Siswa Kelas Iii Sd Negeri Geger Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
Aqib, Z. (2020). Bimbingan dan Konseling. Yrama Widya.
Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Azqiyya, M. R., Badruzzaman, N., & MF, D. S. Z. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Canva pada Mata Pelajaran IPA Materi Bentuk Tubuh Hewan dan Fungsinya. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 103-108.
Bahij, S., Adekunle, S. K., Al‐Osta, M., Ahmad, S., Al‐Dulaijan, S. U., & Rahman, M. K. (2018). Numerical investigation of the shear behavior of reinforced ultra‐high‐performance concrete beams. Structural Concrete, 19(1), 305-317.
Budi, S. S. (2018). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Prakarya dan Kewirausahaan dengan Metode Pemberian Tugas (Resitasi) di Kelas XIIK MAN Wates I Kabupaten Kulon Progo. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 51-62.
Djamarah, Bahri, A & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Fauziyah, N. (2014). Penggunaan Media Miniatur Dalam Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Materi Gaya Dan Momen Di Kelas X Tgb 3 Smk Negeri 3 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1), 3.
Hamalik, Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajaran.(Jakarta : PT.Bumi Aksara).
Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. American Educational Research Assciation’s Division D, Measurement and Research Mhetodology. 1. 1-4.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394.
Karwono dan Mularsih, Heni. (2012). Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta: RajaGrafndo Persada
Maisarah, M., Maolida, N., & Prasetya, C. (2023). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Canva Pada Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 44-48.
Norris, S. L., et al. (2009). Increasing Diabetes Self-Management Education in. Community Settings. Am J Prev Med. Volume 22 (4S): p. 39-66
Samatowa, (2016). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar , Jakarta Barat: PT Indeks.
Shalahuddinta, A. (2014). Pengaruh pendidikan keuangan di keluarga, pengalaman bekerja dan pembelajaran di perguruan tinggi terhadap literasi keuangan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2).
Setyosari, P. (2009). Pemilihan dan Penggunaan Media Pembelajaran. Malang: Panitia Sertifikasi Guru Rayon.
Siregar, Eveline & Hartini Nara. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran.Bogor: Galia Indonesia
Sudirman &Juarsih, C. (2014). Teori Belajar dan Prinsip-prinsp. Pembelajaran yang mendidik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian: Kualitatif, Kualitatif, dan R&D.
Suharto, P. P. (2020). Analisis Kebutuhan Siswa SD Terhadap Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Budaya Lokal Sunda. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 15(2).
Suharyono, E., & Rosnawati, R. (2020). Analisis buku teks pelajaran matematika smp ditinjau dari literasi matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 451-462Suparman, Atwi. (2012). Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga.
Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi (Konsep Dasar, Prinsi Aplikatif, dan Perancangannya).
Tala, S., & Vesterinen, V. M. (2015). Nature of science contextualized: Studying nature of science with scientists. Science & Education, 24, 435-457.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79-85.
Wahid, A. (2018). Jurnal pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2).
Waldrip, B., Prain, V., & Carolan, J. (2010). Using multi-modal representations to improve learning in junior secondary science. Research in science education, 40, 65-80.
Widoyoko, Eko Putro. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka
Yani, A., Arsyad, A., Syamsudduha, S., & Arifuddin, S. (2018). Pelaksanaan Quality Control Proses Pembelajaran Pada Pascasarjana Universitas Islam Negeri (Uin) Alauddin Makassar. Jurnal Diskursus Islam, 6(3), 579-600.
Zimmerman, D. H. (2017). The practicalities of rule use. In Everyday Life (pp. 220-238). Routledge
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fatimah Sihombing, Zainuddin M

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.