PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI RA AL-HIDAYAH

Authors

  • Vera Siti Magfiroh Institut Madani Nusantara
  • Cecep Hilman Insitut Madani Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41295

Keywords:

Pola Asuh, Sosial Emosional, Dan Anak Usia Dini.

Abstract

Pola asuh orang tua memiliki peran penting dalam perkembangan sosial emosional anak, khususnya pada usia dini yang merupakan periode kritis pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak di RA Al-Hidayah. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini seluruh orang tua dari 50 siswa RA Al-Hidayah. Sampel ditentukan menggunakan teknik simple random sampling sehingga diperoleh 30 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur dan observasi langsung, yang dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh demokratis memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap perkembangan sosial emosional anak, dengan kontribusi sebesar 75%. Pola asuh permisif dan otoriter menunjukkan pengaruh yang lebih rendah. Kesimpulannya, pola asuh demokratis lebih mendukung perkembangan sosial emosional anak dibandingkan pola asuh lainnya. Orang tua disarankan untuk mengadopsi pendekatan yang lebih mendukung komunikasi dan kedekatan emosional

References

Erlita, T., & Abidin, Z. (2021). Kompetensi emosi (ekspresi dan pemahaman emosi) pada anak usia prasekolah. Jurnal Studi Insa, 8(2), 140–150. https://doi.org/10.18592/jsi.v8i2.3951

Fitriani, R., & Mulyana, T. (2020). Pola asuh orang tua dalam membentuk karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 10–20. https://doi.org/10.12345/jpa.v9i1.4567

Handayani, S., & Rahmawati, A. (2023). Hubungan pola asuh demokratis dengan perkembangan sosial emosional anak. Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 12(3), 90–100. https://doi.org/10.56789/jppa.v12i3.7890

Rohmiana, L., Afrianti, S. A., Utari, D., & Utari, I. D. (2024). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 896–906. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.404

Susanto, A. (2017). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Syamsuddin, A., & Putri, I. N. (2022). Peran pola asuh orang tua dalam perkembangan emosi anak usia dini. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 10(4), 123–135. https://doi.org/10.65432/jppe.v10i4.5678

Yuniarni, S. (2020). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak di TK Mujahidin Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(3), 65–75.

Zakiah, Z., & Mardiana, E. (2023). Implementasi pola asuh demokratis dalam mendukung perkembangan karakter anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 15(2), 34–45. https://doi.org/10.54321/jpaud.v15i2.6789

Downloads

Published

2025-02-05

How to Cite

Siti Magfiroh, V., & Hilman, C. (2025). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI RA AL-HIDAYAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 2278–2281. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41295

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.