PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41277Keywords:
Problem Based Learning, Video Interaktif, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan video interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan dua kelompok: kelompok eksperimen menggunakan PBL berbantuan video interaktif, dan kelompok kontrol menggunakan PBL berbantuan PowerPoint. Data dianalisis melalui pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL berbantuan video interaktif memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan dengan kelompok kontrol. Model PBL berbantuan video interaktif mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, meningkatkan pemahaman materi, serta memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan kontekstual. Kesimpulannya, model PBL berbantuan video interaktif efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.References
Amalia, A. S., Desnita, D., Festiyed, F., & Putra, A. (2024). Persepsi Siswa tentang Keterlaksanaan Model Problem-Based Learning dalam Pembelajaran Fisika SMA di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 11083-11095.
Andriani, Rike, & Rasto. 2019. “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4 (1): 80
Alti, Rahmi Mudia, Putri Tipa Anasi, Dumaris E Silalahi, Lina Arifah Fitriyah, Hafidhah Hasanah, Muh. Rijalul Akbar, Teguh Arifianto. (2022). Media Pembelajaran. Padang: PT Global Ekslusif Teknologi.
Amir, (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Ardita, I. M., Yudana, I. M., & Dantes, K. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Interaktif terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Projek Kreatif dan Kewirausahaan di SMK PGRI 3 Badung. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 2859-2872.
Ariani, Meiliyah, Zulhawati Zulhawati, Haryani Haryani, Benny Novico Zani, Liza Husnita, Mochammad Bayu Firmansyah, Perdy Karuru, dan Andi Hamsiah. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (2013). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Pada Materi Pencemaran Lingkungan. PEDAGOGI BIOLOGI, 2(01), 10-16.
Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan penabur, 7(10), 11-21.
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (h. 586-596).
Damanik, Dio Ganda Putra, dan Johnsen Harta. 2023. “The Effect of Using Edpuzzle-Based Video in Electrolyte and Nonelectrolyte Solutions Learning on Student Learning Outcomes.” Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia 11 (1): 22–33.
Fajarwati, N. & Sujarwanto (2020) “Media Pembelajaran Video Interaktif terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Tunagrahita,” Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, 3(April), hal. 49–58.
Fauzet, Fara Diba. (2016). “Taksonomi Bloom-Revisi: Ranah Kognitif Serta Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Arab”. Jurnal Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab (1) 2-9.
Fitri, D. N., Setiadi, D., Kusuma, A. S., & Merta, I. W. (2024). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Computational Thinking Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 531-536.
Fitriana, N., Rachmadiarti, F., & Suyono, S. (2023). IMPLEMENTASI PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTUAN MEDIA VIDEO SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI SMA. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(3), 1215-1229.
Gunawan, Kustiani, L., Hariani L. S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS. 12(1). 14-22.
Hadi, Sofyan. (2017). “Efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.” Jurnal Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar. 1 (2): 96–102.
Hamalik, O. (1992). Psikologi Belajar Mengajar Perencanaan. Bandung: Sinar Baru Algensind.
Hapnita, W. (2018). Faktor internal dan eksternal yang dominan mempengaruhi hasil belajar menggambar dengan perangkat lunak siswa kelas XI teknik gambar bangunan SMK N 1 Padang tahun 2016/2017. Cived, 5(1).
Hasan, Muhammad, Tuti Supatminingsih, MUSTARI, M Ahmad, Syamsul Rijal, dan M I Ma’ruf. (2020). “The Development of Pocketbook Learning Media based on Mind Mapping in Introductory Economics Course.” Universal Journal of Educational Research 8 (12B): 74–81.
Heinich, R. (1996). Instructional media and technologies for learning. New Jersey: Von Hoffwan Dresinc.
Hidayat, R., Wahyudin, W., & Prabawanto, S. (2022). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 145-158.
Irnaningtyas, & Sagita, S. (2021). IPA Biologi Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Irwan, I., Luthfi, Z.F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk meningkatkan hasil belajar siswa [Effectiveness of using Kahoot! to improve student learning outcomes]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 891): 95-104.
Ismail, R., Retnawati, H., & Imawan, O. R. (2021). Model Pembelajaran Project-Based Learning dan Probem-Based Learning Untuk Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Siswa SMP. Pena Persada.
Kasanah, N. (2024). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI MOMENTUM IMPULS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 13(1), 1-7.
Kemp, Jerrold E, & Deane K Dayton. (1985). Planning and producing instructional media. Cambridge: Harper and Row Publisher.
Kono, R, Mamu, H, Tangge, L. (2016). Pengaruh PBL Terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa tentang Ekosistem dan Lingkungan di Kelas X SMA N 1 Sigi. Jurnal Sains dan Teknologi. 5 (1): 28-38.
Kurnianingsih, Indah, Rosini Rosini, & Nita Ismayati. (2017). “Upaya peningkatan kemampuan literasi digital bagi tenaga perpustakaan sekolah dan guru di wilayah Jakarta pusat melalui pelatihan literasi informasi.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3 (1): 61–76.
Kurniasih, P. D., Nugroho, A., & Harmianto, S. (2020). Peningkatkan Higher Order Thinking Skills (Hots) Dan Kerjasama Antar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Media Kokami Di Kelas IV SD Negeri 2 Dukuhwaluh. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 23–35. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.627
Mayasari, Annisa, Opan Arifudin, & Eri Juliawati. 2022. “Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran.” Jurnal Tahsinia 3 (2): 167–75.
Nasution, N. H., Hasruddin, H., & Juliani, J. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Sistem Ekskresi. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(4), 417-424.
Ngalimun. (2016). Strategi dan Model pembelajaran. Aswaja Pressindo. Yogyakarta.
Nugraha, U. (2015). Hubungan Persepsi, Sikap dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Jambi. Jurnal Cerdas Sifa Edisi 1 No. 1 Maret-Juni: halaman 1-4.
Nuraini, D. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar pada Kompetensi Dasar Menyusun Menu Seimbang Untuk Remaja di SMK Negeri 2 Jombang.
Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016). Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa sekolah dasar di kecamatan kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(1), 107-122.
Putri, Dini Nurfadila. 2024. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Menggunakan Video Animasi Berbantuan Animaker Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik Pada Materi Barisan Dan Deret Di Kelas X MAN 2 Muaro Jambi.” Pendidikan Matematika.
Polya, G. (1973). How to Solve It (2nd ed.). New Jersey: Prence University Press.
Qadriani, Nanda Lailatul, Sri Hartati, & Anitasa Dewi. (2021). “Pemanfaatan Youtube dan Edpuzzle sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Video Interaktif.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia 4 (1): 1-8.
Ramli, M. (2012). Media dan teknologi pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.
Rusydiyah, Ali Mudlofir, & Ali Mudlofir. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif; Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sanaky, Hujair A H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-inovatif. Yogyakarta: Kaukaba dipantara.
Sanusi, W., Kusnendar, J., & Azmi, N. N. (2024). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif Cisco IT Essentials Virtual Dekstop untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), 7(1), 37-46.
Sarumaha, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Nominal Group Technique (NGT) Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9 (2): 631-635.
Siregar, A. M., br Sembiring, M., & Pradesa, D. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 8(2), 458-465.
Situmorang, Adi S. (2020). “Microsoft teams for education sebagai media pembelajaran interaktif meningkatkan minat belajar.” Sepren 2 (1): 30.
Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suliyanto & Suliyanto, (2017). Metode penelitian kuantitatif. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Susanti, Aria Indah. (2021). Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pekalongan: NEM-IKAPI
Sutirman. (2013). Media & Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Trianto. (2014). Mendesain Model-Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, dan kontekstual. Prenamedia Grup. Jakarta.
Usmadi, Usmadi. 2020. “Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas).” Inovasi Pendidikan 7 (1).
Wahyuni, S., & Fitrianti, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Media Interaktif pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 1 Selayar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 712-717.
Wiarto, Giri. (2016). Media pembelajaran dalam pendidikan jasmani. Yogyakarta: Laksitas.
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mela Karsih Anin Diah, Wina Dyah Puspita Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.