PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI RA AL-HIDAYAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41295Keywords:
Pola Asuh, Sosial Emosional, Dan Anak Usia Dini.Abstract
Pola asuh orang tua memiliki peran penting dalam perkembangan sosial emosional anak, khususnya pada usia dini yang merupakan periode kritis pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak di RA Al-Hidayah. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini seluruh orang tua dari 50 siswa RA Al-Hidayah. Sampel ditentukan menggunakan teknik simple random sampling sehingga diperoleh 30 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur dan observasi langsung, yang dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh demokratis memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap perkembangan sosial emosional anak, dengan kontribusi sebesar 75%. Pola asuh permisif dan otoriter menunjukkan pengaruh yang lebih rendah. Kesimpulannya, pola asuh demokratis lebih mendukung perkembangan sosial emosional anak dibandingkan pola asuh lainnya. Orang tua disarankan untuk mengadopsi pendekatan yang lebih mendukung komunikasi dan kedekatan emosionalReferences
Erlita, T., & Abidin, Z. (2021). Kompetensi emosi (ekspresi dan pemahaman emosi) pada anak usia prasekolah. Jurnal Studi Insa, 8(2), 140–150. https://doi.org/10.18592/jsi.v8i2.3951
Fitriani, R., & Mulyana, T. (2020). Pola asuh orang tua dalam membentuk karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 10–20. https://doi.org/10.12345/jpa.v9i1.4567
Handayani, S., & Rahmawati, A. (2023). Hubungan pola asuh demokratis dengan perkembangan sosial emosional anak. Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 12(3), 90–100. https://doi.org/10.56789/jppa.v12i3.7890
Rohmiana, L., Afrianti, S. A., Utari, D., & Utari, I. D. (2024). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 896–906. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.404
Susanto, A. (2017). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Syamsuddin, A., & Putri, I. N. (2022). Peran pola asuh orang tua dalam perkembangan emosi anak usia dini. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 10(4), 123–135. https://doi.org/10.65432/jppe.v10i4.5678
Yuniarni, S. (2020). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak di TK Mujahidin Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(3), 65–75.
Zakiah, Z., & Mardiana, E. (2023). Implementasi pola asuh demokratis dalam mendukung perkembangan karakter anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 15(2), 34–45. https://doi.org/10.54321/jpaud.v15i2.6789
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vera Siti Magfiroh, Cecep Hilman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.