EFEKTIVITAS KEGIATAN REFLEKSI DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • A. Fatimah Nurhikmah Universitas Bosowa
  • Amalia Apriani Universitas Bosowa
  • Nurul Wahyuni Universitas Bosowa
  • Abdurachman Rahim Universitas Bosowa
  • Andi Irwandi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44169

Abstract

Pemahaman konsep matematika yang benar sejak sekolah dasar berperan penting dalam mengembangkan keterampilan berpikir logis dan pemecahan masalah, termasuk dalam aspek numerasi. Namun, Rapor Pendidikan Kota Makassar Tahun 2024 menunjukkan bahwa kemampuan numerasi peserta didik sekolah dasar masih berada pada kategori sedang dan mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya, yang mengindikasikan kesulitan dalam menguasai konsep dasar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas kegiatan refleksi dalam pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) terhadap pemahaman konsep matematika dan keterlibatan peserta didik. Metode penelitian menggunakan Mixed Methods dengan desain Embedded Design, yaitu data kuantitatif dikumpulkan melalui eksperimen kuasi One-Group Pretest-Posttest, sementara data kualitatif diperoleh melalui observasi keterlibatan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi refleksi dalam pendekatan TaRL secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep matematika, dengan peningkatan rata-rata skor dari 56,2 menjadi 74,8 (p = 0,0001), serta meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam diskusi kelas, kerja kelompok, dan kemandirian dalam menyelesaikan soal. Dengan demikian, penerapan refleksi dalam pembelajaran berbasis TaRL dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dan keterlibatan peserta didik di sekolah dasar.

References

Ainurrohmah, N., & Mariana, N. (2018). Refleksi Kritis Terhadap Pandangan Matematika Dari Perspektif Siswa Dan Pendidik Sekolah Dasar. JPGSD, 06(10), 1706–1717.

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2024, Oktober). Rapor Pendidikan Indonesia 2024 Kota Makassar. Kemendikbudristek.

Darna, Palloan, P., & Kohar, N. M. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMP Negeri 7 Makassar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 1123–1131.

Dwiyanti, V. P., & Saputra, E. R. (2024). Refleksi Praktik Mengajar Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 9(1), 87–95. https://doi.org/10.47435/jpdk.v9i1.2541

Fitriani, S. N. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Metode ADABTA Melalui Pendekatan TARL. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 69–78. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.580

Gilmore, B., & Goldberg, Gravity. (2023). Active Learning: 40 Teaching Methods to Engage Students in Every Class and Every Subject. SAGE Publications.

Harahap, A. R., Alamsyah, B. N., Mushlihuddin, R., & Purba, E. (t.t.). Penerapan Pendekatan TaRL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Bantuan Media Quizizz Di Kelas I SD Negeri 067240 Medan Tembung.

Ismayanti, I., Arsyad, M., & Marisda, D. H. (2020). Penerapan Strategi Refleksi Pada Akhir Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Fluida. Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 3(1), 117–121. https://doi.org/10.46918/karst.v3i1.573

Kurniasari, N., Permadi, I., & Purbasari, K. H. (2024). Refleksi Guru pada Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 5(2), 187. https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i2.21877

Mulyani, N. Md. S., Suarjana, I. Md., & Renda, N. T. (2018). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 266. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16142

Sakung, N. T., Fitriana, A., Diawanto, F., & Wahidah, N. I. (2024). Penerapan Kegiatan Refleksi untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Matakuliah Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(13), 1007–1011. https://doi.org/10.5281/ZENODO.13163246

Selfiana, Hotimah, & Hawa. (2024). Implementasi Pendekatan TaRL Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 Sekolah Dasar. Global Journal of Edu Center, 1(4), 147–153.

Suherman, D., Haryati, T., & Kusumoningsih, D. (2024). Analisis Implementasi Pendekatan Teaching at the Right Level Dalam Modul Ajar Materi Proses Perumusan Dasar Negara Mgmp Pendidikan Pancasila Kota Semarang. Jambura Journal Civic Education, 4(1). https://doi.org/10.37905/jacedu.v4i1.25445

Wahyuni, R. (2020). Refleksi: Pendekatan Untuk Meningkatkan Profesional Dalam Praktik Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 185–192. https://doi.org/10.24967/psn.v1i1.822

Downloads

Published

2025-04-06

How to Cite

Nurhikmah, A. F., Apriani, A., Wahyuni, N., Rahim, A., & Irwandi, A. (2025). EFEKTIVITAS KEGIATAN REFLEKSI DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 3675–3682. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44169